Penerapan Metode Qawaid Wa Tarjamah

Penerapan Metode Qawaid Wa Tarjamah- Metode Qawaid Wa Tarjamah dalam pembelajaran merupakan metode tertua dalam sistem pengajaran. meskipun mertode ini sudah sangat lama, dan muncul metode-metode modern lainnya, namun Metode Qawaid Wa Tarjamah tetap digunakan sampai pada masa sekarang.

Penerapan Metode Qawaid Wa Tarjamah


Munculnya metode ini berdasarkan dari dakwah dan penyebaran ajaran agama islam. dimana hanya sedikit dari para sahabat yang mengerti terhadap hukum dan syariat islam, begitu juga penyampaian pengetahuan/risalah Nabi Muhammad SAW. disaat berdakawah didepan jamaah/ audiens, mereka mendengar dan memperhatikan.

Dalam Metode Qawaid Wa Tarjamah, ini hanya dituntut kepada kemampuan guru atau penyampai materi menjelaskan secara panjang lebar sehingga audiens paham tanpa membantah atau berargumen atau diskusi.

Secara bahasa Metode Qawaid Wa Tarjamah dapat diartikan sebagai berikut, Qawaid artuinya kaidah, dimulai dari sumber dan seluk beluk pada pembahasan materi dan tarjamah artinya terjemahan, maksudnya adalah dimana penyampaian ini berdasarkan apa adanya dan fix.


Penerapan Metode Qawaid Wa Tarjamah


Jika dalam pemebelajaran bahasa Metode Qawaid Wa Tarjamah dikenal dengan pembahasan secara menyeluruh dari seorang guru tanpa ada feedback antara guru dan murid.

  • Penerapan Metode Qawaid Wa Tarjamah dalam pembelajaran
Metode Qawaid Wa Tarjamah tidak memakai media, biasanya hanya menggunakan kitab atau buku pembahasan dimana setiap siswa memilikinya dan terkadan Penerapan Metode Qawaid Wa Tarjamah ini tidak perlu menggunakan papan tulis, karena penjelasan cukup dengan sistem ceramah secara menyeluruh.

  • Kelebihan Metode Qawaid Wa Tarjamah
Sudah sdapat dipastikan para siswa mengetahui semua tentang pembahasan jika mereka mendengar.
Selain itu siswa dapat berimajinasi dari paparan dan penjelasan sang guru, karena dijelaskan seara detail.
  • Kelemahan Metode Qawaid Wa Tarjamah
Sudah pasti, audiens akan jenuh atau bosan karena tidak aktif dan disini dituntut kemampuan guru secara menyeluruh.

Penerapan Metode Qawaid Wa Tarjamah-  Metode inilah yang menjadi cikal bakal metode lainnya, banyak ahli sejarah mengatakan Metode Qawaid Wa Tarjamah digunakan kebanyakan para kiyai, ulama dan orang yang disakeralkan dama sebuah agama. 

Demikian sedikit penjelasan tentang Penerapan Metode Qawaid Wa Tarjamah, semoga bermanfaat.

0 Response to "Penerapan Metode Qawaid Wa Tarjamah"

Posting Komentar