Cara Mendidiik Anak yang Nakal

Cara Mendidiik Anak yang Nakal Anak bandel anak nakal anak kurang ajar, ini adalah sebutan yang sering keluar dari mulut seseorang jika melihat anak yang melakukan tindakan yang merugikan atau tindakan kriminal, banyak ahli psikologi mengatakan bahwa anak yang cenderung melakukan tindakan salah adalah mereka yang kurang mengecap pendidikan atau bisa dipengaruhi faktor keluarga atau lingkungan, namun apapun itu setiap pendidik orangtua,guru sampai kepada pengasuh anak harus memiliki standar kemampuan dalam memanage sang dan mendidik anak.

Cara Mendidiik Anak yang Nakal

Cara Mendidiik Anak yang Nakal

Kenakalan anak menjadi permasalahan serius yang sering terjadi dilingkungan pendidikan atau sekolah, dilakukan berbagai upaya sperti membuat satuan bimbingan pendidikan yang biasa disebut dengan Bimpen atau konseling mereka yang dikhususkan menangani para siswa yang selalu membuat keonaran yang melanggar aturan yang telah dibuat disekolah, namun meskipun demikian ini tidak menghasilkan bersih 100% dari tindakan kejahatan para siswa.

Pada artikel ini zonapendidikan.com membuat opini menarik untuk menangani para siswa yang selalu membuat keonaran. artikel ini dimuat berdasarkan pengalaman tim yang sudah berperan sebagai pendidik selama bertahun-tahun dibebrapa sekolah atau komplek pendidikan.

Sebagai guru atau orang tua mungkin anda sudah membaca artikel yang membahas tentang cara mendidik anak atau cara menghadapi anak yang nakal baik dari majalah, buku atau artikel yang terdapat di dunia maya. namun semua poin yang disediakan itu tidak bisa semua diterapkan di seluruh wilayah negara kita ini.

Cara Mendidiik Anak yang Nakal- Yang perlu kita pahami adalah setiap daerah di indonesia memiliki tingkatan perilaku dari kehidupan kalangan anak-anak, dan itu semua bergantung juga pada tingkatan pendidikannya, anak SMP dan SMA pasti tingkah lakunya juga berbeda. Pada dasarnya sebagai guru sudah seharusnya mengerti budaya tempat ia tinggal. seperti bagaimana budaya kehidupan masyarakat di Irian jaya, di jawa, di aceh semua itu pasti berbeda.

Apa yang harus dilakukan jika berhadapan  dengan anak Nakal

Pertanyan ini sudah sangat familiar, dan lebih mengejutkannya ada lagi argumentasi dari orang sok mengerti " Tidak ada anak nakal" jadi semua beban di jatuhkan ke gurunya, mungkin jutaan surat sudah dilayangkan dan dialamatkan kak seto beliau yang dianggap sebagai fakar psikolog anak. namun semua saran yang diberikan hanya bersikap klise, maksudnya apa saran yang disampaikan sudah familiyar dan sudah terfikir dibenak kita. semua itu kembali lagi ke keadaan lingkungan dan anak yang berasal daerah mana yang kita hadapi.
 
 
Pada intinya mendidik anak itu tidak ada sesuatu hal yang baru, semua sudah kita dengar sebelumnya dan sudah dipraktekkan banyak orang. namun ada beberapa poin yang anda perhatikan sebelum melakukan tindakan, karena tindakan dan cara mengahadapi anda lebih tahu caranya. dan anda lebih mengerti anak jenis apa yang anda hadapai  serta latar belakangnya.

Cara Mendidiik Anak yang Nakal

 

Membutuhkan Waktu
Ini adalah poin pertama, bahwa yang perlu anda ketahui kesabaran dituntut disini. seseorang itu tidak akan bisa berubah jika ia tidak merubah dirinya sendiri. usaha yang dilakukan seorang guru disekolah atau orang tua dirumah hanya 20% selebihnya tergantung mood anak itu sendiri. tidak ada anak yang bandel bisa berubah hanya dengan sekali nasehat karena ini butuh proses.

