UIN Ar-Raniry Aceh Profil Kampus dan Sejarah Berdiri

Sejarah Berdirinya UIN Ar-Raniry Aceh.
UIN Ar-Raniry Aceh Profil Kampus dan Sejarah Berdiri - Sebutan Ar-Raniry merupakan nama dari sebuah ulama besar yang berpengaruh pada kerajaan aceh pada pemerintahan Sultan Iskandar Tsani, beliau adalah seorang mufti, nama lengkap ulama tersebut adalah Syeikh Nuruddin Ar-Raniry, menurut sejarah ia berasal dari Ranir bagian daerah di india (Gujarat), tempat itu sekarang dikenal dengan Rander, ulama ini memberikan beberapa kontribusi terhadap pengembangan ajaran islam di aceh pada masa itu.

UIN Ar-Raniry Aceh Profil Kampus dan Sejarah Berdiri


UIN Ar-Raniry Aceh Profil Kampus dan Sejarah Berdiri


UIN Ar-Raniry Aceh banyak mengalami perubahan sehinnga menjadi Universitas Islam yang dikenal di pulau sumatra khususnya, pada awal universitas ini dibentuk sejak tahun 1960, didirikan sebuah fakultas yaitu fakultas Syari'ah dilanjutkan dengan fakultas Tarbiyah pada tahun 1962. kedua fakultas ini merupakan cabang dari IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, di tahun yang sama, dibangun sebuah fakultas swata di Banda Aceh yaitu fakltas Ushuluddin, inilah yang akan menjadi cikal bakal berkembangan dan pembaharuan perguruan tinggi ini, beberapa tahu kemudian ketiga fakultas ini digabungkan dan dijadikan cabang atau berinduk IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, ini hanya berlangsung selama enam bulan, Berdasarkan keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 89 Tahun 1963 Ketiga fakultas ini diresmikan menjadi IAIN Ar-Raniry, peristiwa ini berlangsung pada tanggal 05 Oktober 1963. peresmiannya langsung dilakukan oleh kepala menteri RI pada masa itu, K.H Saifuddin Zuhri.


Suatu kebanggan bagi masyarakat Aceh, IAIN Ar-Araniry adalah Institut Islam yang ketiga didirikan di Indonesia setelah IAIN Syarif Hidayatullah dan IAIN Sunan Kalijaga, ini memebrikan tanda bahwa masyarakat Aceh sangat peduli dengan pendidikan Islam.
Setelah Lima tahun berlangsung Sebagai IAIN Ar-Raniry, di tahun 1968 didirikan sebuah fakultas yaitu fakultas Dakwah, dan fakultas ini menjadi fakultas yang pertama kalinya didirikan di Indonesia, Pada tahun yang sama IAIN Ar-Raniry diberikan amanah untuk menjadi induk dari fakultas Syari'ah dan Tarbiyah negeri di medan, dari sinilah terbentuknya IAIN Sumatra Utara.
Setelah berlangsung selama lima tahun, pada tahun 1983 IAIN Ar-Raniry menambah sebuah fakultas baru yaitu fakultas Adab dan diresmikan pada tahun itu pula.

Bertepatan pada tanggal 5 Oktober di tahun 2013, IAIN Ar-Raniry mampu merubah gelar kampusnya menjadi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (UIN Ar-Raniry). tahun ini disebut dengan tahun emas,berdasarkan PERPRES No. 64 Tahun 2013 yang dikeluarkan, Ar-Raniry diberikan restu secara nasional merubah gelarnya dari Institut menjadi Universitas. ini merupakan prestasi yang cukub bagus.

Keunggulan dan Prestasi
Sejak awal didirikannya IAIN Ar-Raniry memiliki banyak siswa yang berpengaruh dalam dunia pendidikan. tidak sedikit para pelajar dari IAIN Ar-Raniry melanjutkan pendidikan di Timur tengah dan negara-negara barat. ini menandakan bahwa IAIN Ar-Raniry tidak hanya mampu bersaing dengan universitas islam lainnya namun bisa dikatakan mahasiswa dari kampus Ar-Raniry mampu bersaing dengan Universitas Umum.

Proses berkembangan IAIN Ar-Raniry bisa dikatakan cepat hingga menjadi UIN Ar-Raniry, ini tidak terlepas dari usaha para dosen dan prestasi mahasiswanya yang membuat nama
Ar-Raniry mencuat di berbagai negara dan nasional.

UIN Ar-Raniry dikenal sebagai wadah pendidikan islam di Aceh pada tingkat perguruantinggi, salah satu keunggulan dari universitas ini adalah dakwah, bahasa, hukum syari'ah dan Tarbiyah, ini dapat dilihat banyak dari alumni yang menduduki tempat-tempat terpenting pada pemerintahan Aceh khususnya, luar daerah dan bahkan sampai ke manca negara.
Mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan disini, akan ditempa untuk memahami agama islam, pendidikan ini diberikan sejak awal kuliah, diajarkan bahasa asing dan para mahasiswa di asramakan, semua aturan ini berlaku untuk seluruh jurusan yang dipilih mahasiswa dan tanpa terkecuali. 

