Hal yang Mengurangi Merusak Pahala Puasa

Hal yang Mengurangi Merusak Pahala Puasa - Poin terpenting yang harus kita ketahui adalah puasa merupakan amalan yang istimewa, ganjaran pahalanya pun meruapakan rahasia sepesial dari Allah Swt. Hukum puasa ada adalah wajib,  mendapat pahala bagi yang mengerjakannya dan berdosa besar bagi yang tidak mengerjakannya, namun ada hal ironis dan tidak disadari oleh umat muslim adalah yaitu puasa percuma, puasa yang tidak mendapat pahala. 

Hal yang Mengurangi Merusak Pahala Puasa


Hal yang Mengurangi Merusak Pahala Puasa


Banyak kegiatan atau perbuatan yang beresiko Mengurangi Merusak Pahala Puasa, secara pelan-pelan  menggrogoti pahala puasa, sehingga bias jadi nilai pahala menjadi nol.

Hal ini sesuai dengan Hadist Nabi Saw, yang menyinggung orang yang berpuasa asal-asalan, "Banyak yang berpuasa namun hanya mendapat lapar dan hasu saja"

Kenapa bisa demikian,,? kenapa pahala puasa harus bias hilang atau dikurangi.? dalam hal ini banyak terjadi salah tanggap antara kaum muslimin, ini semua karena tidak menelaah detail dari defenisi amalan ibadah puasa, Puasa bukanlah hanya menahan lapar dan haus saja, namun juga menahan diri dari hawa nafsu untuk tidak melakukan dosa, selain itu puasa juga sebagai media pembelajaran untuk persiapa menghadapi 11 bulan kedepan.

Untuk lebih jelas silahkan baca : Fadhilah Puasa bukan Percuma

Adapun kegiatan yang dapat menimbulkan pahaa puasa itu hilang dan rusak sebagai berikut:

Bohong
berkata bohong dalam keadaan puasa dapat mengurangi pahala puasa seseorang, semakin sering berbohong maka semakin banyak pahala puasa yanga akan terkuras

Mencuri
Orang yang berpuasa namun ia mengambil harta/barang miliki orang lain mala tanpa izin ataua mengambil yang bukan hak nya, ini adalah perilaku yang sangat membebani dapat menguras banyak, mengurangi pahala puasa

Fitnah
Memfitnah pada saat berpuasa tentunya akan mendapat ganjaran doble yaitu dosa dari fitnah dan akibat fitnah yang merusak pahal puasa yang ia kerjakan.

Selain ketiga diatas banyak lagi contoh kegiatan yang dapat Mengurangi Merusak Pahala Puasa seperti :

  • Marah
  • Memperlihatkan Aurat
  • Menipu
  • Bersaksi palsu
  • Berduaan dengan lawan jenis (bemesraan) /non muhrim
  • Dll
Untuk lebih jelasnya adalah setiap dosa, intinya setiap kegiatan yang menimbulkan dosa maka itu akan berpotensi mengurangi pahala puasa.

Bagaimana jika orang berpuasa tapi tidak sholat wajib ..? apakah itu akan mempengaruhi pahala puasa.?
Sholat dan puasa merupakan amalan wajib dan masuk pada rukun islam, bagaimana jadinya jika seseorang mengerjakan puasa tapi tidak sholat, ini sama hal nya dengan orang membangun rumah tanpa tiang, sampai kapanpun rumah itu tidak akan pernah berdiri tegak.

Tidak melaksanakan sholat akibatnya adalah dosa, dan jika ia sedang berpuasa tentunya itu akan mempengaruhi pahala puasanya, orang yang melakukan dosa kecil saja dapat meguras pahal puasa, apalagi bagi melakukan dosa besar.

Demikian sedikit penjelasan seputar Hal yang Mengurangi Merusak Pahala Puasa, semoga bermanfaat.

0 Response to "Hal yang Mengurangi Merusak Pahala Puasa"

Posting Komentar