Penyebab Pemimpin Tidak Dihormati

Penyebab Pemimpin Tidak Dihormati - Apa jadinya jika seorang pemimpin tidak dihormati oleh bawahannya atau orang yang di pimpinnya.? tentunya akan mendapat kendala dan masalah dari segenap roda kepemimpinannya. ada banyak corak kepemimpinan dalam khidupan manusia dimulai dari pemimpin negara atau kerjaan sampai kepada pemimpin rumah tangga serta pemimpin bagi diri sendiri, semua itu akan dimintai pertanggung jawaban, karena situs ini orientasinya adalah pendidikan maka kami akan menguak informasi seputar kepemimpinan di dunia pendidikan atau sekolah.

Penyebab Pemimpin Tidak Dihormati

Penyebab Pemimpin Tidak Dihormati

Kepemimpinan dalam ruang lingkup pendidikan, jika terjadi kesenjangan di dalamnya maka akan berdampak buruk terhadap kualitas dan proses pembelajaran. biasanya yang paling tinggi dalam kepemimpinan di sekolah adalah kepala yayasan atau kepalas sekolah, jika kedua ini tidak mendapat tempat penghormatan atau dihargai oleh bawahannya, tentunya bawahan mereka adalah guru-guru pengajar maka celah kerusakan dalam sistem semakin lebar terbuka sehingga menimbulkan masalah bagi peserta didik.

Ada beberapa penyebab yang rentan seorang pemimpin di sekolah tidak dihormati dan dihargai oleh guru pengajar atau bahkan murid-murid di sekolah.

Pemimpin yang kurang ilmu
Ilmu adalah kekuatan dan kekuasaan, seseorang tidak akan mampu berbuat banyak jika tidak memiliki ilmu, dalam dunia pendidikan tentunya harus ada contoh yang bisa ditiru oleh pelajar, contoh yang real adalah kepala sekolah atau kepala yayasan, jika terlihat semberono dalam berbicara atau urakan dalam bertindak maka pemimpin itu tidak akan pernah mendapat respect.

Baca Juga :  Penyebab Motor Boros Bensin

Terlihat di depan umum sangat akur dan tenggang rasa antar sesama guru, namun dari sisi dalam pemimpin ini akan mendapati tekanan yang sangat kuat.

Pemimpin menggunakan perasaan bukan fikiran
Ini biasanya terjadi pada kaum perempuan dan tidak sedikit juga laki-laki yang terseret dari kebiasaan bertindak berlandaskan perasaan. dari sinilah dampak kesenjangan dan ketidak adilan terlihat, dalam tatanan pendidikan tentunya ada SOP, kebijakan awal yang telah ditetapkan, terkadang pemimpin yang kerap menggunakan perasaan dalam bertindak kerap melanggar SOP yang dibuat sendiri. Pemimpin seperti ini tidak akan pernah mendapat respect dari bawahannya.

Pemimpin Tertutup
Memang tidak semua hal harus dibuka secara terang-terangan dalam menjalankan roda kepemimpinan, ada beberapa hal yang harus ditutupi untuk mencegah terjadinya kesalah pamahan, namun jika seorang pemimpin tidak banyak terbuka maka pemimpin seperti  ini jelas tidak dihormati bawahannya.

Pemimpin Otoriter
Sejak dahulu sistem kepmimpinan oteriter sudah ada, terlihat semua bawahan tunduk pada pemimpinnya namun itu hanya berdasarkan unsur ketakutan, inilah yang dinamakan dengan respect keterpakasaan.

Pemimpin Tidak berwibawa
Seorang pemimpin memang harus dekat dan berbaur dengan setiap lapisan bawahannya, namun disini juga tindakan dari sikap pemimpin tidak seharusnya semberono sehingga muncul rasa tidak segan bawahan.

Setiap ahli memiliki pandangan tersendiri tentang pemimpin yang baik, apalagi bagi mereka yang terjun dalam dunia politik (pengamat politik) setiap asepek harus ditelaah, pemimpin yang tegas, konsisten, jujur, merakyat dan lain-lain, kendatipun demikian tidak ada manusia yang mampu memiliki sika yang ditujukan secara keseluruhan, setiap manusia tentunya mempunya sisi kekurangan.

Baca Juga :  Pengertian Otoriter dalam Kepemimpinan

Selain itu, pandangan umum juga tidak bisa dijadikan tujuan, berharap untuk mendapatkan penehormata dan penghargaan dari semua orang itu adalah hal yang mustahil karena sebaik apapun pemimipin itu pasti ada oknum yang tidak menyukainya.

Patut dipertanyakan kenapa seorang pemimpin tidak dihormati dan dihargai bawahannya, jika ditelusuri pasti ada aspek penunjang, baik dari diri pemimpin atau watak para bawahannya, demikianlah sedikit penjelasan seputar   Penyebab Pemimpin Tidak Dihormati.

0 Response to "Penyebab Pemimpin Tidak Dihormati"

Posting Komentar