Cara Mengolah Nilai Raport Kurikulum 2013 Terbaru



Cara Mengolah Nilai Raport Kurikulum 2013 Terbaru - Terlepas dari berbagai anggapan miris masayarakat atau kalangan pengajar di sekolah-sekolah terhapap Kurikulum 2013, namun bukti nyata dilapangan terlihat, tidak sedikit sekolah-sekolah di berbagai provinsi mengaplikasikan Kurikulum 2013 pada pembelajaran dan penilaian terutama pada sekolah unggul atau sekolah pilihan yang dipantau pihak provinsi dan dinas kabupaten.

Cara Mengolah Nilai Raport Kurikulum 2013 Terbaru 

Cara Mengolah Nilai Raport Kurikulum 2013 Terbaru
Pada kesempatan ini zonapendidikan.com berbagi Cara Mengolah Nilai Raport Kurikulum 2013 Terbaru, untuk mengatasi kebingungan para guru pengajar dalam hal penngolahan data nilai raport.

Pada dasarnya Pengolahan Nilai Raport Kurikulum 2013 Terbaru ini tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya, namun ada sedikit kodefikiasi, untuk lebih jelas mari kita langsung menuju ke TKP.

Pahami juknis pengolahan nilai
Hal pertama yang harus dilakukan adalah membaca juknis atau sistem pengolah nilai, pahami sejenak. tentunya anda harus punya panduan, jika sekolah anda sudah mengaplikasikan K 13 tentunya bagian kurikulum di sekolah anda punya data juknis dan aplikasi pengolahan yang siap pakai.

Siapkan Data Nilai
Jika anda ingin mengolah Nilai Raport Kurikulum 2013 Terbaru, tentunya anda sudah punya data-data terkait nilai siswa yang akan anda olah, dari nilai harian, tes, ulangan, ujian semester dan tes lainnya, semua itu berdasarkan ranah pengetahuan dan keterampilan, perihal bulir-bulir nilai pengetahuan dan keterampilan siswa anda tetunya anda harus memahami. pemahaman ini bisa anda dapatkan dengan mengikuti seminar atau penjelasan langsung dari dinas terkait.

Buka aplikasi pengolahan
Aplikasi yang dimaksudkan disini adalah, file berbentun Microsft Excel yang sudah diterapkan rumus. untuk lebih jelas perhatikan gambar berkut. 

Mulai dari pengolahan nilai  pengetahuan:



Keterangan :
1. Garis warna merah adalah nilai siswa yang harus anda bubuhkan, anda bisa mengikuti peniliaan seperti gambar diatas atau membubuhkan nilai sesuai jumlah berapa kali melakukan tes terhadap siswa.

2. Garis warna kuning adalah jumlah total nilai (rata-rata) didalamnya ada rumus, jika anda mengerti penggunaan fitur micorsoft Excel tentunya ini akan semakin mudah dalam mengolah rumus, pembagian nilai sesuai berapa banyak anda membubuhkan di kolom tes, disini yang perlu anda perhatikan adalah rumusnya.

3. Nomor yang di beri warna merah pada bagian selanjutnya berikut keterangannya :
HPH : Nilai Harian 
HPTS : Nilai Tengah Semester
HPAS : Nilai Akhir Semester

4. Garis warna Hijau adalah Hasil keseluruhan, hasilnya anda harus Copy untuk dimasukkan pada form Nilai raport Kurikulum 2013 Terbaru, form ini juga sudah tersedia di sekolah anda tentunya jika sekolah anda peka terhadap Kurikulum 2013 atau bisa anda minta kepada teman dan dinas terkait.
Silahkan bubuhkan nilai sesuai data anda pada kolom tersebut HPAP dan paste pada di Form nilai raport, disini anda harus menyesuaikan kelas dan semester, jika anda ingin memasukkan nilai Siswa SMP kelas VIII maka anda harus paste pada legel 2 dan pilih kolom sesuai bidang studi anda, disni agak ribet namun dengans sedikit teliti akan terasa gampang.
Langkah berikutnya, buka aplikasi Nilai Rapot



5. Garis warna biru adalah tempat anda mempaste hasil dari nilai HPA, maka secara otomatis akan keluar kriteria nila A<B<C dan seterusnya.

6. Perhatikan garis warna merah, sesuaikan dengan bidang studi anda

7. Garis kuning adalah legger, ingat... beda kelas beda pula leggernya begitu juga semester.

8. Pada kolom K-13 D disitu anda memasukkan deskripsi anda harus membubuhkan deskripsi penilaian anda sesuai kemampuan pencapaian nilai siswa anda. namun perlu anda ketahui, bahwa pembubuhan penilaian deskripsi pada penilaian Raport Kurikulum 2013 Terbaru ini tidak boleh lagi menggunakan kata " Namun, Tetapi, atau yang berkaitan dengannya, untuk lebih jelas silahkan baca juknis.

Dengan melakukan tahapan diatas, Langkah anda mengolah nilai pengetahuan sudah selesai selanjutnya anda kembali lagi pada aplikasi pengolahan nilai yang anda buka pertama kali , disana anda mengolah lagi nilai keterampilan dan mengikuti langkah seperti penilaian pengetahuan.
Setelah anda mendapat hasil nilai keterampilan maka sudah selesai pekerjaan anda, serahkan nilai tersebut ke wali kelas.

Bagaimana dengan Nilai Sikap...?
Untuk nilai sikap, hasil final nilai ini adalah kebijakan wali kelas, dengan menghimpun semua data dari guru bidang studi atau berdasarkan rapat dewan guru, maka nilai sikap akan di deskripsikan sendiri oleh wali kelas.
Demikianlah sedikit penjelasan seputar  Cara Mengolah Nilai Raport Kurikulum 2013 Terbaru, jika anda masih bingung dan ingin kterangan lebih detail silahkan hubungi nomer Hp/WhatsApp : 081210774082 a/n : Intan Purnamasari


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengolah Nilai Raport Kurikulum 2013 Terbaru"

Posting Komentar