Profil Pesantren Darul Arafah Raya Sumatra Utara



Profil Pesantren Darulrafah. Darul Arafah adalah sebuah tempat pendidikan agama islam yang bebasic modern. Darul Arafah memiliki potensi besar diantara Pesantren Modern yang ada di Propinsi Sumatras Utara dan menjadi kebanggan tersendiri bagi para pelajar muslim di kota medan dan sekitarnya sampai kepada provinsi-provinsi yang ada di pulau sumatra. hal ini dilihat dari jumlah santri dan santriwati yang datang dari beberapa daerah untuk belajar disini. Peantren ini dipadati oleh pelajar yang berasal dari Aceh, Sumtra Utara, Sumtra Barat, Sumtra Selatan dan beberapa pelajar dari pulau jawa.


Profil Pesantren Darul Arafah Raya Sumatra Utara


Profil Pesantren Darul Arafah Raya

Sejarah Berdirinya Pesantren Darul Arafah
Pesantren Darul Arafah didrikan pada tahun 1985, Pendirian pesantren ini merupakan inspirasi dari Bapak Amrullah Naga Lubis yang menyekolahkan anaknya di Pondok Pesantren Modern Gontor Ponorogo di jawa timur.  Pesantren Darul Arafah terletak di Desa Lau Bekeri Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara. 

Pada tahun 1985 Bapak Amrullah Naga Lubis meletakkan batu pertama yang didukung oleh beberapa instansi beberapa pengajar dari Gontor dan keluarga. pembangunan pertama didirikan sebuah asrama yang dinamakan asrama Agustus. didasari dari bulan pembangunan asrma ini.  pada tanggal 8 Mei 1986 Bertetapan pada 26 Sya'ban 1706 Hijriyah, Pesantren Darul Arafah membuka pendaftaran khusus untuk pelajar putra angkatan pertama.

Diantara bulan April-Mei 1996 pembangunan terus dilakukan selain asrama dibangun beberapa gedung lainnya. aula, mushollah,  ruang kegiatan perumahan guru dan dapur umum. Pembangunan ini didampingi dan didukukung oleh Ibu Hj. Ainun Habibie yang menjabat sebagai Ibu negara pada saat itu. pada tanggal 30 september 1986 Pesantren Darul Arafah diresmikan.

Perkembangan Pesantren Darul Arafah
Sejak awal berdirinya Pesantren Darul Arafah terus berkembang dan mendapat dukungan dari berbagai pihak, perkembangan ini meliputi penambahan fasilitas, penambahan pelajar dan tenaga pengajar. dan pembukaan pendaftran bagi santriwati. 

Namun ada hal unik dari Pesantren Darul Arafah, biasanya segenap pesantren di indonesia menyebut pelajar putri dengan santriwati namun disini disebut dengan "Dyah" menurut pendiri pesantren sebutan ini berarti panggilan bagi keturuan bangsawan. dan komplek pelajar putri disebut dengan "Galih Agung" istilah ini diambil dari bahasa kuno artinya : jiwa yang agung atau inti yang agung.


Pendidikan pada awalnya hanya memfasilitasi tingkat SMP dan SMA. dan seiring perkembangannya Pimpinan Pesantren Darul Arafah Mendirikan sebuah Perguruan tinggi. yang disebut dengan STAIDA (sekolah Tinggi Agama Islam Darul Arafah). Perguruan tinggi ini dipenuhi oleh mahasiswa dari berbagai wilayah, dari masyrakat sekitar pondok, para alumni dan mahasiswa dari luar kecamatan kuralimbaru dan kota medan.

Tidak hanya sampai disitu. pembangunan terus dilakukan, mendirikan Pendidikan sekolah Dasar dan Tk, kedua ini dinamakan TK Arafah dan SD Arafah, ini merupakan prestasi yang luar biasa dari seorang pendiri pesantren, dari TK sampai perguruan tinggi ada di komplek pesantren darul arafah. dan ternyata Darul Arafah tidak puas dengan itu. didirikan lagi komplek pendidikan bagi Siswa Unggul, Siswa Tahfiz dan Siswa salafi.

