Apakah Pengertian Hantu Menurut Islam

Apakah Pengertian Hantu Menurut Islam - Kuntilanak, genderuwo, tuyul, suster ngesot, wewe gombel dan banyak sebutan lainnya untuk jenis hantu di kalangan masyarakat indonesia, apakah benar hantu itu ada.? kenapa ia menakut-nakuti orang.? sebenarnya siapa sih hantu itu, dalam postingan kami menyajikan penjelasan untuk pembaca setia zonapendidikan.com

Apakah Pengertian Hantu Menurut Islam

Apakah Pengertian Hantu Menurut Islam

Kita membahas defenisi hantu dari sudut pandang islam, kata hantu berasal dari bahasa indonesia, sejenis makhluk bergentayangan yang menakut-nakuti manusia atau menyebar teror, itulah pengertian hantu yang familiar dalam dalam masyarakat.

Apakah benar hantu itu ada.?
Hantu yang dikenal masyarkat merupakan makhluk halus dari kalangan jin, makhluk yang tidak bisa dijelaskan bagaimana bentuknya, mereka juga hamba Allah dan hidup dalam populasi, namun keuntungan yang mereka dapatkan mereka itu tidak terlihat oleh manusia, (kecuali manusia yang suda dianugrahi/mampu melihat) selain itu mereka juga memililki keturunan namun usia mereka relatif lebih lama dibandingkan dengan manusia.

Dalam pandangan islam, hantu yang biasa dikenal masyarakat adalah makhluk golongan jin. 

Kenapa hantu menakut-nakuti Manusia
Layaknya manusia makhluk yang terdiri dari berbagai watak hidup, ada jahat, ada yang baik ada yang taat kepada Allah ada pula yang tidak mau tau dengan agamanya, begitu pula jin. 

Jin yang berwatak jahat dinamakan dengan jin musyrik atau jin fasiq, menyesatkan manusia sehingga berpaling dari Allah Swt, dalam hal ini manusia juga terkadang memiliki sifat seperti jin fasiq, menyesatkan manusia lainnya. sesuai dengan Firman Allah dalam Surat An-nass di ayat terakhir. 

Jin yang menakut-nakuti manusia dengan upaya mengeluarkan suara, membuat suasana mencekam atau menampakkan diri itulah yang disebut hantu, terkadang mereka juga dapat menjadikan rasa sakit fisik terhadap manusia, namun tidak semua jin mampu melakukan itu.

Kenapa hantu banyak jenisnya
Seperti yang disebutkan diatas tadi ada banyak ragam hantu yang dikenal masyarakat, beda daerah, beda budaya beda pula hantu yang dikenal masyarakatnya, di indonesia sangat banyak jenis hantu karena memang negara ini terdiri dari suku-suku yang banyak jumlahnhya.

Jika membandingkan dengan negara lain seperti negara di bagian Europa hantu yang mereka kenal hanya drakula di negara cina hantun mereka adalah pampire, jenis hantu pampire juga ada di negara Amerika dan inggris namu penampilannya jauh berbeda dengan hantu pampir di cina.


Jenis hantu berbeda-beda ini berdasarkan pola fikir manusia, Jin mengikuti insting manusia, apa yang ditakuti dalam benak manusia para jin merupai wujud tersebut. semakin manusia takut maka jin akan semakin leluasa menguasai hiudp manusia sehingga semakin jauh dengan tuhan.


Kesimpulan
Manusia itu lebih kuat dibandingkan jin, sekuat apapun jin menakuti manusia, bahkan dalam bentuk yang paling seram jika manusia itu dekat dengan Allah sang pencipta maka uapaya jin akan sia-sia.

Semua itu kembali kepada kekuatan iman, makanya tidak heran jika ada orang yang sudah membaca ratusan ayat Al-Qur'an namun masih takut dengan hantu, merasa terus di teror. ini disebabkan imannya lemah, mungkin beribadah hanya disaat sempat saja. beda dengan orang yang hanya istighfar dan membaca bismillah jin yang disekitarnya lari terbirit-terbirit.. Allahu A'lam

Demikianlah sedikit penjelasan seputar Apakah Pengertian Hantu Menurut Islam Semoga bermanfaat

0 Response to "Apakah Pengertian Hantu Menurut Islam"

Posting Komentar