Fadhilah Ibadah Puasa Bulan Ramadhan



Fadhilah Ibadah Puasa Bulan Ramadhan - Berpuasa di bulan ramadhan meruapakan ibadah wajib dan masuk pada rukun islam, seorang muslim diwajibkan untuk menahan diri dari kegiatan makan, minum dan manahan hawa nafsu selama satu bulan penuh. berat atau tidak berat ibadah ini wajib dilakukan, berdosa besar bagi yang tidak melaksanakannya.

Fadhilah Ibadah Puasa Bulan Ramadhan

Fadhilah Ibadah Puasa Bulan Ramadhan

Apakah ibadah puasa memiliki fadhilah.? apa sebenarnya manfaat yang dapat diraih serorang muslim jika ia berpuasa di bulan ramadhan, inilah yang akan menjadi pembahasan menarik di situs zonapendidikan.com




Pada hakikatnya, tidak ada ibadah yang percuma, semua ibadah memiliki fadhilah tersendiri dan manfaat yang diraih tentunya tentunya khusus untuk yang melaksanakannya.


Fadhilah Ibadah Puasa Bulan Ramadhan


Mencapai Derajat Taqwa
Peringkat taqwa adalah perioritas dalam agama islam, pastinya orang yang akan nanti memasuki syurga adalah orang yang bertaqwa, dalam hal ibadah puasa, tujuan utama adalah ketaqwaan, hal ini sesuai dalam firman Allah dalam Al-Qur'an pada surat Al-Baqarah ayat 183.

Salah satu tanda bahwa ibadah puasa dapat menghantarkan seorang muslim pada derajat taqwa adalah disebabkan puasa itu meruapakan ibadah spesial, antara Allah dan Hambanya yang mengetahuinya, antar manusia bisa saja ia berbohong mengatakan ia berpuasa, tidak makan dan minum didepan orang lain, namun dengan Allah manusia tidak akan luput dari kebohongan.

Manajemen Waktu
Kegiatan dalam puasa seperti buka puasa, sahur, bangun pada pertengahan malam, ibadah tambahan diwaktu shubuh, semua itu ditujukan untuk melatih manusia dalam memanage waktu, seharian bepruasa dan beraktifitas tentunya butuh istirahat, bangun dipagi hari akan memperkuat semangat manusia untuk mencari rejeki, sebenarnya kegiatan dalam satu bulan itu adalah pelatihan untuk 11 bulan lainnya.

Hati yang peka
Orang kaya dan miskin sama-sama merasakan penat, lapar dan haus selama berpuasa, namun bagi mereka yang hidup dalam kecukupan atau harta yang banyak, tentunya dengan ibadah puasa ini akan membuat mereka sadar dan tahu, bagaimana orang yang selalu merasakan lapar sepanjang hidup, jadi disinilah timbul rasa "Taawun" saling membantu saudara mereka yang kesulitan.

Kesehatan
Fadhilah Ibadah Puasa Bulan Ramadhan yang sudah diakui secara medis adalah tubuh yang sehat, orang yang berpuasa dalam sebulan penuh akan mendapatkan tubuh yang lebih sehat, sesuai dengan hadits Nabi Muhammad Saw yang menyetakan "berpuasalah maka kamu akan sehat".



Organ tubuh yang bekerja sebagai penggiling makanan akan mendapati waktu istirahat. saat tidak ada makanan maka lemak dalam tubuh akan diproses, dan dibuang, untuk lebih jelas silahkan tanya kepada dokter yang dekat dengan anda apakah puasa itu memberikan efek baik bagi kesehatan.

Saling berbagi
Banyak kaum fakir dan miskin merasakan kenikmatan makanan enak selama bulan ramadhan, hal ini diperoleh dari sedekah mereka yang kaya punya harta yang cukup. Fadhilah yang dapat dipetik adalah doa mereka orang anda bantu, saat anda memberikan bantuan makanan mereka tentunya akan berterima kasih berdoa untu kemuliaan bagi anda.

Pahala Ibadah yang berlipat
Fadhilah Ibadah Puasa Bulan Ramadhan lainnya adalah mennggandeng ibadah lainnya dengan ganjaran yang berpipat-lipat.  semakin banyak amalan yang dilakukan dengan ikhlas maka semakin besar pula pahala yang diperoleh.



Inilah beberapa Fadhilah Ibadah Puasa Bulan Ramadhan, tentunya masih ada fadilah keutamaan lainnya jika dipandang dari sudut berbeda, namun intinya berpuasa itu bukanlah amalan ibadah yang sia-sia.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fadhilah Ibadah Puasa Bulan Ramadhan"

Posting Komentar