Fungsi Buku Adminstrasi Guru Kelas

Fungsi Buku Adminstrasi Guru Kelas - Banyak angapan dari kalangan guru yang menyatakan Buku Adminstrasi Guru Kelas adalah bagian proyek kurikulum 2013, sebenarnya ini tanggapan keliru, kerena Buku Adminstrasi Guru sudah dianjurkan sejak lama namun penerapannya belum terealisasikan. seberapa penting Buku Adminstrasi bagi seorang guru.? bagaimana peran buku administrasi tersebut dan apa fungsi yang bisa didapatkan jika seorang guru memiliki buku administrasi.? berikut zonapendiidikan.com merangkumnya.

Fungsi Buku Adminstrasi Guru Kelas

Fungsi Buku Adminstrasi Guru Kelas

Buku Adminstrasi Guru Kelas - Tersturktur, terdata dan terencana, itulah yang harus ada bagi seorang guru yang mengajar di seokolah dari TK-SD-SMP-SMA- sampai kepada perguruan tinggi, kelas adalah wadah atau ruang untuk pembelajaran (KBM), tempat dimana guru mentransfer ilmu kepada peserta didik, namun meskipun KBM dikelas itu terlihat sederhana tidak semua hasil akhir mendapati seperti yang diharapkan. 



Inti dari Pendidikan adalah perubahan dan pembangunan, pendidikan di sekolah bukan hanya unsur peniliaian, seperti guru mengajarkan materi dan memberikan nilai kepada siswa, ini bukanlah inti dari pendidikan dan pengajaran. pemanatuan, pengayoman, pemberdayaan sampai kepada tahap evaluasi bernajak dari sini akan memberikan perubahan serta pembangunan jati diri bagi peserta didik, inilah yang dimaksud dengan semua "pelajar mampu" (memiliki kemampuan pada bidang yang berbeda). inilah cikal bakal munculnya kewajiban terhadap guru untuk memiliki buku administrasi.

Apakah itu buku administras guru kelas.?
yang dimaksud dengan buku administrasi adalah lembaran-lembaran yang berisikan kebijakan sekolah, kerja guru, dimulai dari perencanaan, tindakan dan evaluasi. buku ini bisa dijadikan bukti kongkrit jika ada problematik internal sekolah atau panduan dalam memantau perkembangan peserta didik. 

Dalam Panduan Nasional ada 8 aspek pengelolaan kelas yang terdapat dalam Buku Adminstrasi Guru :
  1. Mengecek kehadiran siswa
  2. Memberikan tugas/PR
  3. Mengumpulkan hasil pekerjaan siswa, memeriksa, dan menilai pekerjaan siswa tersebut.
  4. Pemeliharaan arsip
  5. Pendistribusian bahan dan alat 
  6. Menyampaikan materi pembelajaran 
  7. Mengumpulkan informasi dari siswa 
  8. Mencatat data siswa
Poin diatas adalah sandaran pendataan yang harus dilakukan guru, beranjak dari 8 aspek ini guru membuat program kerja, yang dicantumkan pada buku admisnitrasi, biasanya program kerja ini mendapati dua acuan, yaitu kebijakan dari pihak sekolah dan kebijakan guru bidang studi yang bersangkutan.

Ada banyak jenis Buku Adminstrasi Guru Kelas, ada yang dipisah dan ada pula digabung dalam satu bundelan besar, semua tergantung kehendak sekolah masing-masing, namun tidak terlepas dari pada panduan utama secara nasional. diwajibkan ada  dalam Buku Adminstrasi Guru Kelas adalah :
  • Buku Tamu
  • Biodata Siswa
  • Dua Belas Langkah Guru Kelas
  • Struktur Organisasi Kelas 
    Daftar Kelompok Belajar  
  • Daftar Sosiogram 
  • Jadwal Piket Kelas
  • Data Umur Siswa dan Pekerjaan Orangtua
  • Keadaan Siswa dan Pendidikan Orangtua Siswa 
  • Mutasi Siswa
  • Asal Murid dan Grafik Absen
  • Rekapitulasi Nilai Rapor
  • Grafik Target Kurikulum dan Taraf Serap
  • Target Kurikulum dan Taraf Serap
  • Kemajuan Belajar
Profil Murid
Profil Mata Pelajaran
Profil Kelas
  • Inventaris Kelas
  • Perkembangan Fisik Murid
  • Keuangan
Penerimaan Kuangan
Sumbangan Kelas
  • Buku Bimbingan
  • Program Bimbingan dan Konseling
  • Buku Penghubun
  • Kegiatan Pembuatan Persiapan Mengajar Guru
  • Penerimaan dan Pengembalian Raport

