Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di Asrama

Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di Asrama -  Ada banyak sekolah yang menyediakan fasilitas, terutama sekolah berbasis keagamaan, salah satu yang paling dominan adalah pesantren dan juga sekolah yang berlabel Boarding School, yang kerap dikenal sebagai tempat pendidikan asrama didalamnya terdapat pelajar baik putra ataupun putri dari tingkat SMP sampai pada tingkat perguruan tinggi. sebagian besar orang tua masih bingung untuk memilih tempat pendidikan yang cocok untuk anaknya, pilih di asrama atau tinggal di rumah. disini kami menyimpulkan beberapa keterangan sehingga anda bisa memilih mana yang terbaik menurut anda.

Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di Asrama

Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di Asrama


Tinggal di asrama atau tinggal di rumah tentunya memiliki kelebihan dan Kekurangan masing-masing, jadi tidak bisa kita bedakan mana yang lebih baik, karena setiap orang berebeda pandangan. 

Kelebihan Tinggal di Asrama
  • Anak lebih disiplin, kegiatannya teratur dengan baik
  • Mudah di kontrol
  • Pola hidup teratur
  • Aman dari pengaruh negatif dari luar
  • Tidak terpengaruh dengan kehebohan zaman
  • Lebih cerdas dan pintar
  • Kedewasaan dan kewibawaan terbangun dalam diri
  • dan lain-lain


Keterangan diatas merupakan beberapa poin positif yang didapatkan jika anak anda belajar atau tinggal di asrama, selain diatas masih banyak lagi yang bisa didapatkan tergantung pada penyediaan fasilitas dan kegiatan penujang dari pihak sekolah.
Baca Juga : 4 Penyebab Anak tidak Masuk Sekolah
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa anak yang tinggal di asrama juga mendapati keukurangan, untuk lebih jelas kami akan membeberkan beberapa poin.

Kekurangan Tinggal di Asrama
  • Berpisah dari orang tua
  • Membutuhkan Biaya
  • Pola makan sederhana
  • Sering terjadi kecenderungan pada anak, ini adalah masalah psikologis dari keluarga dan berkembang di asrama saat di kumpulkan dengan sesama jenis namun sangat jarang terjadi
  • Resiko kehilangan barang
  • Banyak Peraturan 
  • dan lain-lain


Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di Asrama


Kesimpulan
Jika dibandingkan antara keduanya, anak yang tinggal di asrama lebih menjamin dalam membangun karakter untuk masa depannya, disini ia belajar memahami tabiat dan pola fikir teman-temannya selain itu pergaulannya juga meluas, ini disebabkan karena setiap pelajar yang diasramakan tentunya beasal dari daerah yang berbeda-beda.

Jika kita melirik kepada kekurangan tinggal di asrama, semua itu hanya faktor internal si anak atau orag tua, jika anda tidak sanggup berpisah dengan anak anda tentunya akan mendapati kesulitan begitu juga sebaliknya.

Catatan penting
Adakalanya kita terheran-heran dan bingung dengan input pelajar dari asrama khususnya asrama pesantren, setelah sekian tahub belajar mondok di pesantren kenapa tidak ada perubahan.? bahkan terkadang melakukan tindakan kriminal.

Anak yang dititipkan di asrama sering mendapati kekerasan dari seniornya, kenapa bisa demikian.? anak di asrama kualitas makannya tidak baik dan kerap menghidangkan masalakan yang tidak layak  dan lain-lain

Semua pandangan diatas memang benar dan realita terjadi, namun semua itu bergantung kepada kejelian dan kewaspadaan orang tua dalam memilih sekolah untuk anaknya.

Jika anda bandingkan anak yang bersekolah, berangkat dari rumah, jika tidak ada power dari orang tua yang mendidik anaknya dengan telaten maka sang anak cenderung tenggelam dalam pergaulan yang merusak moral, selain itu terkadang orang tua tidak memiliki kapasitas untuk mengimbangi pola belajar anak-anaknya, sehingga kerap terjadi kejenuhan bagi si anak dan membuat ia harus keluar rumah.

Setelah anda membaca keterangan yang kami sajikan tentunya anda sudah punya argumentasi untuk menentukan pilihan anda, silahkan bubuhkan argumentasi positif anda di kolom kementar.
Silahkan Baca : Cara Menilai Kualitas Sekolah
Demikianlah penjelasan yang dapat kami sajikan untuk anda, semoga bermanfaat, Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di Asrama

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di Asrama"

Posting Komentar