Cara Membangun Usaha Dagang

Cara Membangun Usaha Dagang -  Berdagang merupakan salah satu jalan terbaik untuk memperbanyak harta, lebih terjamin dan dinamis, berbeda halnya dengan mengais kekayaan dari pangkat dan jabatan tidak semua orang bisa mencapainya. jika anda sudah membuat keputusan untuk membangun Usaha Dagang ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dan dipersiapkan. 


Cara Membangun Usaha Dagang 

Cara Membangun Usaha Dagang

Membangun usaha dagang tidak sulit dan sangat simpel, kenapa banyak kita temukan kemerosotan atau kegagalan dari orang-orang itu semua karena planing dan persiapan yang tidak kuat, selain itu kerap orang membangun usaha berdagang dimulai dari ikut-ikutan dan niat bersaing, jadi usaha yang ia bangun bukan memberikan kenyamanan malah menyiksa dirinya sendiri.


Cara Membangun Usaha Dagang  

 


Perhatikan Modal
Ini adalah tahapan paling awal, syarat utama dalam membangun usaha dagang adalah moda, disini anda harus paham betul, banyak orang yang memaksakan diri untuk modal besar diluar kemampuannya sehingga melakukan tindakan nekat seperti meminjam ke Bank, perusahaan atau teman, sebenarnya tidak menjadi masalah jika anda melakukan pinjaman namun anda harus bisa memastikan 80% usaha anda itu akan menutupi angsuran anda, terkadang orang hanya memikirkan asal usahanya jalan tapi tidak ada planing pertimbangan matang sehingga berujung pada kemerosotan drastis.

Bacaan Populer :Langkah Sukses dalam Bisnis

Untuk membangun usaha dagang sebenarnya bisa dimulai dengan modal kecil, namun itu harus telaten dalam mengolahnya maksudnya anda harus ada keahlian dalam membangun langkah per langkah. untuk lebih jelas baca persiapan selanjutnya

Keahlian Pribadi
Usaha dagang apapun yang anda bangun jika anda tidak punya keahlian atau hobi dalam bidang itu maka itu akan memperjauh jarak anda dari kesuksesan, nah, perdagangan apa yang anda kuasai dan anda minati, disini anda harus mengerti bahwa usaha itu adalah perjalanan, jadi anda harus menikmati perjalanan anda sehingga mudah sampai pada tujuan.

Jika anda ahli dalam memasak, anda bisa membangun usaha menjual gorengan dengan modal sedikit anda juga menikmati pekerjaan anda, itulah contoh kongkritnya, tidak sedikit orang sukses membuka toko makanan di berbagai cabangb bermula dari berjualan gorengan.

Pahami Situasi
Setelah anda punya modal dan keahlian, pahami situasi dimana anda ingin membuka usaha dagang anda, jika anda ingin membuka di rumah anda sendiri itu lebih baik, namun jika harus menyewa toko tentunya anda harus berifiki dengan matang karena modal anda menyewa toko tidak sedikit, nah disini anda harus tau pemasaran barang dagang yang ingin anda jual, jika ternyata lokasinya tidak strategis maka sebaiknya anda mencari tempat lain, lokasi strategis dalam membangun usaha dagang 60% memberikan peluang sukses.

Usaha dangang tentunya membutuhkan tempat yang strategis seperti keramaian, persimpangan dan lokasi yang mendatangkan banyak orang.

Management Keuangan
Banyak orang bertanya-tanya, kenapa orang cina cepat kaya dan sukses dalam setiap bisnis dagangnya, sebenarnya mereka itu konsisten dan teliti dalam mengatur management waktu dan keungan mereka, membuka toko sepagi mungkin dan mencatat segala pengeluaran meskipun itu pengeluaran biaya makan karyawan dan pengeluran cuma-cuma. 

Dengan ketelitian dari setiap pemasukan dan pengeluaran dapat mengcover tindakan, seperti kehati-hatian dalam memutar uang, untuk lebih jelasnya seperti, jika anda mengetahui pengeluaran dan pendapatan kotor dan bersih maka anda tahu perputaran uang anda setiap waktu, sehingga anda tidak semberono dalam mengeluarkan dana.

Kasus yang kerap terjadi khusunya di indonesia, tidak terlalu mempertimbangkan pengeluaran kecil, seperti anaknya minta jajan sekolah, padahal jumlah anaknya ada 6 orang dan uang yang diberikan tentunya berbeda jumlahnya, selain itu terkadang ada keinginan beli makanan atau beli kebutuhan keluarga uang diambil dari hasil pendapatan usaha, ini semua tidak terdata dan tercatat, jadi kerap beranggapan pendapatan masih banyak. ini meruapakan kekeliruan besar.

Usaha dagang itu harus teliti dan cermat, setiap harinya anda harus menghitung pendapatan dan pengeluaran anda, inilah yang dimaksud dengan management keuangan.

Jujur dan Terbuka
Dalam Membangun Usaha Dagang anda harus jujur dan tidak tertutup seputar kualitas barang dagangan anda, pedagang yang tidak jujur tidak akan bertahan lama dan akan berimbas buruk pada diri dan keluarganya.

Alasan orang tidak terbuka, takkut dagangan tidak laku dan bangkrut, perlu kita ketahui bersama bahwa setiap usaha yang kita lakukan tentunya ada resiko, seperti orang jualan kue, tidak mungkin semua kuenya laku terjual, jika dia menjualnya esok hari tentunya kue itu basi, maka dilakukan cara agar kue itu tetap bertahan, ini merupakan tindakan yang merugikan pedangan itu sendiri.

Jikapun anda punya dagangan tidak laku terjual maka berikan dagangan anda kepada orang membutuhkan, misalkan anda berjualan kue, ana bisa bersedekah kepada pengemis di jalanan.

Ramah dan Pelayanan terbaik
Ini tidak kalah penting, dalam membangun usaha dagang anda membutuhkan jaringan luas, semua itu bisa anda capai dengan keramahan dan pelayanan anda terhadap konsumen, tidak heran jika ada pedagang yang didatangi banyak orang meskipun jauh tempatnya hanya karena ia ramah dan melayani konsumen dengan baik.

Belanja itu membutuhkan kenyamanan, jika anda ingi pelanggan anda merasa nyaman maka anda harus berkomunikasi dengan baik, membuat mereka tertarik dan puas dari segenap pelayanan anda.

 
Kesimpulan
Membangun Usaha Dagang tidak mesti dengan modal besar, anda bisa memulianya dengan modal kecil. Setiap usaha dagang yang akan anda bangun anda harus punya keahlian, pemahaman terhadap bisnis tersebut, selain itu anda juga harus mengetahui pemasaran barang dagangan anda dengan memilih tempat yang strategis.

Disaat usaha dagang anda sudah berjalan, hitunglah pendapatan dan pengeluaran anda secara cermat untuk mengatasi kerugian dan kebangkrutan, teruslah bangun usaha anda dengan kejujuran, keramahan dan pelayanan terbaik terhadap konsumen. 

Demikianlah sedikit tips dan informasi seputar Cara Membangun Usaha Dagang, semoga bisa menjadi manfaat.

0 Response to "Cara Membangun Usaha Dagang "

Posting Komentar