Cara Menghukum Murid di Sekolah

Cara Menghukum Murid di Sekolah - Bolehkah guru menghukum muridnya di sekolah.? tentu saja boleh, namun menjadi permasalahannya adalah jenis hukuman yang diberikan, hukuman itu harus ada untuk memberikan efek jera (trafikal efect) dengan tujuan tidak terjadi pengulangan dikemudian hari, setiap pelanggaran tentunya harus ada hukuman, jadi staitment yang mengatakan hukuman itu tidak perlu ada dalam pendidikan sekolah, itu merupaka anggapan yang salah dan keliru.

Cara Menghukum Murid di Sekolah

Cara Menghukum Murid di Sekolah

Menghukum Murid di Sekolah merupakan problem serius di negara ini, sejak berlakunya pasal perlindungan anak, membuat masyarakat dan pemerintah memperhatikan pengadaan hukuman yang diadakan di sekolah dan perkuliahan, agar tidak melanggar aturan negara dan proses pendidikan berjalan lancar serta tujuan pembelajaran tercapai di sekolah, ada beberapa tips untuk para guru, zonapendidikan.com merangkumnya Cara Menghukum Murid di Sekolah

1. Pahami Kualitas Murid 
Di daerah mana anda berada.? bagaimana kehidupan sosial disana.? itulah yang menjadi ukuran utama yang harus anda perhatikan, tentunya kualitas watak murid tentunya setiap daerah berbeda, untuk itu harus ada singkronisasi.

Ada banyak buku pengantar pendidikan, semua mengacu kepada penerapan kata-ucapan dengan nada bahasa rendah dan lemah lembut, ini sama sekali tidak berlaku pada daerah yang keras akan logat bahasanya, begitupula hukuman, jenis hukuman yang anda terapkan tidak sama antara siswa di desa dan perkotaan.untuk itu pahami dulu kualitas watak siswa siswi anda.

2. Hindari Hukuman Non Fisik
Jika anda serorang guru alah satu yang harus anda hindari adalah tindakan hukuman fisik, apalagi itu menimbulkan bekas, jika itu terjadi maka kemungkinan besar anda akan dipidanakana, tergantung orang tua siswa melapor ke polisi atau tidak, selain itu anda juga bisa terlibat pertikaian dengan wali murid anda.


Bagaimana cara meneraokan hukuman non fisik.? tentunya ini membutuhkan kesabaran dan kecerdasan anda sebagai guru, mungkin anda sudah tahu jenis hukuman apa yang cocok, namun terkadang tidak mampu melaksanakannya karena sangat menyita banyak waktu, seperi menyuruh murid menghafal dan menyetor hafalannya atau memberikan tugas tambahan dan lain-lain, namun semua itu kembali kepada anda, yang penting jangan pernah anda menyentuh fisik anak.

3. Urutan Hukuman
Setiap pelanggaran peraturan sekolah tentunya memiliki tingkatan hukuman, tentunya ini semua sudah tertulis dalam SOP Sekolah anda, namun yang menjadi masalah adalah penerapannya. terkadang guru tidak mau ambil pusing akan hal ini, menyamakan semua hukuman padahal jenis pelanggaran berbeda, ini akan memicu polemik antara siswa dan guru, sehingga tujuan dari hukuman (efek jera) tidak akan tercapai.

4. Laksanakan Sesui SOP yang berlaku
Perihal hukuman di sekolah harus konsisten jika ingin kualitas pendidika di sekolah itu maju dan berkembang, setalah mnegurutkan hukuman dari setiap pelanggaran peraturan sekolah, para guru harus menjalankan pedoman itu, inilah cara yang paling jitu dan memang sangat sederhana, (perencanaan- kesekapatan- Pelaksanaan).

Berdasarkan fakta dilapangan sebagian sekolah di indonesia hanya sampai pada tahap kesepakatan, misalkan seorang siswa sudah berkali-kali melakukan pelanggaran, berdasarkan SOP dia harus dikeluarkan dari sekolah secara resmi, namun terkadang pihak sekolah mengabaikan SOP yang dibuat sendiri, hasilnya manajemen semakin kacau, jadi tidak salah kalau para pengajarnya juga melanggar SOP yang ditetapkan.


Jika kita ingin mencari solusi dari Cara Menghukum Murid di Sekolah sebenarnya kita mudah dan gampang menemukannya, jika kita paham tujuan dari hukuman itu maka cukup dengan konsisiten dengan kebijakan yang diterapkan di sekolah.
  • Pilih Jenis Hukuman
  • Laksanakan
  • Evaluasi
Cukup dengan tiga tahap ini, jangan melanggar aturan yang sudah ditetapkan, sekali lagi tujuan dari hukuman adalah efek jera, hukuman wajib ada di sekolah, karena hukuman juga bisa menjadi pembelajaran bagi murid untuk mengerti tanggung jawab dan konsekuensi dari tindakan yang salah.

Demikian sedikit penjelasan seputar Cara Menghukum Murid di Sekolah, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Menghukum Murid di Sekolah"

Posting Komentar