Pengertian Pendidikan Anak Dalam Usia Dini

Pengertian Pendidikan Anak Dalam Usia Dini- Yang dimaksud dengan Pendidikan Dalam Usia Dini adalah pendidikan yang di manage sepenuhnya oleh kedua orang tua dalam hal ini ayah dan ibu berperan penting dalam mendidik sang anak untuk mengarahkannya ke arah yang positif.

Pendidikan Anak Dalam Usia Dini


Namun sekarang ruang lingkup tentang Pendidikan Anak Dalam Usia Dini semakin meluas, ada yang berpendapat bahwa pendidikan ini dilaksanakan saat anak masih dalam kandungan ibunya.

Dalam hal Pendidikan Usia Udini 99,99% adalah peran orang tua Meskipun anak itu mengenyam pendidikan di sekolah namun itu tidak berarti orang tua lepas tangan, karena pendidikan di sekolah itu hanya 40%, sepulang sekolah  sang anak merupakan tanggung jawab orang tua sepenuhnya membina dan mendidiknya.
Karakter yang positif bagi setiap anak bukan diciptakan bukan timbul dengan sendirinya, para ahli psikologi anak sepakat bahwa lingkungan dan keluarga memiliki peran terbesar pada proses perkembangan karakter sang anak.

Pendidikan Anak  Dalam Usia Dini

Adapaun yang dimaksud dengan Pendidikan Dalam Usia Dini adalah pendidikan yang dimulai dari keluarga yang pertama adalah Ibu, Ibu merupakan guru pertama bagi sang anak, dimana ibu harus memberikan pendidikan dari sikap melalui emosional, sejak zaman dahulu ini dikenal dengan hal spritual dimana sang ibu yang sedang hamil tidak boleh emosi atau marah-marah biasa disebut dengan "pantangan" atau "pamali" bagi ibu yang emosional ketika hamil.

Namun Pada zaman sekarang ini merupakan riset nyata bahwa ibu yang cenderung emosi saat dia sedang hamil akan memberikan efek tidak baik kepada sang anak.

Disaat anak itu sudah terlahir, berati pendidikan sudah naik kelas atau masuk kepada tahap pendidikan lanjutan, peran ayah dan ibu dituntut untuk memberikan contoh yang baik, seara keseluruhan dan ini dilakukan secara praktek bukan pada teori "Nasehat". karena sanga anak akan melihat dan mengikuti.

Sebagian besar permasalahan yang terjadi di indonesai adalah, tidak memperhatikan Pendidikan Dalam Usia Dini, jika anak sudah bandel atau berperilaku kasar,  dimasukkan ke dalam Pesantren atau tempat pendidikan yang memiliki faslitas asrama dengan harapan perilaku si anak berubah, jika ternyata kondisi anak tidak berubah atau semakin parah yang difonis salah adalah sekolah (pihak sekolah).

Hal ini memang sangat miris, karena tidak pernah merujuk ke sumbernya, atau pemahan tentang pendidikan, orang tua yang sibuk yang tidak memiliki waktu yang jelas memberikan pembinaan dan pendidikan kepada ankanya, inilah sumber permasalahan.

Hal ini bisa dilihat secara kualitatif pendidikan sekolah:
    • Inpiut 
    • Proses 
    • Output
    Tahapan jenjang pendidikan sekolah adalah proses, jika inputnya tidak bagus, makan ditahapan proses akan dilakukan perbaikan, namun pastinya itu tidak akan 100% berhasil pada tahap output jika inputnya tidak beres.

    Kesuksean Pendididkan sekolah itu berdasarkan output, kerena dari sejumlah siswa yang sangat sulit bagi guru untuk membina satu persatu terlebih lagi jika sekolah tersebut negeri.

    Baca Juga : Sifat yang Merugikan bagi Wanita

    Jadi, Pendidikan Dalam Usia Dini sangatlah penting, pembinaan dalam keluarga adalah awal pendidikan bagi sang anak. dan untuk keberhasilan pendidikan pada anak, saat ia sedang berada pada tahap proses, harus ada kerja sama antar orang tua dan gurunya disekolah.

    Pertanyaan untuk para orang tua..? Seberapa besar anda penduli terhadap pendidikan anak anda.?
    Jika hanya memberikan pendidikan melalui sekolah mahal atau sekolah unggul taraf iternasional sekalipun, itu bukanlah bentuk sebenarnya dalam pendidikan, namun, itu bisa dilihat seberapa banyak waktu anda untuk sang anak dan memebrikannya pembinaan secara langsung.

    Pendidikan Anak Dalam Usia Dini menentukan pola hidup anak di masa depan, untuk itu kepedulian orang tua haruslah besar, demikian penjelasan tentang Pengertian Pendidikan Anak Dalam Usia Dini, semoga bermanfaat

    0 Response to "Pengertian Pendidikan Anak Dalam Usia Dini"

    Posting Komentar