Penyebab Kulkas Cepat Rusak



Penyebab Kulkas Cepat Rusak - Kulkas atau yang biasa disebut juga dengan Lemari es adalah perabot wajib dalam rumah tangga, tentunya ini sudah menjadi kebutuhan primer pada zaman sekarang dilihat dari fungsinya, jika kulkas tidak ada sungguh sulit rasanya menyimpan bahan-bahan pangan seperti sayur-mayur, ikan dan bahan pangan lainnya. singkatnya dengan adanya kulkas di rumah anda itu akan menghemat biaya pangan, makanan bisa disimpan daalam keadaan tetap segar.

Penyebab Kulkas Cepat Rusak

Penyebab Kulkas Cepat Rusak

Kulkas Rusak adalah fenomena yang kerap terjadi, banyak orang mengeluh, kenapa ya kulkas saya cepat rusak.? kenapa ya kulkas saya tidak dingin lagi.? bahkan sering terjadi mati total. jika anda mengeluhkan ini kepada tetanga atau teman-teman jawaban yang anda terima permasalahannya ada pada merek kulkas tersebut. jika memang kulkas yang anda miliki itu tidak dari merek yang ternama maka orang akan menyatakan itu dasar masalahnya.


 

Jika anda memperbaiki kulkas rusak tentunya anda harus memanggil teknisi, atau membawa kulkas anda pada toko perbaikan barang elektronik , anda harus mengeluarkan biaya, dalam hal ini biaya perbaikannya tergantung jenis kerusakan pada kulkas anda.

Disini kami merangkum beberpa Penyebab Kulkas Cepat Rusak, semoga bisa menjadi antisipasi bagi anda.

Pintu Kulkas tidak tertutup Rapat 
Ini adalah salah satu faktor Penyebab Kulkas Cepat Rusak, terkadang sebelum tidur anda membuka kulkas namun anda tidak menutup pintunya dengan rapat, sehingga ada celah terbuka sepanjang malam, ini akan membuat mesin pendingin kulkas terganggu dan dapat menimbulkan kulkas tidak bisa memberikan fungsinya secara optimal.


 

Selain itu itu bisa juga terjadi akibat anda terlalu lama membuka pintu kulkas dan anda membiarkannya menganga. mungkin karena anda membutuhkan barang didalamnya sesaat dalam kerja anda sehingga anda malas untuk membuka dan menutup.

Arus Listrik tidak netral
Hampir semua alat elektronik akan mengalami masalah jika arus listrik tidak netral, keadaan listrik yang sering hidup mati dalam waktu yang beredekatan sebaiknya anda mematikan kulkas anda, karena arus yang tidak stabil dapat menimbulkan kulkas anda mati total karena kerusakan berat pada mesinnya. 

Benda Tajam
Biasanya didalam rak kulkas ada tertulis peringatan untuk tidak memasukkan benda tajam, karena itu bisa merusak benda lapisan panel kulkas.

Benda Asing
Penyebab Kulkas Cepat Rusak lainnya adalah ada benda asing yang masuk ke dalam ruang kulkas seperti minyak atau bahan kimia lainnya, jika cairan ini tumpah maka akan membuat kulkas rusak.

Masuk Air
Ini sudah umum terjadi, jika rumah anda banjir atau ada air tergenan dan mengenai mesin kulkas maka itu akan mengganggu kinerja mesin, atau peristiwa yang kerap terjadi seperi anda meletakkan gelas berisi air, jik air itu tumpah mengenai mesin maka mungkin juga mengakibatkan kerusakan.

Kulkas Kotor
Jika anda mematikan kulkas dalam kurun waktu satu bulan sebenarnya itu tidak akan menjadi masalah, namun jika anda menghidupkannya sepanjang waktu selama satu bulan dan membiarkan barang didalamnya membusuk maka itu akan dapat menggangu kinerja mesin.

Sebaiknya anda membersihkan kulkas anda, memeriksa bagian dalam kulkas, bahan pangan yang tidak layak disana sebaiknya anda membuangnya, carian makanan yang beluber sebaiknya anda membersihkannya, periksalah kebersihan kulkas anda 2 minggu sekali.



Selain bagian dalam bagian luar kulkas juga anda bersihkan, terutama dibagian mesin, mungkin ada bangkai binatang atau barang yang menempel disana.

Pada dasarnya apapun merek kulkas anda jika anda tidak menjaga dengan baik dan teratur maka tetap juga itu akan menimbulkan kerusakan, demikianlah sedikit pemabahasan seputar  Penyebab Kulkas Cepat Rusak, semoga bermanfaat.


6 Responses to "Penyebab Kulkas Cepat Rusak"

  1. Kulkas saya tk tertutup rapat selama 5 jaman.
    Apakah akan ada masalah???

    BalasHapus
  2. Kulkas saya tk tertutup rapat selama 5 jaman.
    Apakah akan ada masalah???

    BalasHapus
  3. Tergantung merek dan kualitas Mesin Kulkas... namun pada umumnya pintu kulkas yang tidak tertutup rapat selama setengah jam saja akan mengalami masalah, salah satu dampaknya adalah ada gangguan pada sistem pendingin

    BalasHapus
  4. pny gw aja gk rapat..tpi dingin jg..

    BalasHapus
  5. Saya punya 2 kulkas dirumah, dan rencananya showcase tdk saya gunakan dlm jangka waktu lama. Minta tipsnya cara merawat supaya tdk rusak. Mohon infonya. Terima kasih seblumnya.

    BalasHapus
  6. Saya punya 2 kulkas dirumah, dan rencananya showcase tdk saya gunakan dlm jangka waktu lama. Minta tipsnya cara merawat supaya tdk rusak. Mohon infonya. Terima kasih seblumnya.

    BalasHapus