Bagaimana peran buku administrasi.?
Perlu anda ketahui bahwa, terkait buku Buku Adminstrasi Guru Kelas banyak sekali ditemukan perbedaan antar sekolah, karena setiap sekolah memiliki target tertentu apalagi sekolah Swasta tentunya harus singkron dengan visi sekolah sehingga dilakukan modifikasi terhadap Buku Adminstrasi Guru Kelas.

Tentunya Buku Adminstrasi Guru Kelas akan selalu berperan setiap harinya, karena buku ini juga menjadi acuan kerja guru dan acuan perekembangan peserta didik, setiap guru harus punya catatan terkait perkembangan peserta didik pada KBM di kelas. secara Nasional ada hal yang harus dipantau dari peserta didik setiap harinya yaitu : Pengetahuan dan ketrampilan.


Fungsi Buku Adminstrasi Guru Kelas
Kegunaan dari Buku Adminstrasi Guru Kelas sangat banyak dan membantu kinerja para guru, banyak dugaan negatif dari kalangan guru menyatakan bahwa Buku Adminstrasi Guru Kelas itu sangat ribet dan menambah kerja guru, padahal sebenarnya tidak sama sekali, bahkan ini membantu dan menunjang keberhasilan pendidikan dan pengajaran di sekolah.

Kenapa Buku Adminstrasi Guru Kelas tersa berat direlaisasikan.?
Ini disebabkan pihak sekolah (kepala Sekolah) menelan panduan nasional secara mentah, padahal Buku Adminstrasi Guru Kelas dapat dimodifikasi segampang mungkin sesuai dengan kebutuhuhan sekolah, intinya, semua kinerja guru terprogram, terencana dengan baik dan terbukti secara kongkirit, sehingga memudahkan pihak sekolah melakukan evaluasi dari setiap kerja guru.

Beberapa  Management Sekolah Swasta seperti JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu), SBP (Sekolah Berbasis Pesantren), selain itu sekolah keagamaan lainnya juga sudah menerapkan seperti Sekolah Kristiani, Katolik dan sekolah bonafit lainnya di indoensia,  mereka sudah merelaisasikan Buku Adminstrasi Guru Kelas, sehingga terwujud pendidikan yang tranparansi, terarah dan terjalin kerjasama baik antar guru dan wali murid.

Jika anda membutuhkan Buku Adminstrasi Guru Kelas Nasional, silahkan anda cari di situs resmi KEMENDIKBUD atau provider lainnya, disana anda akan menemukan contoh yang lebih jelas, namun anda jangan bingung karena setiap tingakatan pembelajaran pastinya berbeda Buku Adminstrasi Guru bahkan terkadang ada perbedaan pada setiap kelas. 


 

Jika sekolah anda ingin menerapkan Buku Adminstrasi Guru Kelas pada setiap guru, diharuskan ada perencanaan di awal tahun dan membangun kerja sama serta kesepakatan antar guru. hal ini tidak akan terwujud dan mustahil berjalan lancar tanpa ada kerja sama antar para pendidik dan pengajar sekolah.

Demikianlah sedikit penjelasan seputar Fungsi Buku Adminstrasi Guru Kelas, semoga bermanfaat.

0 Response to "Fungsi Buku Adminstrasi Guru Kelas"

Posting Komentar