Solusi Untuk Guru Honorer Sedikit Gaji

Solusi Untuk Guru Honorer Sedikit Gaji - Pendapatan Guru di negara ini masih dibawah rata-rata jika dibandingkan dengan negara berkembang, namun pemerintah berupaya menaikkan pendapatan tersebut dengan melakukan berbagai manufer seperti tambahan gaji setiap kenaikan pangkat/golongan, TC, sertifikasi dan program-program lainnya, namun ini hanya berlaku bagi mereka yang sudah terdaftar sebagi PNS (Pegawai Negeri Sipil) bagaimana dengan nasib guru honorer.?

Solusi Untuk Guru Honorer Sedikit Gaji

Solusi Untuk Guru Honorer Sedikit Gaji

 

Secara riset di negara kita ada dua jenis guru honorer, yang pertama honorer yang bekerja di Sekolah Negeri dan yang kedua honore yang bekerja di instansi swasta. dua jenis ini memiliki kekurangan dan kelebihan.


Guru honorer yang bekerja di sekolah negeri biasanya mendapat insentif sedikit dan bahkan hampir tidak sesuai hasil yang peroleh dari kerja yang ia lakukan, namun ada nilai postif yang bisa dikejar yaitu ada kemungkinan untuk dijadikan pegawai negeri dan pendapatan sertifikasi tentunya harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Adapun guru honorer yang bekerja di instansi swasta atau sekolah non negeri, bisanya mendapat insentif yang mencukupi bahkan ada juga yang hampir setaraf dengan gaji para pegawai tergantung level sekolahnya. namun peluang untuk naik peringkat untuk menjadi Pegawai Negeri berdasarkan jalur pengabdian kerja sangat kecil bahkan hampir tidak ada, untuk sertifikasi pun sangat langka terjadi.

Kendatipun demikian para guru honorer di negara ini masih termasuk dalam kategori angka rendah penghasilannya, namun secara kualitas dapat dipastikan kinerja para honorer terkadang melebihi para guru pegawai negeri.

Mendapat penghasilan dari setiap pekerjaan adalah harapan manusiawi, terlebih lagi profesi sebagai guru honorer, penghasilan yang tidak mumpuni dan jaminan kerja tidak menentu itulah dasar yang melahirkan dampak keresahan.

Ada banyak kasus yang terjadi, para guru honorer yang di PHK atau diberhentikan secara sepihak, bahkan ada yang dituntut atau di kambing hitamkan dari pengolaan dana sekolah, sangat memprihatinkan. Guru honorer yang terlambat mendapat insentif kemudian menanyakan kepada pihak sekolah terkadang berbuah permasalahan.


Untuk menangulangi permasalahan para guru non PNS ada jalan terbaik yang bisa anda lakukan, kami rangkum dengan tema Solusi Untuk Guru Honorer Sedikit Gaji.

Solusi Untuk Guru Honorer Sedikit Gaji 

 

1. Jangan jadikan profesi guru sebagai pendapatan utama
Menjadi guru adalah pilhan, seseorang yang sudah tumbuh dalam dirinya cinta terhadap dunia pendidikan, ia akam bertahan dalam kondisi apapun, namun disamping itu ada kebutuhan yang ia harus penuhi untuk kelangsungan hidup.

Buatlah strategi atau jalan keluar untuk mendapat pengasilan dari luar,  bisa dengan berbisnis dagang atau anda memiliki beberapa instansi tempat bekerja sehingga pendapatan anda mampu mencovers semua kebutuhan, jangan biarkan diri dan bertahan dalam kepasrahan karena itu akan menuai masalah

2. Jalin Hubungan Baik
Jangan pernah terucap dari mulut anda perihal gaji, insentif atau honor, jika memang ingin diutarakan sampaikan dengan bahasa yang baik dan cerdas, menjalin komunikasi yang baik terutama pada atasan, kemungkinan besar peluang untuk perubahan akan mudah tercapai.

3. Pindah (Hijrah)
Jika memang di tempat anda bekerja tidak mendapat  hasil yang sesuai maka sebaiknya carilah sekolah lain, gaji tidak cukup dan anda mepertahankannnya maka itu sama saja seperti membunuh diri anda sendiri, namun jika ada harapan dan peluang pada diri anda ada baiknya anda tetap optimis untuk bertahan.


Itulah cara terbaik yang bisa anda lakukan sebagai guru honorer atau guru non PNS, berat dan sangat berat, namun patut anda sadari menjadi guru adalah pkerjaan mulia dan tuhan tidak akan membiarkan diri anda selalu dalam kesulitan, selalu ada solusi jika anda mau berusaha.

Demikian edikit penjelasan seputar Solusi Untuk Guru Honorer Sedikit Gaji semoga bisa menjadi penyemangat untuk meraih kesuksesan di kemudian hari, salam pendidikan. 

0 Response to "Solusi Untuk Guru Honorer Sedikit Gaji"

Posting Komentar