Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Pada HP Android

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Pada HP Android - Hp jenis Smartphone dan android memang sudah menjadi kebutuhan primer bagi berbagai lapisan  masyarakat, dilihat dari maraknya penjualan android dan smartphone di negara ini semakin meningkat secara siginifikan, merek apapun ditelan habis di pasaran,  karena memang android ini menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat seperti fitur dan aplikasi, ada banyak aplikasi yang bisa dinikmati bahkan puluhan ribu aplikasi, namun semua itu bergantung pada memori internal android itu sendiri seberapa kuat menampung data aplikasi.


Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Pada HP Android



Memori Internal Penuh memang sangat menjengkelkan, dimana kita tidak bisa menambah data, kecuali memindahkan atau menghapusnya, pernahkah anda mengalami saat anda ingin mengambil gambar dengan kamera anda tiba-tiba ada nota pemberitahuan "Memori Penuh" atau anda ingin mengunduh aplikasi di playstore namun "tidak ada ruang penyimpanan yang cukup" atau tiba-tiba setiap anda mengunakan aplikasi terjadi error dan tidak berjalan lancar seperti biasa, nah ini dia penyebabnya adalah Memori Internal Penuh.

Apakah itu Memori Internal.?
Hanya sekedar informai, Memori Internal internal adalah memori bawaan dari mesin HP, memori kecil yang bisa dilepas itu namanya memori eksternal.

Biasa kendala Memori Internal Penuh kerap terjadi pada HP Oppo dan hp android yang rendah kapasitas ram dan memorinya. kenapa Hp Oppo kerap mengalami masalah ini, saya juga kurang tahu, informasi yang saya dapatkan dari diskusi forum atau situs lainnya mengeluhkan Oppo kerap mengalami masalah itu khususnya Oppo R1001 atau yang biasa dikenal dengan Oppo Joy ini merupakan tipe yang paling banyak dimiliki kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat, jika tipe diatasnya tidak ada masalah.


Memori Internal Penuh pada Oppo memang sangat membingungkan, terkadang saat kita memeriksa kapasitas memori internalnya, tercatat ada banyak ruang, masih ada ruang kosong untuk data, namun saat kita ingin mengunduh aplikasi di Playstore kerap ada pemberitahuan "ruang penyimpanan tidak cukup" bahkan jika dihapus aplikasi lain pun tetap tidak bisa.

Saya membeli Hp Oppo, pada saat awal saya beli didalamnya sudah terinstall beberapa aplikasi seperti Facebook, Chat Facebook, BBM, Wahtasapp, Line, beberapa Game. namun beberapa bulan kemudian beberapa fiturnya lelet dan ada pemeberitahuan sistem penyimpanan penuh, saya pindahkan data seperti foto dan video ke memori ekternal dan menghapus beberapa aplikasi namun tetap tetap saja begitu, saya ambil keputusan untu mereset Hp, tentunya semua data terhapus dan saya unduh lagi aplikasi baru, begitu terus saya lakukan sampai sekarang saya menemukan jalan keluar.


Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Pada HP Android

Jika anda belum ada uang jangan paksakan untuk beli HP mahal, nikmati saja yang ada, nanti kalau sudah ada  rezeki barulah beli hp yang anda inginkan disini saya menimpulkan solusi bagi anda yang kerap mengalami Memori Internal Penuh.

1. Periksa Berkas Fitur Pengelola File
Fitus ini tersedia di Menu, silahkan anda periksa, mungkin saja ada data yang anda unduh dari internet, kiriman Bloethoot, atau File lainnya yang anda anggap tidak penting hapus segera. biasanya ada data lawas yang nangkring disini sehingga menyebabkan  Memori Internal menjadi Penuh

2. Masuk Ke pengaturan "Penyimpanan"
Langkah selanjutnya anda masuk ke setting "pengaturan/stelan" pilih dan klik "penyimpanan" disini anda bisa melihat kapasitas memori internal dan eksternal segera pilih "lokasi pemasangan yang disukai" ubah menjadi "Kartu SD" ini adalah settingan dimana setiap penyimpanan dari aplikasi sperti foto, video atau file kiriman secara otomatis masuk ke memori eksternal.

