Cara Mendidik Anak untuk Berpuasa

Cara Mendidik Anak untuk Berpuasa -  Puasa merupakan ibadah yang bisa dikatakan termasuk dalam kategori ibadah berat, dimana manusia harus menahan diri dari lapar, haus, dahaga dan menahan hawa nafsu, kebanyakan umat muslim yang enggan untuk melaksanakan ibadah puasa karena pemikiran yang terlalu berlebihan, membayangkan bagaimana nanti menahan haus di siang hari, padahal jika dilaksanakan tidak ada masalah, hanya saja perlu pembiasaan diri.

Cara Mendidik Anak untuk Berpuasa

Cara Mendidik Anak untuk Berpuasa

Ibadah puasa harus dibiasakan sejak kecil, sebelum balikh, Mendidik Anak untuk Berpuasa adalah tugas orang tua dan guru, memberikan pembelajaran dan pendidikan pada pemahaman ibaah puasa dan memberikan semangat untuk melaksanakannya, jika dari kecil tidak diajarkan dan tidak terbiasa maka ketika sang anak menginjak usia dewasa akan mudah baginya meninggalkan ibadah puasa.

Ada beberapa strategi jitu yang dapat dilakukan orang tua dirumah untuk Mendidik Anak agar mau Berpuasa. kami merangkumnya dalam situs zonapendidikan.com, sebagai berikut:

Berikan Contoh
Jika anda ingin anak anda berpuasa tentunya anda juga harus berpuasa, memperlihatkan kepada sang anak bahwa ibadah puasa itu sangat penting dan hukumnya wajib, banyak orang  tuasalah paham, menitipkan anaknya di pesantren kilat di bulan ramadhan berharap agar anaknya melakasanakan ibadah puasa dengan bimbingan ustaz, namun dia sendiri tidak berpuasa, jika si anak tahu maka ini akan menjadi efek buruk bagi si anak. 

Jangan Mengancam atau Menakut-Menakuti
Pendidikan usia dini tidak pantas dan tidak seharusnya dilakukan dengan metode menakut-nakuti anak, memberikan ancaman pada si anak juga akan memberikan efek tidak baik bagi karakternya, berikanlah pembelajaran tentang pentingnya ibadah puasa.

Ikut sertakan Sahur dan Berbuka
Ajak dan bangunkan anak anda pada saat anda ingin menyantap sahur, makanlah bersama keluarga. upayakan si anak untuk mau bergabung, begitu juga saat berbuka ikutsertakan anak anda.

Berikan Reword
Motivasi terus anak anda untuk berpuasa, berikan hadiah kepada jika ia mau melakasanakannya meskipun hanya setengah hari, yang terpenting jangan ada kesan yang mengandung paksaan.

Anda juga bisa memberikan motivasi berupaya janji, misalkan anda akan menyediakan makanan enak kesukaannya jika ia mau berpuasa, namun hal ini tentunya harus disampaikan dengan bahaa yang baik.

Lingkungan
Jika anda berada pada lingkungan diantara oran-orang yang tidak berpuasa maka ini akan semakin sulit, oleh karena itu upayakan anak anda mendapat motivasi untuk berpuasa baik secara internal dan ekseternal. 

Berdoa
Mintalah kepada Allah agar anak mau dan mampu untuk berpuasa, jangan pernah berhenti memohon dan berharap agar anak anda menjadi anak yang sholeh dan sholehah.

Demikianlah sedikit pembahasan seputar Cara Mendidik Anak untuk Berpuasa, semoga bisa menjadi manfaat.

0 Response to "Cara Mendidik Anak untuk Berpuasa"

Posting Komentar