Makruh Kebiasaan tidak baik Saat Berpuasa

Makruh Kebiasaan tidak baik Saat Berpuasa - Tentunya kita sudah mengetahui bahwa puasa itu merupakan ibadah spesial bukan hanya menahan lapar dan haus, tapi juga menahan rasa gejolak nafsu. Nafsu yang tidak terkendali dapat menyebabkan pahala puasa berkurang bahkan bisa menimbulkan batal puasa. banyak hal-hal makruh yang terjadi dilakukan banyak orang.

Makruh Kebiasaan tidak baik Saat Berpuasa

Makruh Kebiasaan tidak baik Saat Berpuasa

Ada Beberapa kebiasaan tidak baik saat berpuasa yang sering dilakukan banyak orang, hukumnya masuk ke dalam makruh dan mengurangi potensi pahala puasa.

Banyak Tidur
Untuk menahan rasa lapar, banyak orang tidur santai, bangun saat jam berbuka sudah dekat, ini merupakan perilaku yang kurang baik, karena ibadah puasa yang dihadapi tidak maksimal dan hukumnya makruh.

Berkumur-kumur Berlebihan
Dalam kajian fiqih kumur-kumur  (istinsyaq) diperbolehkan saat berpuasa namun jumhur ulama fiqih sepakat bahwa istinsyaq tidak baik dilakukan setelah matahari condong (menjelang juhur) dan jika sering melakukannya hukumnya makruh


Bacaan Populer : Dampak Buruk Negatif Banyak Menghayal
 

Rasulullah menganjurkan sahabat untuk berkumur-kumur dengan menghirup tetesan air ke lubang hidung namun beliau melarang itu saat sedang berpuasa. dalam hal berkumur-kumur sebaiknya tidak dilakukan jika seseorang tidak bisa menjamin air yang digunakan tidak melewati kerongkongan.


Makruh Kebiasaan tidak baik Saat Berpuasa


Melihat Lawan Jenis dengan Nafsu
Selain hukumnya makruh, kegiatan ini juga berpotensi mengurangi pahala puasa, meskipun yang dilihat itu adalah istri atau suami. dalam hal hubungan suami istri, mencium pipi atau kening tidaklah menimbulkan batal puasa namun tidak ada unsur nafsu di dalamnya.

Menyaksikan tayangan yang mengundang nafsu
Menonton film atau menyaksikan secara live orang yang berpenampilan mengundang syahwat maka itu juga hukumnya makruh tentunya juga mengurangi pahala puasa.

Berendam lama dalam genangan air
Sebagian ulama menyatakan bahwa ini dapat menjadikan puasa batal karena air dapat masuk melalui pori-pori kulit, namun sebagian ulama fiqih berpendapat makruh hukumnya jika seseorang berada dalam genangan air atau memasukkan tubuhnya di dalama lemari es sehingga ia menadapatkan keteduhan didalamnya.

Mencicipi makanan
mencicipi makanan Jelas hukumnya tidak batal jika seseorang memasak makanan untuk disajikan untuk banyak orang yang berpuasa , namun ini tentu ada aturannya, hanya mengenai ujung ludah dan memuntahkannya kembali setelah merasakannya, jika ini terus diulangi berulang kali maka hukumnya makruh.

Tidak sahur dan menunda berbuka
Menganggap diri kuat, sanggup puasa dengan tidak sahur dan memperlambat berbuka, ini sama sekali tidak ada kebaikan dan salah, bukannya mendapat pahala tapi hukunhya makruh. padahal jika kita melaksanakan sahur dan mempercepat berbuka meruapakan amlan sunnah.


Bacaan Populer : Langkah Menemukan Jodoh bagi Wanita


Inilah beberapa Kebiasaan tidak baik Saat Berpuasa, namun selain ini masih ada lagi kegiatan lain namun yang diatas merupakan familiar yang sering dilakukan di sekeliling kita semoga bermanfaat.

0 Response to "Makruh Kebiasaan tidak baik Saat Berpuasa"

Posting Komentar