Profil Dayah Daruzzahidin

Profile And History
Dayah Daruzzahidin atau Pesantren Daruzzahidin merupakan sebuah wadah Pendidikan Islam yang terletak di Desa Lamceu, Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar, Aceh . Pesantren ini berdiri sejak tahun 1966 yang dipimpin oleh seorang ulama yang bernama Tengku Abdullah, Pesantren ini berdiri kokoh dengan dukungan masyarakat sehingga pembelajaran agama islam berjalan lancar. tidak berbeda dengan mayoritas dayah di tanah Aceh, Daruzzahidin juga mengadopsi sistem Pendidikan Salafiah. mempelajari berbagai kaida ilmu islam dengan sumber kitab-kitab turas atau yang biasa disebut dengan kita kuning.

Profil Dayah Daruzzahidin


Profil Dayah Daruzzahidin


Meskipun lokasi Dayah Daruzzahidin berada pada zona saing di sekelilingnya terdapat berbagai dayah lainnya namun dayah daruzzahidin terus berkembang dan menjadi kebanggaan masyrakat khususnya di mukim Lam Rabo Kecamatan Kuta Baro. Selain menjadi central pendidikan islam, dayah ini juga dijadikan sebagai wadah mufakat kegiatan masyarakat atau kegiatan masyarakat. seperti acara memperingati Hari Besar Islam, Maulid Nabi, Isra' Wal Mi'raz, dan lain-lain. sehingga Dayah Daruzzahidin dikatakan dayahnya masyarakat meskipun dayah ini dipimpin dan dikelola oleh Seorang tokoh.

hal ini dapat dilihat dari antusias masyarakat yang selalu melibatkan pihak pelajar dan pengajar Dayah Daruzzahidin, jika ada acara adat atau musibah serta kegiatan masyrakat lainnya Dayah Daruzzahidin tak pernah luput dari undangan. tidak jarang para santri mengikuti shalat jenazah bersama masyrakat.

Perkembangan Dayah Daruzzahidin 
Disaat terjadinya musibah besar yang menimpa Nangroe Aceh pada tanggal 26 Desember 2004.  sistem ekonomi, pemerintahan dan pendidikan Aceh mulai terganggu dan goyah. khususnya di wilayah kota Banda Aceh dan Aceh Besar. ribuan anak-anak aceh terlantar berpisah dengan sanak keluarga. tidak sedikit juga ditemukan dari masyrakat yang kehilangan harta benda. mereka dilanda kepanikan yang teramat sangat. Keadaan ini meliputi kabupaten Aceh utara, Sigli, Aceh Besar, Sabang, Aceh Jaya dan wilayah Pulo Aceh.

Melihat keadaan yang miris demikian, timbul keinginan Pimpinan Dayah Daruzzahidin untuk merangkul beberapa anak-anak yang memerlukan perlindungan dan pendidikan. pada masa itu kedudukan pimpinan dikendalikan oleh salah satu dari Putra Tgk Abdullah yang bernama Tgk H. Abdurrazak. Lc. Beliau merupakan seorang tholib yang sudah sukses meyelesaikan Pendidikan di Timur Tengah. dan beliau juga sebagi Dosen di Fakultas Adab UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Tgk H. Abdurrazak. Lc memiliki jiwa yang sangat peka terhadap generasi anak-anak Aceh, dalam wawancara kami beliau menuturkan " kualitas Pendidikanlah yang akan membuat kualitas daerah atau negara menjadi lebih baik atau tidak".
Beliau menampung beberapa anak korban tsunami yang berasal dari berbagai daerah Kabupaten Aceh. mayoritasnya adalah anak-anak dari Pulau Aceh. mereka diayomi meskipun masih berada di dalam tenda. karena pada masa itu
Dayah Daruzzahidin belum memiliki bangunan yang cukup untuk menampung dari sekian banyak jumlah anak-anak. Tgk H. Abdurrazak. Lc bermaksud menjadikan mereka sebagai peserta didik di Dayah Daruzzahidin, disinilah cikal bakal pembaharuan yang pesat. ide sang pemimpin disambut dan didukung masyrakat dan berbagai instansi pemerintahan baik dalam ataupun luar negeri. sehingga Dayah Daruzzahidin mendapat pesangon dan bantuan pembangunan dari berbagai instansi.

Setelah memimiliki Gedung dan sarana prasarana, Pimpinan mulai berfikir untuk membuat gebrakan baru. menjadikan Dayah Daruzzahidin sebagi dayah terpadu, memadukan antara pendidikan dayah dan pendidikan pemerintahan. Dalam hal ini tidaklah mudah melaksankannya, berbagai macam tantangan dan kendala yang ditemukan namun Tgk H. Abdurrazak tetap berusaha dan berupaya. dengan keyakinan kuat dan pendirian yang teguh dalam dirinya bahwa rakyat aceh harus bisa menjadi generasi yang unggul dalam berbagai disiplin ilmu. mengutip perktaan beliau " Meskipun nanti para alumni menjadi dokter, namun dia sebagai dokter yang memiliki keimanan dan ketaqwaan yang kuat'.. meskipun dia polisi namun ia adalah polisi yang mengerti, memahami serta mentaati agama islam.

