Penyebab Mitos Tumbuh Berekembang di Indonesia

Penyebab Mitos Tumbuh Berekembang di Indonesia - Mitos atau bahasa yang lebih dekat dengannya "Tahayul", Kata mitos ini baru muncul pada era tahun 80an ditujukan kepada peristiwa diluar nalar dan tidak jelas sumbernya, Secara Istilah Mitos adalah suatu sebab-akibat yang dari fikiran manusia diluar aturan agama untuk tujuan tertentu.

Penyebab Mitos Tumbuh Berekembang di Indonesia

Penyebab Mitos Tumbuh Berekembang di Indonesia

Kenapa mitos berkembang pesat di indonesia.? ini bisa ditelaah berdasarkan ciri khas masyarakat indonesia sendiri, sebelum mengenal agama atau sebelum syariat agama sampai di nusantara, indonesia mengadopsi aturan-aturan kesukuan atau yang biasa disebut dengan adat.

Baca Juga :  Dampak Buruk Poligami Zaman Sekarang

Salah satu ciri khas budaya indonesia adalah mempertahankan pendapat atau kebiasaan yang dilakukan oleh leluhur, itulah salah satu penyebab kenapa aturan adat tetap bertahan sampai pada masa sekarang. meskipun selalu ada perubahan namun ironisnya terkadang aturan adat kerap dimodifikasi dengan membaurkan dengan aturan agama.


Penyebab Mitos Tumbuh Berekembang di Indonesia

Pada kesempatan ini zonapendidikan.com menghimpun beberapa Penyebab Mitos Tumbuh Berekembang di Indonesia.

1. Pengaruh Eksternal
Dalam hal ini para tokoh agama berpendapat dan juga diyakini oleh sejarawan bahwa mitos yang  berkembang di masyarakat juga disebabkan oleh makhluk lain (Jin, syaitan) yang berupaya untuk menyesatkan manusia keluar dari jalur agama.

2. Hukum Adat lebih dikuatkan
Karena hukum adat yang lebih dahulu mengisi sosial masyarakat indonesia maka masyarakat akan sulit meninggalkan kepercayaan leluhur, meskipun agama sudah menepis dari mitos-mitos yang diyakini.

Jika kita melirik pada fakta masyarakat sangat sulit meninggalkan kepercyaan leluhur, sehingga mengkodifikasi syariat agama untuk mempertahankan nilai kesukuan. praktek ibadah yang bebeda-beda di daerah-daerah indonesia disebabkan oleh bercampuranya hukum adat dan syariat agama.

3. Kurang Ilmu
Mitos, tahayul atau istilah lainnya yang berkembang di masyarakat penyebab utamanya adalah ilmu pengetahuan yang minim, bukan berarti masyarakat indonesia banyak yang tidak tahu, disisi lain masyarakat indonesia juga memiliki tokoh ulama islam yang hebat, karena kalah jumlah dan mencuatnya argumentasi yang kontradiktif disebabkan kesukuan maka mitos ini tumbuh pesat di kalangan orang awam.


Baca Juga : Penyebab Motor Boros Bensin
 

Hal ini bisa dilihat dari pola masyarakat yang memberikan nasehat kepada anak-anak mereka seperti :
  • Jangan duduk diatas bantal, nanti bisa menumbuhkan bisul di bokong
  • Jangan duduk di pintu , nanti tidak dapat jodoh
  • Jangan pakai baju hijau di pantai, nanti ditelan ombak
  • Jangan keluar saat hujan deras, nanti diikuti tuyul
  • dan lain-lain
Jika dilihat dari maksud nasehat diatas adalah sebuah perintah yang memiliki maksud tertentu (hal baik) namun metode yang diterapkan ini diluar nalar akal sehat, ditinjau secara agama dan sains.

Inilah Penyebab Mitos Tumbuh Berekembang di Indonesia, sebenarnya masih ada sebab-seba lain namun itu semua bergantung pada jenis sukunya, seperti yang kita ketahui ada ratusan suku masyarakat di indonesia.

0 Response to "Penyebab Mitos Tumbuh Berekembang di Indonesia"

Posting Komentar