Pengertian Hukum-Hukum Dalam Islam

Pengertian Hukum-Hukum Dalam Islam - Rukun dan Hukum islam itu berbeda, hukum islam adalah sandaran vertikal dimana kita bisa mengetahui pola ibadah yang akan kita laksanakan, dengan memamahi hukum-hukum islam, kita akan bisa memilah-milah dan membedakan antara jneis ibadah, mana yang lebih penting kita lakukan.


Pengertian Hukum-Hukum Dalam Islam

Pengertian Hukum-Hukum Dalam Islam

 

Hukum-Hukum Dalam Islam ada 5 kami merangkumnya disini beserta penjelasannya dan contohnya untuk lebih memudahkan anda dalam memahaminya:

1. Wajib / Fardhu
Pengertian dari pada hukum Fardhu adalah amalan yang bernilai paling tinggi, mendapatkan pahala setiap orang yang mengerjakannya dan berdosa besar bagi yang tidak mangerjakannya. amalan ibadah yang berhukum wajib adalah amalan tingkatan tertinggi, contohnya adalah Sholat, Berpuasa di bulan Ramadhan, zakat bagi yang cukup harta, ibadah haji dan mengerjakan ibadah bagi yang ada padanya kesanggupan.

2. Sunnah
Pengertian dari pada hukum Sunnah adalah amalan yang berpotensi pahala bagi yang mengerjakannya dan tidak menimbulkan dosa bagi yang tidak mengerjakannya, namun sebaiknya setiap amalan sunnah dikerjakan untuk mendulang pahala dan lebih mendekatkan diri pada Allah Swt. Contohnya adalah Berpuasa pada hari 10 muharram, 27 rajab, 9 dzulhijjah, 15 Sya'ban dan amalan-amalan sunnah lainnya. tentunya amalan sunnah yang diajarkan Nabi Muhammad Saw.

3. Makruh
Pengertian dari pada hukum Makruh adalah amalan yang memilki pahala jika orang tidak mengerjakannya dan tidak berdosa pula bagi yang tidak mengerjakannya. amalan yang mendapat predikat makruh sebaiknya tidak dikerjakan,  contohnya : Makan dan minum dengan posisi berdiri, Memakan petai dan lain-lain.


Baca Juga :  Kenapa Perceraian Semakin Mudah Terjadi

4. Mubah
Pengertian dari pada hukum Mubah adalah amalan yang tidak berpotensi dosa dan pahal jika dikerjakan dan begitu pula jika tidak dikerjakan. ini meruapakan kegiatan sehari-hari manusia, namun terkadang perbuatan mudah dapat melalaikan dan menyebabkan amalan wajib tertinggal, adapun contoh dari pada amalan yang bernilkai mudah adalah, Makan, tidur, minum dan lain-lain.

5. Haram
Pengertian dari pada hukum adalah amalan yang hasil dari pekerjaannya menimbulkan dosa dan meninggalkannya menimbulkan pahala,  hukum islam yang paling familiar yang sangat sering kita dengar adalah haram, segala sesuatu yang bernilai haram harus dihindari dalam agama islam, adapun contoh dari haram adalah nermain judi, berzina, meminum yang memabukkan.


Baca Juga : Ciri-Ciri Pengobatan Sihir dan Dukun 

Itulah Hukum-Hukum Dalam Islam, hukum ini adalah landasan, semua ibadah pelaksanaannya harus beranjak dari pemahan hukum agar tidak terjadi kekeliruan,semoga bermanfaat

0 Response to "Pengertian Hukum-Hukum Dalam Islam"

Posting Komentar