Syarat Sah Shalat Wajib diketahui

Syarat Sah Shalat Wajib diketahui - Shalat Maqbul adalah harapan setiap umat muslim, Maqbul artinya diterima di sisi Allah Swt,  tidak ada yang mengetahui bagaimana shalat yang maqbul, namun untuk mengetahui sah atau tidak sah pelaksanaan shalat caranya sangat gampang, cukup melihat apakah rukun dan syarat sah sudah terpenuhi jika sudah maka shalat itu dikatakan sah.

Syarat Sah Shalat Wajib diketahui

Syarat Sah Shalat Wajib diketahui

Banyak orang shalat namun belum sempat melirik sejenak apa-apa saja syarat sah shalat, sebagian bisa menyebutkan beberapa saja, hal ini perlu kita ketahui bahkan wajib kita pelajari untuk terhindar dari ibadah yang percuma.

Suci dari Hadast
Syarat Sah Shalat yang pertama adalah suci dari hadast, Seseorang yang ingin mengerjakan shalat maka dia harus terhindar dan terlepas dari hadast, baik hadast besar atau hadast kecil, jika  kedua hadast ini masih terpaut pada diri seorang muslim, maka ia harus bersuci terlebih dahulu, seperi mandi zunub dan wudhu'.

Menutup Aurat
Syarat sah shalat yang kedua adalah menutup aurat, baik laki-laki atau perempuan wajib menutup aurat saat akan mengerjakan shalat, jika aurat terlihat saat mengerjakan shalat maka shalat tersebut batal.

Dalam hal ini, kita harus memperhatikan jenis pakaian yang kita kenakan pada shalat tersebut, apakah ada yang sobek atau terlepas benangnya sehingga menimbulkan aurat terlihat. persiapan sebelum shalat itu tentunya harus teliti. 

Suci Badan, Pakaian dan tempat
Ini merupakan poin yang cenderung terjadi pada kalangan masyarakat, lupa bahwa salah satu syarat sah shalat itu adalah kesucian dari tempat ibadah, badan dan pakaian yang digunakan. banyak orang sholat namun tidak memperhatikan lokasi tempat ia shalat. terkadang di dalam masjid pun banyak ditemukan tai tikus atau najis lainnya.


 

Selain tempat, pakaian juga kerap menjadi problem, sebenarnya pakaian kotor yang terkena debu, cat, minyak atau tanah tidaklah najis dan sah jika dipakai untuk shalat, namun pakaian yang bersih terlihat namun di salah satu bagian kain ada najis maka shalat tidak sah.

Menghadap Qiblat
Syarat Sah Shalat selanjutnya, Ini mungkin terjadi jika kita berada pada daerah baru, kita tidak tahu kemana arah qiblat sholat, dalam hal ini banyak orang menerka dan menduga qiblat, ini merupakan tindakan yang keliru kecuali mempunya alat khusus yang bisa dipastikan kebenarannya, sebaiknya kita menanyakan kepada penduduk setempat dimana arah qiblat. 

Shalat yang salah arah qiblat maka shalat itu tidak sah, jika satu masjid dibangun dengan posisi qiblat yang salah, maka semua jamaah mendapati shalat yang tidak sah.

Waktu yang Tepat
Syarat Sah Shalat Wajib diketahui Shalat itu adalah ibadah yang memiliki ketetapan waktu, mengenai Syarat Sah Shalat ini dalam Al-qur'an Allah sudah menjelaskan dengan detail bahwa amalan Shalat merupakan amalan wajib dengan waktu yang ditentukan.

Jika waktu lewat atau berkurang satu menit saja, maka shalat tersebut tetap tidak sah, menunda-nunda pelaksanaan shalat merupakan tindakan yang salah, shalat berada dipenghujung waktu biasanya dilakukan tidak optimal dan tergesa-gesa.


Demikian penjelasan singkat tentang Syarat Sah Shalat Wajib diketahui intinya adalah permahaman terhadap butir-butir persyaratan tersebut. semoga amalan shalat kita seluruhnya sah dan maqbul disisi Allah Swt. Amin. semoga bermanfaat .

0 Response to "Syarat Sah Shalat Wajib diketahui"

Posting Komentar