Seiring usianya yang bertambah, prestasi Pesantren Darul Arafah semakin mencuat. dalam berbagai bidang,  pesantren ini memiliki andil dan pengaruh yang besar di masyarakat sampai kepada instansi Nasional. tidak heran Pesantren ini sering dikunjungi oleh pejabat negara Seperti Mentri RI para   pendakwah terkenal bahkan Nasyid dari negri malaya Raihan pernah berkunjung ke pesantren ini. Jika hanya pejabat Daerah Provinsi terbilang sering berkunjung ke pesantren ini. 
Mengutip dari pernyatan santri yang kami wawancarai di tahun 2009
"Di Darul Arafah lah aku bisa melihat orang-orang besar secara langsung"

Presentasi dari Prestasi darul Arafah meliputi Pengajaran, Pendidikan, Ekstrakurikuler, Wirausaha, Ilmu agama, Bahasa, Hasil Produksi Pelajar, management dan lain-lain. Oleh karena itu Pesantren Darul Arafah kerap dijadikan sebagai wadah penelitian oleh para mahasiswa dan peneliti khusus.

Tujuan Utama Pendirian Pesantren Darul Arafah adalah untuk mencetus generasi Ulama yang agli dalam bidang Ilmu Agama Islam, namun perkembangannya tidak hanya sampai distu namun merangkup ke Ilmu-lmu lainnya seperti Sosial, Eksakta dan Ekonomi. hal ini dilihat dari presentase para alumni yang berhasil meraih prestasi terbaik di beberapa Iniversitas ternama di Indonesia. dilihat juga dari alumni yang berkarir dalam bidang Perdagangan, Bisnis, Dosen dan Penilis, selain itu tidak sedikit juga dari para alumni yang menjang karir di bidang kemiliteran.
Dan Para alumni ini tidak hanya berpresatasi di Universitas tingkat Nasional bahkan di Universitas-universitas di luar negri sangat banyak ditemukan para alumninya. seperti Malaysia, Singapura, India, tailand, Mesir , Mekkah, Yaman, Australia, Amerika, Belanda dan negara-negara lainnya meskipun di tanah eropa hanya ditemukan dengan jumlah hitungan jari namun tidak menutup kemungkinan untuk terus bertambah.

Pesantren Darul Arafah tidak hanya memberi fasilitas kepada pelajarnya namun para tamu juga dimuliakan disini.  Pesantren Darul Arafah selalu memberikan suasana terbaik bagi yang berkunjung ke dalamnya.  Klinik dan wisma penginapan disediakan bagi para visitor dan masyarakat sekitarnya.

Goresan Pena Untuk Arafah
Pesantrean Darul Arafah tetap berdiri kokoh sampai sekarang, setiap masa selalu ada perubahan menjadi lebih baik. para alumninya selalu dibuat terkesan dan terkagum bahkan bingung jika bekunjung kembali ke arafah, melihat geudng yang semakin bertambah, sarana-prasarana yang semakin berkembang, jumlah pelajar yang semakin membuldak. semua itu memberi kesan tersendiri rasa bangga karena sudah belajar disini.

Profil Pesantren Darul Arafah Raya

Sampai sekarang kebanggan ini selalu tertanam dihati, dilihat dari para alumni yang selalu melakukan kegiatan sosialisa mengatas namakan Alumni Darul Arafah, Reuni Alumni Selalu dibentuk baik di dalam ataupun di luar negri. diperantauan pun kami berada akan terasa aman dan terjaga disaat kami tahu di daerah perantauan ini ada alumni Darul Arafah.  

Selain itu para Alumni yang bergerak di bidang usaha atau bisnis kerap memakai nama usahanya dengan "Arafah" di Aceh dan di Sumatra Utara hal ini bisa dilihat, dimulai dari Cv.Arafah, Arafah Perfume, Arafah Cell. Arafah Futsal, Arafah  Sports,  ArafahCake & Bekeri, samapai ke Arafah Bakso ada ditemukan.

Teringat sebuah kata yang pernah diucapkan oleh Bapak Pendiri Pesantren Darul Arafah:
Masa tua anda itu bisa dilihat dan dibuktikan, di saat menjadi seorang alumni dan  anda berkunjung ke Darul Arafah tidak ada santri lagi yang mengenali anda.

Faktanya: saat anda berada di kelas 6 sebagai santri akhir. santri yang mengenali anda itu adalah seluruh santri dari kelas 1 sampai kelas 5. namun jika yang kelas 1 itu sudah menjadi alumni berarti anda sudah tua dan harus sadar.

Biodata Pesantren Darul Arafah Raya
Nama Sekolah: Pondok Pesantren Darul Arafah Raya
Pendiri           : Amrullah Naga Lubis
Jenis Instansi : swasta
Pimpinan       : H.Indra Perkasa Lubis. M.A
Website         : http://darularafahraya.ac.id/


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Profil Pesantren Darul Arafah Raya Sumatra Utara"

Posting Komentar