Cara Menidurkan Bayi di Malam Hari

Cara Menidurkan Bayi di Malam Hari - Salah satu problem yang dialami rumah tangga saat mempunyai bayi kecil adalah kebiasaan bayi yang selalu terjaga di dalam hari, pada manusia dewasa di malam hari adalah waktu istirahat, apalagi yang memiliki pekerjaan rutinitas seharian tentunya sangat membutuhkan istirahat di malam hari, namun saat punya bayi waktu istirahat ini terganggu disebabkan bayinya terjaga (tidak mau tidur) terlebih lagi jika bayi tersebut menangis di tengah malam, tentunya sangat merepotkan orang tua.

Cara Menidurkan Bayi di Malam Hari

Cara Menidurkan Bayi di Malam Hari

Masalah bayi yang tidak mau tidur di malam hari, biasanya fase ini terjadi pada saat usia bayi 3-4 bulan, hal ini wajar dan kerap terjadi, dalam hal ini orang tuanya harus punya strategi dan memahami untuk menanggulangi problem tersebut, jika tidak maka akan terjadi masalah yang besar dan berakibat fatal dalam hubungan rumah tangga.




Seorang suami pekerja dalam rentang waktu full day (seharian penuh) saat bayi tidak mau tidur tentunya harus dijaga, sekuat mungkin sang istri berupaya untuk mendampingi menjaga bayinya namun terkadang dia juga butuh bantuan suami, kadang kala dia juga ingin istirahat dan berharap bergantian dengan suami untuk menjagai anak mereka, disaat suami mengantuk berat dan tidak bisa memenuhi harapan istri maka disini kerap terjadi pertengkaran kecil dan berakibat fatal pada kondisi rumah tangga.

Pada kesempatan ini zonapendidikan.com berbagi kepada anda beberapa strategi atau Cara Menidurkan Bayi di Malam Hari semoga bisa menjadi sandaran dan memberikan manfaat bagi keluarga anda.

Atur Pola Tidur Bayi
Ini adalah poin utama dalam hal Menidurkan Bayi di Malam Hari, Bayi yang berusia 0-5 bulan tentunya jarang dibawa keluar rumah oleh orang tuanya, disini bayi tidak tahu perbedaan antar siang dan malam. nah , disini perlu tindakan orang tua dalam mengatur pola istirahat bayi, misalkan dengan mematikan lampu ( mengganti lampu tidur) pada saat ingin menidurkan bayi di malam hari.

Memberikan Asi sebelum tidur
Yang dapat membangun bayi dari tidurnya adalah saat ia buang air kecil dan merasa haus/lapar. oleh karena itu berikan asi kepada bayi sampai ia merasa puas agar tidurnya nyenyak

Berikan kode paa bayi
ini tidak jauh berbeda dengan poin pertama, namun khusus untuk malam hari orang tua bisa memberikan tanda atau kode khusus, misalkan mendengarkan alunan lagu, jika anda muslim sebaiknya dengarkan bacaan ayat Al-Qur'an yang merdu.

Tanggap dan Cepat
Ketika buang air kecil atau haus, bayi akan terbangun dari tidurnya maka saat ia mulai menangis atau bergumam segeralah berikan tindakan cepat, berikan asi dan ganti celananya serta mengganti kain tempat tidurnya yang baru.


Kesalahan yang sering terjadi adalah banyak sekali orang tua yang sempat bersenda gurau pada bayi saat ia terbangun, ini adalah tindakan salah, meskipun gemes melihat sang bayi namun janganlah tuangkan kemanjaan saat itu, karena jika bayi sudah terbaya pada permaianan maka ia akan sulit untuk tidur kembali. kecuali jika anda sanggup meladaninya sampai ia tertidur.

Tidurkan pada Suasana Sejuk dan Asri
Ruangan yang pengap atau polusi seperti bau tidak sedap dang menyengat atau ada asap rokok dalam ruangan, itu akan membuat bayi kesulitan untuk tidur. oleh karena itu buatlah suasana yang sejuk dan nyaman bagi sang bayi.

Berikan Pelajaran Pada Bayi
Keslahan yang sering terjadi saat Menidurkan Bayi di Malam Hari adalah mengayunkan bayi sampai pagi hari, ini seharusnya tidak dilakukan, karena bayi akan terbiasa, sampai kapan orang tua sanggup mengayunkannya sepanjang malam, pelajaran yang perlu diberikan pada bayi adalah dengan memindahkannya ke ranjang jika ang bayi sudah tertidur pulas.

Hindari Kebisingan
Jika rumah anda berdad di dekat jalan raya, maka pilih lah lapak atau lokasi tidur bayi di bagian belakang rumah, selain itu jika bayi sudah tidur jangan pernah timbulkan kebisingan yang mengganggu tidurnya seperti menelpon di dekatnya atau bersuara keras.

Periksa Kondisi tubyh bayi
Jika hal-hal diatas sudah anda lakukan namun ternyata bayi anda tidak mau tidur dan menagis sepanjang malam, mungkin saja ada penyakit atau gangguan pada tubuhnya segerlah periksa bayi anda ke dokter, mungkin saja ada bagian tubuhnya yang sakit, gatal atau perutnya sakit.

Demikianlah beberapa poin seputar Cara Menidurkan Bayi di Malam Hari, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Menidurkan Bayi di Malam Hari"

Posting Komentar