Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan

Contoh Surat Pengunduran diri dari Pekerjaan- Dalam dunia kerja banyak hal yang kita alami, pengalaman dalam pekerjaan tidak ada habis-habisnya jika kita ungkap, apalagi lama bekerja sudah mencapai puluhan tahun. pengalaman pahit, masnis, baik dan buruk pasti pernah dialami pekerja dalam pekerjaannya.

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan

 

Berhenti dari pekerjaan disebabkan oleh dua hal :
1. Pemutusan Hubungan Kerja
Pemutusan Hubungan Kerja yang biasa kita kenal dengan istilah PHK, terjadinya PHK biasanya terjadi di perusahaan swasta, ini dilakukan disebabkan beberapa alasan seperti bangkrutnya perusahaan atau kesalahan fatal dari pekerja. jika sudah terjadi PHK pada pekerja, ini tidak bisa dikomunikasikan lagi meskipun pekerja tidak rela atau bahkan memohon.  jika anda mengalami PHK sebaiknya carilah perkerjaan lain, karena perusahaan yang mengeluarkan surat PHK kepada anda tidak bisa diharapkan lagi.
2. Mundur secara kemauan sendiri
ini juga disebabkan berbagai hal tergantung orang yang mengalaminya tergantung permasalahan yang terjadi, seperti permasalahan antara pekerja dengan bos atau hubungan antar sesama pekerja tidak baik, sehingga membuat anda tidak betah dan harus mengundurkan diri.

Dalam dunia kerja, kita tidak bisa memaksakan kehendak, jika sudah merasa tidak nyaman dan persaan selalu resah sebaiknya anda memunundurkan diri, karena jika dipertahankan maka permasalahan akan selalu timbul.
Banyak sekali orang yang berhenti dari pekerjaan mendapat kehormatan dari tempat ia bekerja dan selalu mendapati komunikasi baik serta hubungan baik meskipun ia sudah bekerja di tempat lain, inilah yang kita harapkan.


Hal Yang harus anda perhatikan sebelum mengundurkan diri dari perkerjaan 

  • Pastikan anda sudah mendapat pekerjaan lain
Inilah yang menjadi perioritas sebelum kita menyatakan diri untuk keluar dari pekerjaan, kebanyakan dari pekerja tidak memperhatikan ini karena emosi terlulu besar, tanpa fikir panjang langsung undur diri dari perusahaan tempat ia bekerja, setelauh "Out" maka lebel pengangguran resmi diraih dan harus memulai lagi dari nol, ini sama dengan bunuh diri. jika memang kita ingin mengundurkan diri dari pekerjaan, rencanakanlah itu dengan matang dan fikirkan nasib kita kedepannya, redamlah rasa emosi itu.
 

  • Mundur dengan menjaga hubungan dan nama baik 
Berdasarkan siklus penelitian seorang ahli ilmu sosial/Sosiologi dari kanada menyatakan 70% pekerja didunia yang sudah keluar dari pekerjaan sebelumnya berujung dengan hubungan tidak baik. maksudnya hubungan antar pihak perusahaan dan pekerja tidak harmonis lagi. ini disebabkan karena tidak bisa mengontrol emosi, hasilnya kedua belah pihak akan dirugikan. baik pekerja atau perusahaan tersebut.

Jika kita datang dengan baik, pulang pun haruslah dengan keadaan baik, untuk menjaga reputasi kita kedepan. apalagi pekerjaan kita itu berhubungan dengan banyak orang, sperti public figur.

  • Optimis dan yakin
Ini juga tidak kalah penting, jika anda sudah ingin keluar dari pekerjaan anda  yakinkanlah diri anda jangan ada keraguan, karena ini akan mengganggu fikiran kita. kalo yakin ingin keluar langkahkanlah dengan mantap, jika tidak yakin maka pertahankan dengan mantap juga, karena bagaimanapun kita butuh yang namanya pekerjaan.

  • Lakukan Secara Resmi
Keluar dari pekerjaan tanpa kabar atau pemberitahuan yang jelas, ini sama seperti dengan menghancurkan diri sendiri. lari dari pekerjaan adalah tindakan bodoh, selamanya kita akan di cap sebagai seorang pecundang dan tidak bisa dipercaya. dan bisa saja kita dituduh menipu, mencuri, cuarang atau sebagainya. maka hendaklah kita jaga nama baik kita dan pamit dengan sebaik mungkin secara resmi.


Cara membuat surat pengunduran diri dari pekerjaan


Dalam Membuat Surat pengunduran diri, ada beberapa hal yang harus kita lampirkan dantaranya

  • Alasan yang jelas  perihal pengunduran diri
  • Permintaan maaf
  • Ucapan terima kasih
  • Mencari pengganti jika diperlukan
  • Lama bekerja
Contoh surat pengunduran diri dari pekerjaan
Pada halaman ini zonapendidkan.com berbagi tentang cara membuat surat pengunduran diri dari pekerjaan. isi dan maksud harus kita paparkan sejelas mungkin. berikut contohnya, anda bisa mengkutinya dan merubah kata atau menambahnya sesuai kebutuhan anda.



Kepada Yth,

Dirktur PT Andalas
di
Tempat

 Assalamualaikum, Wr.Wb

Dengan Hormat,

Bersama surat ini saya yang bertanda tangan dibawah ini mengajukan permohonan surat pernyataan pengundurkan diri sebagai Administrasi   dari PT Andalas Cabang Medan terhitung sejak tanggal  01 September 2014 . hal ini saya sampaikan karena ketidak sanggupan diri untuk memenuhi tanggung jawab dari status kerja yang dibebankan.  Dan memohon di asumsikan untuk digantikan.


Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang telah diberikan.kepada saya untuk bekerja di PT Andalas Cabang Medan Tak lupa saya mohon maaf kepada jajaran manajemen PT Andalas Cabang Medan .apabila terdapat hal-hal yang tidak baik yang telah saya lakukan selama bekerja, Saya berharap PT Andalas Cabang Medan menjadi perusahaan yang terus maju dan berkembang, sukses dan menjadi yang terbaik.



Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas perhatian dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.



  Hormat saya.



                                                                                                                         Adi Irfan, A.Md.
Itulah poin penting, pertimbangan serta contoh surat pengunduran diri yang harus anda persiapkan, semiga bermanfaat - Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan

0 Response to "Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan"

Posting Komentar