UIN Ar-Raniry sudah mendapat berbagai prestasi nasional dan internasional, tidak sedikit dari guru besar unversitas-universitas ternama di eropa dan timur tengah berkunjung ke kampus UIN Ar-Raniry, untuk menjalin kerja sama, seminar internasional atau sekedar membuka perdebatan kecil dengan para mahasiswa. hal ini mereka lakukan karena rasa kagum terhadap para kemampuan alumni Ar-Raniry yang sudah berada di negara mereka.

Prestasi dalam bidang agama sudah diakui secara internasional, tercatat secak tahun 1990
UIN Ar-Raniry sudah menampung mahasiswa yang berasal dari negeri dari Malaysia. sampai sekarang para mahasiswa ini terus berdatangan.

Fasilitas Pendidikan
UIN Ar-Raniry memiliki 5 fakultas yang sudah diakui dan dikenal di seluruh plosok negeri:
  • Fakultas Tarbiyah
  • Fakultas Dakwah
  • Fakultas Ushuluddin
  • Fakultas Syari'ah
  • Fakultas Adab 
Dan ini akan terus berkembang dan bertambah seperti UIN lainnya di indonesia, tercatat pada tahun 2014 UIN Ar-Raniry menambah berbagai jurusan di fakultas trabiyah dan fakultas lainnya, ini dilakukan agar ruang lingkup pendidikan di universitas ini akan semakin meluas.

Para mahasiswa di fasilitasi dengan guru besar yang profesional , beberapa dosen didatangkan dari luar dan dalam negeri. 
fasilitas belajar lainnya seperti kelas, perpustakaan, pusat kegiatan mahasiswa, ruangan pertemuan dan lain-lain disediakan untuk kepuasan bagi mahasiswa untuk menunjang pendidikan yang efektif. 

Selain itu UIN Ar-Raniry juga memiliki jenjang pendidikan program pascasarjana, pada tingkat pendidikan ini ada dua jenjang yaitu, program magister dan program doktor. didirikan berbagai konsentrasi dan terus berkembang setiap tahunnya.

UIN Ar-Raniry difasilitasi dengan gedung yang bernuansa timur tengah dan hindia, anda akan terkesima dengan gedung-gedung dikampus UIN Ar-Raniry, gudung-gedung ini sudah jauh berubah sejak terjadinya musibah tsunami pada tahun 2004 dan disempurnakan pada tahun 2012. 

Beasiswa UIN Ar-Raniry Aceh Beasiswa

Jika anda ingin kuliah di UIN Ar-Raniry Aceh, dengan jalur beasiswa, anda harus peka terhadap informasi, Program beasiswa yang terlaksana setiap tahunnya untuk kuliah di UIN Ar-Raniry Aceh bermacam-macam, ini berlaku untuk semua jenjang pendidikan sarjana dan pascasarjana. beasiswa yang tersedia setiap tahunnya biasanya didapatkan 80% dari mahasiswa ini merupakan beasiswa kurang mampu dan prestasi. ini didapatkan jika sudah terdaftar sebagai mahasiswa di UIN Ar-Raniry Aceh .

Beasiswa lainnya bisa anda dapatkan dari kabupaten/Kota madya asal anda berada, di dinas pendidikan atau instansi lainnya, selain itu untuk beasiswa full dari awal kuliah biasanya di cetus oleh LPSDM Aceh, silahkan kunjungi situs resminya : http://lpsdm.acehprov.go.id/
Jika anda ingin beasiswa langsung dari pihak UIN Ar-Raniry Aceh anda bisa merujuk ke situs resmi UIN Ar-Raniry Aceh, dengan mengunjunginya, anda akan mendapatkan informasi terkini, silahkan merujuk ke : http://uin.ar-raniry.ac.id/

Perlu kami sampaikan kepada anda, bahwa jika memang ada beasiswa yang diselenggarakan oleh berbagai pihak instansi untuk mahasiswa  UIN Ar-Raniry Aceh atau beasiswa langsung dari pihak  UIN Ar-Raniry Aceh itu tidaklah bersifat permanen, dan programnya terus mengalami perubahan. tapi jika anda terus berusaha Insya Allah usaha anda tidak akan sia-sia untuk kuliah dia  UIN Ar-Raniry Aceh. menurut pengakuan dari beberapa alumni, anda juga akan mendapatkan beasiswa jika anda seorang hahfiz  Al-Aqur'an. kami sarankan agar anda tanggap dari semua informasi tentang beasiswa UIN Ar-Raniry Aceh.

0 Response to "UIN Ar-Raniry Aceh Profil Kampus dan Sejarah Berdiri"

Posting Komentar