4 Alasan Orang Tidak Berpuasa di Bulan Ramadhan

4 Alasan Orang Tidak Berpuasa di Bulan Ramadhan - Hukum Puasa di bulan Ramadhan adalah wajib, umat islam yang mengetahui dan sudah mempelajari posisi ibadah puasa ini maka sejatinya mereka tidak akan berani menginggalkan puasa, bahkan tetap memaksakan diri untuk berpuasa meskipun dalam keadaan sakit ataus musafir.

4 Alasan Orang Tidak Berpuasa di Bulan Ramadhan

 

Kenapa ada juga orang yang tidak berpuasa di bulan ramadhan.? kenapa mereka berani menentang aturan Allah, begitu penting puasa ini bagi mereka dan balasan murka Allah jika mereka tidak melakasanakannya. dalam hal ini kami merangkumnya ada 4 Alasan Orang Tidak Berpuasa di Bulan Ramadhan.

1. Orang yang biasa tidak Shalat
Shalat dan puasa hukumnya wajib dan termasuk dalam rukun islam, sebagian umat muslim yang tidak berpuasa di bulan ramadhan tentunya mereka juga terbiasa meninggalkan aturan atau perintah Allah lainnya. Orang sudah terbiasa tidak mengerjakan shalat maka mungkin juga ia akan mudah meninggalkan kewajiban puasa.


 

Namun ini juga tidak berlakuk bagi semua orang, ada juga umat muslim yang tidak shalat namun puasanya tetap diamalkan, mungkin karena faktor lingkungan atau karena ibadah ini jarang hanya ditemukan satu kali dalam satu tahun. Tapi tetap saja ibadahnya termasuk dalam kategori pincang, Shalat tidak puasa iya, padahal shalat itu sendiri tiang agama.

2. Faktor Keluarga dan Lingkungan
Orang yang sudah dewasa kerap meninggalkan ibadah puasa, tentunya mereka sudah terbiasa sejak kecil mengannggap remeh ibdah puasa di bulan ramadhan, keluarga dan lingkungan sangat mempengaruhi, seorang anak jika dalam keluarganya tidak diberikan pendidikan dan pengajaran agama oleh orang tua maka anak tersebut akan mudah goyah dan terpengaruh.

Puasa itu harus dibiasakan sejak dini, sejak anak berusia 8 tahun harus dibina, jika orang tua dan lingkungannya tidak memberikan contoh baik, maka sang anak akan terikut-ikut.

3. Fobia atau Khawatir
Sebenarnya ini juga tidak bisa dijadikan alasan orang tidak berpuasa, Fobia dan kekhawatiran bisa timbul akibat tidak mendapatkan poin nomor 2 diatas, sangat takut dengan kondisi tubuhnya, bagaimana jika nanti kehausan, kepanasan pasti tubuh sakit, ketakutan menghantui dirinya, akhirnya tidak berpuasa dan terbiasa dengan itu.

4. Pengaruh Ucapan
Rasa cinta dan sayang tidak selamanya memberikan efek baik bagi manusia, ada kalanya seseorang punya niat kuat untuk berpuasa, meskipun tubuhnya tidak sehat total namun ia yakin mampu dan sanggup untuk berpuasa, disini terkadang terjadi kesalahan dari orang tua atau orang terdekat. dengan menagatakan:

hari ini tidak usah aja puasa,,, 
Puasa kamu di selang seling aja biar sehat

Sebenarnya ini adalah jeratan syaitan untuk tidak berpuasa, Jika kita sudah ada keyakinan untuk melakukan ibadah maka Allah tidak mungkin membiarkan kita dalam ketidak mampuan, terkecuali memang kita betul-bertu merasakan sakit yang parah, disaat orang tua kita menyatakan kata-kata diatas, semua itu berlandaskan kasih sanyangnya pada anak, namun prinsip orang tua seperti itu adalah orang tua yang kurang ilmu Agama.



Ini lah penjelasan seputar 4 Alasan Orang Tidak Berpuasa di Bulan Ramadhan, semoga bermanfaat.

0 Response to "4 Alasan Orang Tidak Berpuasa di Bulan Ramadhan"

Posting Komentar