Cara Membuat Skripsi Tesis Bahasa Arab

Cara Membuat Skripsi Tesis Bahasa Arab - Dalam pendidikan universitas atau perguruan tinggi khususnya negara indonesia memang patut di acungin jempol, karena pada jenjang pendidikan strata S1 atau diploma mahasiswa sudah dituntut untuk membuat riset penelitian yang biasa kita kenal dengan sebuta skripsi dan ini ditetapkan sebagai syarat kelulusan. biasanya di negara lain baik negara yang sudah maju seperti Amerika, jerman, Arab Saudi dan negara lainnya, para mahasiswa yang baru mengenal riset penelitian saat ingin menyelesaikan pendidikan di pasca sarjana (s2).


Cara Membuat Skripsi Tesis Bahasa Arab



Al-hasil para siswa indonesia yang ingin melanjutkan studi master di luar negri tidak merasa canggung lagi karena sudah di gembleng di tanah air. yang menjadi permasalahan bagi mereka yang kuliah s1 di luar negri dan melanjutkan S2 di indonesia, rata-rata mereka merasa kesulitan.

Di indonesia studi bahasa yang paling populer adalah Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. ini sudah ditetapkan menjadi program studi di berbagai universitas di negri ini. pada halaman ini zonapendidikan.com akan membahas tentang seluk beluk skripsi bahasa arab, kebetulan kami adalah siswa yang pernah menyelesaikan pendidikan di bidang itu.


Mahasaiswa yang mengambil Konsentrasi Bahasa Arab sebagai pilihan jurusan di perkuliahan maka pada tugas akhir diwajibkan untuk membuat skripsi bahasa arab (Isi srkipsi spenuhnya menggunakan bahasa arab). kebanyakan mahasiswa merasa terkendala dalam membuat skripsi berbahasa arab tersebut, meskipun mayoritasnya mahasiwa di jurusan ini lancar berkomunikasi bahasa arab namun menulis artikel atau teks bahasa arab tidak segampang berbicara, kerena bahasa tulisan itu jauh berbeda. mungkin penjelasan yang dijelaskan oleh dosen pada mata kuliah metode penelitian kurang bisa dipahami.


Tips Membuat Skripsi Tesis Bahasa Arab

Kuasai empat maharah bahasa Arab
ini adalah langkah paling awal sebelum anda menentukan judul, apa itu maharah bahasa arab (istima' kalam, qiraaah dan kitabah), ini adalah acuan, tendangan skripsi anda ke arah mana, sasarannya kepada salah satu dari empat maharah tersebut.

jika anda menentukan judul tanpa memperdulikan tujuan maharah maka anda anda akan menemukan kebingungan pada saat memasuki Bab ke dua yaitu pada pembahasan (طريقة ). oleh krena itu pajami dulu keempat maharah ini dan meteri yang berkaitan dengannya.


Tentukan Metode Penelitian
Sama seperti skripsi lainnya, skripsi Bahsa Arab juga memiliki beberapa jenis metode penelitian sperti: تريبي ، إجرائ ، وصفى ، مكتبي  ini adala beberapa bagian dari metode penelitian bahasa arab, sebelum menentukan judul pilih dulu metode apa yang anda gunakan di skipsi ini. karena ini akan mempermudah anda saat melakukan opserpasi, anda tidak perlu menguasai semuanya, pahami saja beberapa metode dan pilih yang mana menurut anda paling mudah. biasanya yang paling mudah itu adalah penelitian tindakan kelas dan pustaka tapi itu semua tergantung pemahaman anda.


Cari Permasalahan dan dalami serta kuasai 
Setelah anda mememilih metode, barulah anda mencari permasalahan yang berkaitan  dalam metode tersebut. membuat skripsi itu awalnya adalah mencari masalah. dana nda temukan ide untuk menyelesaikan maalah tersebut


Tentukan Sampel
ini adalah tahap selanjutnya, anda harus menentukan dulu, diamana sasaran penelitian anda, pastikan juga tempat itu nyaman dan anda bisa masuk kapan anda membutuhkan data. kalau bisa anda punya kenalan didalamnya untuk mempermudah penelitian anda nantinya.


Buat judul yang simpel dan Menarik Sesuai masalah

Dari beberapa poin diatas, stelah anda melakukannya, barulah anda membuat judul berdasarkan poin yang tersebutkan sebelumnya. ketika anda membuat judul janganlah terlalu panjang karena akan membuat anda repot nantinya.


Uraikan permasalahan dalam tulisan Bahasa Indonesia
ini merupakan langkah selanjutnya. anda uraikan pembahasan atau permasalahan yang akan anda tulis di skripsi. gunakan bahasa indonesia terlebih dahulu. kenapa demikian,, ini akan mempermudah anda saat berhadapan dengan pembimbing atau saat anda sidang munaqasyah, karena anda sudah menguasai seluk beluk skripsi anda dengan mantap.

Setelah anda yakin itu mantap barulah rancang terjemahan ke bahasa arab. dalam penulisan ini anda harus memperhatikan Qawaid dan kata yang cocok. pakailah kamus yang terkenal dan manfaat teman yang jago dalam merangkai kata baku bahasa arab. barulah anda mendatangi pembimbing sekripsi anda untuk konsultasi.


Baca sekripsi orang lain
ini adalah trik untuk memandu skupsi anda agar tidak lari dari konteks, carilah di perpustakaan skrips yang menggunakan metode yang sama dengan anda, ikuti sistemnya. karena pada tahap تحليل المشكلات ini adalah bagian yang paling sulit, biasanya ini pada bagian Bab 4, isi penelitian anda harus singkron dengan metode penelitian.


Gunakan Dhamir yang sesuai
Istilah Dhamir dalam kalimat, inilah yang membedakan skripsi bahasa arab dengan bahasa inggris. dalam penulisan skripsi nantinya pasti anda akan menulis kata "Peneliti" kalo anda seorang laki-laki maka itu memakai باحث dan permpuan menggunakan  باحثة  ini yang sering menjadi permasalahan antara mahasiswa dengan pembimbing atau siapa saja yang memabca isi skripsi anda, biasanya ini terjadi bagi mereka yang sering meng Copas sekripsi orang lain yang berbeda jenis. misalnya anda cowok dan anda melakukan pengeditan dari skripsi cewek dan ternyata anda lupa merubah dhamir, anda bisa dituduh curang dan ini menjadi bukti kuat dan permasalahan serius, meskipun anda hanya coyy sedikit kata.

Penting anda Ketahui: Kerugian kuliah di luar negri

Oleh karena itu, rajinlah membaca tulisan di skripsi anda, ini harus anda lakukan setiap perpindahan bab, perhatikan sedetail mungkin, jika anda menemukan kesalahan bahasa dan dhamir segeralah perbaiki.

Demikian tips dari kami Cara Membuat Skripsi Tesis Bahasa Arab sebenarnya ada beberapa hal lain yang harus anda perhatikan daalam menulis skripsi bahasa arab, tergantung pedoman di kampus anda, tapi permasalahan diatas yang paling populer terjadi pada kalangan mahasiswa. terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa komentarnya untuk membangun artikel ini, seoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Membuat Skripsi Tesis Bahasa Arab "

Posting Komentar