Cara Menyampaikan Pendapat dalam Forum

Cara Menyampaikan Pendapat dalam Forum - Bahasamu menunjukkan kualitas dirimu, itulah semboyan yang kerap kita dengar, setiap butiran bahasa yang kita tuturkan dalam sebuah kalimat baik lisan ataupun tulisa semua itu akan menunjukkan jati diri kita pada penilaian orang, oleh karena itu pemilihan kata dalam mengutarakan pendapat sangatlah penting agar wibawa atau kehormatan diri tetap terjaga.

Cara Menyampaikan Pendapat dalam Forum

Cara Menyampaikan Pendapat dalam Forum
Bagaimana menyampaikan pendapat dalam forum resmi.? Dalam pertemuan sebuah komunitas seperti rapat dan diskusi penjagaan bahasa harus diutamakan, karena ini sudah termasuk dalam ranah etika dan kesopanan, anda akan semakin dihormati jika kualitas bahasa dan gaya anda berbicara terlihat sopan dan menarik.

Pelajari Pokok Masalah
Disaat orang berbedebat atau selisih pendapat dalam mengutarakan ide fikiran, sebaiknya anda perhatikan dahulu permasalahan yang dibahas baru anda siapkan pendapat, terkadang kita punya argumentasi namun itu tidak singkron dengan pembahasan yang dibahas, ini akan menimbulkan polemik baru, orang akan menilai anda tidak profesional.

Jangan potong pembicaraan
Dalam Formu pertemuan sepenting apapun pendapat yang akan kita sampaikan maka kita harus rem diri, maksudnya menahan diri untuk tidak memotong pembicaraan orang lain, jika itu terjadi maka anda di cap orang yang tidak punya etika rapat.


Meskipun dalam rapat diperbolehkan instruksi pendapat menyela pembicaraan orang lain, sebaiknya ini juga tidak anda lakukan karena tentunya anda tidak akan disukai beberapa pihak.

Jangan Menyeletuk
Saya tidak tahu apa bahasa tepatnya namun orang sumatra utara (kota medan) bisa menyebutnya dengan “Nyeletuk” maksudnya mengatai dari belakang, misalkan dalam rapat ada yang berbicara namun karena kita tidak suka dengan pembicaraannya kita mengatainya “ahhh,, gak jelas itu,” gak manfaat itu” dia tidak mendengar namun peserta rapat lain mendengar ocehan anda, ini kerap terjadi pada masa sekarang bahkan sampai pada rapat-rapat pejabat besar pun terjadi, jika sudah demikian maka tidak heran orang akan meremehkan.

Berikan Pujian pada pendapat orang lain
Disaat anda mendapat giliran untuk berkomentar, maka sempatkan waktu memberikan pujian terhadap pendapat orang lain, meskipun pendapat bertentangan dengan ide fikiran anda.

Sampaikan Pendapat dengan Bahasa yang mudah dipahami
Terkadang karena bernafsu terlihat keren, kita menggunakan bahasa ilmiah namun tidak semua orang paham apa maksud yang kita sampaikan, upayakan bahasa yang sederhana maka anda akan semakin disukai.


Terlihat cerdas dan bijaksana bergantung pada ide fikiran dan gagasan yang dimiliki seseorang, tidak perlu mengejar pujian dari setiap argumentasi anda, namun kualitas dan kredebilitas ucapan yang harus anda capai.

Demikianlah sedikit penjelasan seputar Cara Menyampaikan Pendapat dalam Forum, semoga bermanfaat

0 Response to "Cara Menyampaikan Pendapat dalam Forum"

Posting Komentar