3.  Masuk Ke pengaturan "Kelola Aplikasi"
Masih di pengaturan namun anda berpindah ke bagian "kelola Aplikasi" biasanya ini berada  tepat di bawah "penyimpanan" nah disini anda menemukan ada 3 bagian , 1 Menjalankan 2 Diinstal 3 Semua. yang perlu anda kili adalah yang ke dua.
Disni ada daftar seluruh aplikasi yang terinstall dai Hp android anda, buka satu aplikasi denga menklik gambarnya (bukan pada panel copot pemasangan). ketika data aplikasi terbuka lihat di bagian panel  "chace" langsung klik Hapus "chace" lakukan itu pada semua aplikasi.

4. Pindahkan Aplikasi ke memori eksternal
Masih berada pada bagian kelola aplikasi tadi, setelah anda menghapus chace maka anda pindahkan aplikasi ke meori eksternal, tempatnya tepat diatas panel chace, lakukan itu pada beberapa aplikasi karena tidak semua aplikasi bisa dipindahkan seperti BBM dan fitur google lainnya.

5. Sambungkan HP ke PC dengan USB
Ini adalah tahap pembersihan, buka memori internal anda melalu komputer dengan menyambungkan kabel USB, hapus folder yang tidak penting, caranya anda bisa membuka satu-satu yang kira-kira filenya kosong hapus saja folder itu.
6. Restart HP
setelah anda melakukan tahapan diatas maka segeralah Rsetart HP anda, tunggu sampai proses selesai dengan normal, mudah-mudahan HP andorid anda kembali normal.
7. Resert HP
Biasanya pada tahap ke 6 semua sudah selesai android anda akan kembali normal, Jika ternyata android anda masih mengalami Memori Internal Penuh padahal anda sudah melakukan tahapan diatas, maka tidak ada cara lain selesai meresert ulanng Hp anda, namun sebelumnya anda harus menyimpan dahulu data-data anda, seperti aplikasi dan file penting lainnya, caranya ada pada menu di fitur "cadangan" cadangkan data anda, sehingga nanti setelah prose resert selesai maka anda tidak perlu mengunduh ulang aplikasi dan pegaturan lainnya karena sudah tersave di cadangan. untuk mengatur cadanga sangat mudah, tingal pilih bagian mana yang mau anda cadangkan dan simpan.
kenapa harus meresert Hp.? mungkin saja ada fitur atau perangkat virus yang nangkring disana, dan tak bisa dihapus, jadi setelah dilakukan resert, hp anda akan kembali lagi seperti baru.
8. Seleski Aplikasi
Jik masih juga membandel android anda tetap menyatakan Memori Internal Penuh, berarti tidak ada cara lain, buang aplikasi yang tidak penting, meskipun penting semua namun pilih yang paling penting bagi anda. karena ada aplikasi yang memang ukurannya tidak besar namun ia membutuhkan banyak ruang ketika bekerja.
Perlu anda ketahui, sebenarnya aplikasi protection pada andoroid tidak terlalu penting, anti virus, cleanner atau Bost memori ini tidak penting jika hp anda kapasitas Memori Internalnya rendah atau aplikasi update berita, lebih baik hapus saja
  
silahkan berkomentar dibawah atau hubungi admin, semoga bermanafaat, demikianlah sedikit penjelasan seputar Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Pada HP Android. jika anda ingin berita terbaru anda bisa mendapatkannya di Google, atau menyimpan URL satu situs berita di Boorkmark google anda bisa mendapatkan berita dengan cepat.
Saya sudah merangkum semua tips untuk mentuntaskan kasus Memori Internal Penuh Pada HP Android, jika android anda tidak mengalami perubahan bisa dipastikan ada something wrong, silahkan berkomentar jika ada kendala dan problem, semoga bermanfaat, demikian sedikit penjelasan seputar Memori Internal Penuh Pada HP Android.

0 Response to "Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Pada HP Android"

Posting Komentar