Pada tahun 2008 tercetuslah Alumni pertama, sejak disahkannya Dayah Daruzzahidin sebagai dayah terpadu.  Para Alumni ini sudah berada di berbagai daerah Indonesia melanjutkan studi dan bekerja. namun Alumni pertama ini hanya pada santri putra saja. dan Alumni selanjutnya Graduate 2009 barulah keduanya lengkap Putra dan putri. Tercapailah tujuan yang dinantikan sang pimpinan. tercetak dari dayah ini santri yang memiliki ilmu agama yang kental namun unggul dalam bidang eksat, Bahasa Inggris dan ilmu-ilmu lainnya.

Perkembangan dan pembaharuan yang dilakukan oleh pimpinan tidak terlepas dari dukungan berbagai instansi. beliau mampu berakomodasi menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang dianggap mampu membantu untuk menunjang pendidikan di dayah ini. salah satu bentuk akomodasi dari beliau adalah mendatangkan guru (tenaga pengajar) dari berbagai daerah di Aceh dan diluar daerah Aceh sebagian mereka menetap dan tinggal di komplek dayah Daruzzahidin. 

Keunggulan Dan Presatsi
Pembangunan terus dilakukan, perbaikan asrama, pembenahan fasilitas belajar dan menambah jam pelajaran non formal. hal ini dilakukan untuk menunjang kualiats pendidikan di Daruzzahidin. berdasarkan QS Rangking Dari pemerintah Aceh Dayah Daruzzahidin terakrditas A. 

Salah satu pencapaian yang ditargetkan oleh pimpinan adalah, para santri dan santriwati dayah Daruzzahidin harus mampu menguasai ilmu-ilmu fiqih yang terkandung pada kitab-kitab turas (Kitab Kuning) disamping itu mereka harus memapu berkomunikasi dengan Bahasa Arab, sehingga mampu menunjang pemahaman mereka.

Fasilitas Pendidikan 
Sangat Jarang Ditemukan Pesantren memiliki kurikulum  seperti ini, biasanya hanya berfokus pada salah satunya. singkatnya Daruzzahidin Mengadopsi Pendidikan Salafi dan Modern. namun keduanya tidaklah seimbang, menurut pengakuan para guru di sini. meskipun keduanya ditangguhkan namun persen untuk slafiah lebih ditinggikan, karena bassic awal pesantren ini adalah dayah salafi. Kegiatan non formalnya lebih banyak mengacu ke salafiah.

Daruzzahidin memiliki Dua Jenjang Pendidikan Sekolah, Yaitu SMPIT Daruzzahidin dan MAS Daruzzahidin kedua sekolah ini berada pada satu atap Dayah Daruzzahidin. kegiatan sekolah ini dilaksanakan pada pagi sampai siang haru dan pendidikan salafiahnya diadakan pada malam hari, namun uniknya kelas sekolah dan kelas pengajian berbeda. santri yang berada di kelas 3 SMP di sekolah, dipengajian bisa jadi kelasnya akan berbeda dengan teman-teman yang berbeda pula.

Kegiatan Ekstrakurikuler juga melengkapi aktifitas para santri, ekstrakurikuler dipadukan antara Modern dan Salafiah, seperti, Seni Bela Diri, Pramuka Komputer,Kaligrafi, Dalail Khairat, Berjanji, Kesenian Like (jikir) dan kegiatan lain seperti Muhadatsah, Muhadharah lain-lain. disini juga Para santri dididik untuk bisa berorganisasi. organisasi santri di Daruzzahidin disebut dengan OPDD (Organisasi Pelajar Dayah Daruzzahidin).

Tenaga Pengajar di Dayah Daruzzahidin didatangkan dari berbagai lembaga pendidikan, dari aceh dan luar aceh bahkan luar negri, para guru sekolah berasal dari Universitas-Universitas Besar seperti UIN Syarif Hidayatullah, UII Malaysia, UIN Ar-Raniry, Unsyiah dan Universitas lainnya, sedangkan para guru salafiah diahdirkan dari dayah-dayah ternama, di daerah-daerah yang berbeda, Samalanga, Panton Labu, Selimum, Labuhan Haji dan lain-lain.

Sapa Daruzzahidin
Saat ini Alumni Daruzzahidin sudah berada diberbagai penjuru, tercatat hingga TA ajaran 2015 Daruzzahidin sudah memiliki Alumni tingkat Ke 8, ini dihitung sejak dayah ini menjadi dayah terpadu, namun jika dihitung sejak berdirinya, jumlahnya tidak terhitung dan belum terdata, menurut pengakuan masyarakat sejak tahun 1966 Para santri yang belajar disini datang dan pergi dari berbagai daerah.
Daruzzahidin Berdiri Kokoh hingga sekarang,, Di desa Lamceu Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. didalamnya terdapat Santri-santri yang berasal dari seluruh Kabupaten di Aceh. 

Bografi Pesantren:
Nama Lembaga : Dayah Daruzzahidin
Pimpinan          : Tgk. H. Abdurrazak, L.c
Jenis Instansi    : Swasta
Akreditas          : A
Website Resmi   : https://daruzzahidin.wordpress.com/


Sumber : Tgk Safrizal Moehammad

0 Response to "Profil Dayah Daruzzahidin"

Posting Komentar