Cara Melatih Pramuka Penggalang

Cara Melatih Pramuka Penggalang - Kesalahan terbesar pihak sekolah dalam menerapkan kegiatan pramuka adalah memiliih pembina atau pelatih pramuka yang tidak tepat, pramuka itu adalah ujung tombak pendidikan, pramuka mencover secara keseluruhan pendidikan dan pembelajaran di sekolah, tentunya seorang pembina dan pelatih harus peka terhadap itu.


Cara Melatih Pramuka Penggalang

Cara Melatih Pramuka Penggalang

Bagaimana cara untuk Melatih Pramuka Pengggalang di sekolah.? ini merupakan pertanyaan yang paling populer, di berbagai daerah, karena dalam kegiatan pramuka tingkat Penggalang (SMP) lebih tersohor ajang kegiatannya, salah satu kegiatannya adalah jambore, meskipun di tingkatan SMA ada Raimun dan SD ada Pesta Siaga namun Jambore lebih dikenal dan kerap buming di masyarakat.


Baca Juga : Penyebab Siswa Bandel di Sekolah 

Jika ingin menerapkan kegiatan pramuka tingkat penggalang di sekolah ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai upaya, karena anggota kepramukaan penggalang merupakan pelajara pase perekembangan dan pertimbuhan jati diri. ada beberapa poin yang harus dipersiapkan.

1 Kualitas Pembina
Seperti yang dijelaskan diatas pembina atau pelatih pramuka tidak bisa diambil dari sembarang orang, diutamakan kualitas dari pada kuantitas, karena di tingkat penggalang pembangunan karakter itu yang lebih dominan. Pelatih pramuka tidak mesti harus lulus KMD (Kursus Mahir Dasar). ukuran kemampuan dan kualitas pengetahuan pramuka tidak bisa dilihat dari ijazah KMD, banyak kita temukan lulusan KMD atau KML yang tidak berpotensi, bisanya hanya menyuruh dan memerintah tanpa ada pergerakan sebagai contoh.

Intinya kualitas, bisa dilihat dari pengalaman seseorang yang sering mengikuti ajang kepramukaan dan perlombaan di berbagai tingkat, meskipun ia hanya tamatan SMA namun jika kualitasnya ada itu lebih baik.

2. Program dan Pencapaian
Sebelum melaksanakan pelatihan, pihak sekolah harus memiliki rancangan kegiatan, menyesuaikan kalender akadmik dan kegitan-kegitan pramuka di daerah, selain itu apa pencapaian yang harus dicapai siswa, baik bulanan, semester sampai tahunan, dengan ini pihak sekolah lebih mudah mengevaluasi kinerja pelatih meskipun mereka tidak mengerti kepramukaan

3. Pelajari dan Praktekkan
Cara Melatih Pramuka Penggalang yang paling uatama adalah praktek, mempelajari teori sesingkat mungkin dan memperbanyak praktek, ini adalah strategi untuk menghlangkan kejenuhan anggota pramuka, siswa tingkat SMP biasanya cepat bosan, oleh karena itu jangan terlalu fokus pada teori-teori, seperti sandi, morse, take pram dan lain-lain, namun langsung mempraktekkannya bersama siswa, disinilah dituntut pelatih pramuka yang berkualitas seperti poin satu diatas.

Jika memang ada kesempatan untuk mengikuti ajang perlombaan, perkemahan atau kegiatan kepramukaan lainnya, upayakan siswa-siswi anda mengikutinya meskipun perseiapan tidak mencapai 60% dengan upaya menjadikan ini sbagai pengalaman untuk membangun mental pelajar.

4. Ikuti Struktur Dasar Kepramukaan
Jika memang anda ingin mencapai hasil maksimal dari program kegiatan pramuka maka terapkan semua pola dan sistem dasar yang sudah ditetapkan, seperti pengadaan SKU (standart kecakapan khusus). buku kecil yang berisi poin pembelajaran yang harus diisi siswa, dengan ini pihak sekolah mengetahui sejauh apa kemampuan para peserta didik mereka dengan melihat SKU. disini juga pihak sekolah harus memberikan penghargaan pelantikan kepada setiap siswa yang mampu mengisi semua SKU nya. untuk lebih jelas silahkan anda tanyakan kepada pembina pramuka di sekolah anda.


5. Perbanyak Game dan Hiburan
Kasus yang sering terjadi Pramuka tingkat Penggalang adalah jumlah anggota yang tersu berkurang, artinya minat siswa tidak lagi kokoh untuk pramuka, semua ini berawal dari pelatih yang tidak berpotensi untuk memberikan pengayoman terbaik, game dan hiburan sangat penting dalam kepramukaan, bukankah kepramukaan itu disebut dengan (Belajar sambil bermain) pembelajaran yang didapatkan dalam permaian.


Baca Juga : Cara Sukses Melaksanakan Kegiatan Pramuka di Sekolah

Game yang disajikan tentunya game yang menarik dan menghibur selain itu membuat yel-yel yang seru sehingga semanga setiap anggota terbakar dan latihan pramuka pun berjalan lancar.

Demikianlah sedikit informasi seputar Cara Melatih Pramuka Penggalang semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Melatih Pramuka Penggalang"

Posting Komentar