Jika seorang guru tidak sabar, maka ini akan berakibat fatal, bisa jadi anak tersebut akan semakin bandel dan akan berbalik benci atau bahkan menyerang gurunya dengan tindakan kekerasan.

Membutuhkan tenaga
Jika ada seorang guru, hanya dengan tangan sendiri menghadapi anak nakal dan ingin mendidiknya untuk menjadi anak yang baik mungkin akan rumit, karena selain itu anda punya tugas lain yang tidak kalah penting. anda butuh tenaga bantuan rekan lainnya, seperti guru bimpen/kosling, wali siswa tersebut. dimana anda melakukan kerja sama untuk mendidik sang anak.

Satu kesalahan fatal yang sering dilakukan orang tua adalah melakukan kerjasama dalam mendidik dengan orang tuanya, maksudnya kakek atau nenek sang anak. ini mungkin tidak semua berakibat negatif namun hal ini cenderung tidak baik. karena kakek dan nenek sudah pasti sangat sayang pada cucunya. dan terkadang rasa sayangnya itu tidak mendidik sang cucu, tidak jarang kita temukan orang tua marah kepada sang anak dengan maksud menasehati namun datang si nenek malah memarahi orang tua tersebut. kesannya sangat tidak baik.

Membutuhkan dukungan
Ada sebuah fakta unik, ini mungkin terjadi pada setiap sekolah dimanapun berada, ada seorang guru mengklaim seorang anak itu nakal, namun guru-guru lain tidak berpendapat demikian. bisa jadi ini adalah permasalahan pribadi atau hal lainnya.

Pada poin ini tidak jauh berbeda dengan poin sebelumnya bahwa setiap tindakan yang anda lakukan harus ada bantuan atau dukungan dari pihak lainnya, misalkan dari orang tua sang anak atau mejelis guru dan kepala sekolah. namun jika tindakan anda tidak disetujui atau tidak didukung oleh pihak wali siswa tersebut, sebaiknya stop tindakan. lebih baik anak itu dikeluarkan saja dari sekolah karena ini akan berakibat tidak baik untuk almamater sekolah. seperti seorang wali siswa mengamuk di sekolah, ini karena faktor tidak ada komunikasi yang singkron dari pihak sekolah dan wali tersebut.


Membutuhkan tindakan kerohanian
Maksud pada poin ini adalah perubahan yang akan dilakukan dengan melakukan metode religius. ini sering dilakukan pada tahanan yang di penjara atau ditempat rehabilitasi. dimana para tahanan didekatkan dengan agama dan tuhan agar memahami bahwa tindakan yang mereka lakukan adalah sebuah kesalahan.

Ini juga seharusnya dilakukan disekolah-sekolah, para guru harus cerdik dalam mengatur metode ini. dimana anak harus didekatkan dengan agama dan tuhan agar mereka menyadari tentang perbuatan mereka. cara ini menunjukkan tentang kesungguhan guru dalam mendidik sang anak agar berubah. karena pastinya kita meminta pertolongan tuhan untuk keberhasilan kita dalam mendidik.

Cara Mendidiik Anak yang Nakal- Ini adalah empat poin yang sakeral. yang harus kita perhatikan dalam mendidik anak yang sudah kelewat bandel. setelah memahami hal tersebut barulah anda melakukan tindakan. sebagai guru anda lebih tahu bagaimana cara mengahdapi anak didik anda sendiri, jika anda bertanya kepada orang pasti jawabannya sudah pernah anda fikirkan atau mungkin sudah anda lakukan.

Beda negara, beda agama, beda daerah, beda suku, beda lingkungan maka berbeda pulalah cara mendidik anaknya, Menjadi pendidik adalah posisi yang sangat mulia, apapun usaha anda dalam mendidik semua itu tidak akan percuma, sabar dan tegar adalah modal utama. keberhasilan dalam mendidik semua kembali dari kesungguhan kita.  

Demikianlah sedikit penjelasan seputar  Cara Mendidiik Anak yang Nakal semoga bermanfaat dan bisa anda pertimbangkan dalam menjalankan ibadah mendidik anak anda di rumah atau siswa anda di sekolah.

0 Response to "Cara Mendidiik Anak yang Nakal"

Posting Komentar