Pengertian Fardhu Ain dan Fardhu Kifayah



Pengertian Fardhu Ain dan Fardhu Kifayah - Untuk sebagai penguat ingatan kita harus ingat bahwa pengertian dari pada Fardhu adalah wajib, setiap amalan yang bernilai Fardhu maka hukumnya wajib dilakukan, disini kita membahas seputar defenisi dari pada Fardhu Ain dan Fardhu Kifayah.


Pengertian Fardhu Ain dan Fardhu Kifayah

Pengertian Fardhu Ain dan Fardhu Kifayah

Dalam artikel singkat ini kami menjabarkan seputar Pengertian Fardhu Ain dan Fardhu Kifayah beserta contohnya agar mudah difahami :

Pengertian Fardhu Ain
Fardhu Ain adalah amalan yang wajib hukumnya dilakukan tiap-tiap seorang muslim, contohnya : Sholat Lima waktu, puasa dan lain-lain, eksistensi amalan semua ada pada diri perindividu, maksudnya jika dikerjakan maka pahala akan diperoleh dan jika tidak dikerjakan maka dosa akan ditanggung sendiri.

Pengetian Fardhu Kifayah
Adapun penegertian dari Fardhu Kifayah adalah amalan sepenuhnya diberikan tanggung jawab kepada penduduk setempat, contohnya : memandikan, mangkafani mayyit menyolatkannya serta mengubutkannya, jika dalam satu desa ada seorang umat muslim meninggal dunia maka penduduk yang ada di desa tersebut bertanggung jawab untuk melayatnya.



Jika tidak dilakukan maka imbas dosa akan diterima pleh seluruh penduduk desa, namun jika sudah dilakukan satu sampai dua orang untuk mengurus jenazah tersebut maka lepaslah tanggung jawab mereka.

Dalam hal Fardhu Kifayah ini termauk juga dengan pengucapan salam, seperti yang kita ketahui bahwa menjawab salam hukumnya wajib, jik ada seseorang berjumpa dengan sekelompok orang, yang satu orang mengucapkan salam namun ternyata orang yang berkelompok itu tidak menjawab salam maka dosa dijatuhkan kepada semua orang yang ada dalam kelompok tersebut.


Pengertian Fardhu Ain dan Fardhu Kifayah


Namun jika ada salah satu dari mereka yang menjawab maka lepaslah diri mereka dari dosa.


Inilah Pengertian Fardhu Ain dan Fardhu Kifayah, sangat mudah dipahami dan dipelajari, namun terkadang banyak orang yang belum mngetahuinya, padahal ini adalah pondasi dasar hukum agama islam. semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Fardhu Ain dan Fardhu Kifayah"

Posting Komentar