Problematika Guru Swasta dan Guru PNS

Problematika Guru Swasta dan Guru PNS - Dilihat dari jenisnya, Di indonesia guru terbagi menjadi dua, yaitu guru PNS dan Non PNS. kedua ini memiliki literatur yang berbeda bahkan kesibukan mereka ada yang berbeda jauh, secara garis besar gaji/honor guru PNS lebih besar dibandingkan dengan Guru Non PNS. namun itu tidak semuanya, ada juga guru yang Non PNS yang memiliki Gaji melelbihi guru PNSa seperti guru yang bekerja pada Sekolah Elit dan Taraf Internasional. 



Problematika Guru Swasta dan Guru PNS

Problematika Guru Swasta dan Guru PNS

Problematika Guru Swasta dan Guru PNS - Kenapa Banyak guru Honorer yang berkeinginan kuat menjadi PNS.? jika ada pertanyaan demikian. setiap orang pasti bisa menjawabnya, namun ini bukan hanya soal honor, soal kinerja juga memiliki pengaruh besar menarik minat para honerer menjadi PNS. Maksud dari pada kinerja adala Guru PNS kerjanya tidak sulit, hanya beberapa tugas dan tidak diawasi secara ketat serta banyak dispenisasi kerja, berbeda halnya dengan guru honorer yang bekerja di sekolah swasta, selain tertekan dengan gaji rendah, kerjanya juga harus ekstra dan  harus berkualitas, bahkan jika tidak bekerja sesuai target yang menjadi korban adalah gajinya.


Bacaan Populer : Dampak Buruk Guru Gaji Tidak Cukup
 

Oleh Karena itu, Sekolah Swasta memiliki kualitas dalam manajemen pendidikannya karena pekerjaan dilakukan secara teliti, hampir seluruh guru swasta memiliki talenta dan mampu berkarir di sekolah tempat mereka bekerja, namun terkadang ketika sudah menjadi PNS, semangat kerjanya meluntur,,, hehehe,  itu sih biasa.

Melihat ini memang sangat miris, jika pemerintah menjadikan seluruh guru di indonesia menjadi PNS, itu sangat tidak mungkin, namun jika pemerintah ingin mensejahterakan guru Non PNS itu sangat mungkin dan bahkan harus, karena asal guru PNS itu dari Non PNS yang bekerja berkorban untuk generasi penerus kemajuan bangsa. karena sekolah swasta memiliki andil besar terhadap perkembangan ilmu di indonesia, baik ilmu agama dan ilmu umum lainnya.

Nasib Guru Non PNS

Di setiap provinsi pasti memiliki sekolah swasta yang unggul dan menjadi idola di daerah tersebut, bahkan siswanya memiliki prestasi taraf internasional jauh meninggalkan Sekolah Negri. Namun disetiap diadakan pelatihan atau pertemuan guru dalam sebuah acara. yang tersingkirkan selalu guru swasta (Non PNS). ini disebabkan level berbeda, Hampir diseluruh kabupaten mendapatkan situasi demikian. tidak tahu mengapa , mungkin saja ini terjadi dari diri pribadi guru swasta tersebut, mungkin karena tidak punya NIP, tidak ada embelem baju dinas atau guru PNS enggan untuk bercengkrama.

Sebenarnya pemerintah juga memperhatikan guru swasta, meski tidak secara keseluruhan. Kemendikbud mengalokasikan dana dengan jumlah triliyun untuk disasarkan kepad guru Non PNS. namun sangat disayangkan pengalokasian ini tidak merata.

Setiap guru swata berhak mendapatkan tunjangan tambahan atau sertifikasi bagi mereka yang sudah memenuhi syarat, namun ada sebuah problem internal disini diantaranya:
  1. Kepengurusannya rumit, bahkan terkadang sang guru harus mengeluarkan biaya untu mengurus berkas mendapatkan tunjangan
  2. Sekolah tidak mendukung sepenuhnya
  3. Akses Informasi tidak merata
  4. Dan Lain-lain
Sebenarnya semua ini bisa diurus adminstrasinya, apalagi sekolah tersebut sudah mendapatkan akreditasi baik dari pihak terkait di provinsi. namun ini hanya tergantung dari internal sekolah.  mau atau tidak,? 


Bacaan Populer : Kesalahan Mendidik anak Tingkat SMP di Sekolah
 

Tapi uniknya ada juga beberapa sekolah swasta yang mampu memberikan honor tinggi pada setiap pegawainya, namun terkadang mereka berpaling dan berkelot dari pemerintahan karena merasa sudah mampu (berdiri secara independen) menurut penuturan dari beberapa sekolah swasta yang berkembang di beberapa daerah indonesia. ini dirangkum dalam sebuah wawancara khusus 
Apakah guru-guru disini sudah bekerja lama.? Sudah, ada yang sudah mencapai 5 tahun..!!Apakah mendapat tunjangahan dari pemerintah.?Tidak,,!!Kenapa..? Karena gaji guru disini sudah tinggi dan cukuplah untuk biaya hidup, jadi tidak perlu lagi tambahan.
Ini merupakan wawancara yang menjengkelkan dari pihak  sekolah swasta, ini bukan soal honor, namun soal menghargai pemerintah. jika memang pihak sekolah  tidak mau mengikuti jalannya aturan pemerintah, kenapa masih terima dana BOS, dana BSM (Bantuan Siswa Miskin) dan lain-lain.

Problematika Guru Swasta dan Guru PNS- Jadi kesejahteraan guru di sekolah swasta itu bisa diusulkan dan bisa didapatkan jika di urus sesuai administrasi pemerintah.

Siapapun anda, jika memang anda seorang guru swasta dengan gaji pas-pasan, tetaplah bersabar, bekerjalah dengan ikhlas insya Allah, Allaah akan mencukupkan kebutuhan anda.

0 Response to "Problematika Guru Swasta dan Guru PNS"

Posting Komentar