Cara Membersihkan Telinga dengan Benar

Cara Membersihkan Telinga dengan Benar - Pernahkah anda mendengar kasus tentang orang yang mengalami luka parah pada telinganya akibat membersihkan rongga telinga yang tidak tepat, berita seperti banyak dilampirkan di majalah-majalah, situs kesehatan dan  di youtube anda bisa lebih jelas menyaksikannya, bahkan ada orang menderita kesakitan yang parah karena telinganya dimasuki binatang dan benda asing.


Cara Membersihkan Telinga dengan Benar

Cara Membersihkan Telinga dengan Benar

Kenapa bisa terjadi kesalahan saat membersihkan telinga.? apakah mungkin telinga kemasukan benda asing dan bagaimana cara membersihkan telinga dengan baik.? pada kesempatan ini kita akan kupas dengan tuntas semoga bisa menjadi manfaat.

Pilih alat pembersih telinga
Membersihkan Telinga dengan Benar harus dengan alat yang tepat, yang paling familiar kita kenal adalah "cotton bud", banyak argumen yang menyatakan bahwa cotton bud tidak baik digunakan untuk membersihkan telinga sepenuhnya dan bisa mendorong kotoran semakin masuk ke dalam. ini sepenuhnya tidak benar semua itu tergantung bagaimana kita menggunakan cotton bud. 
Baca Juga : Penyebab Orang Tidak Bisa Berhenti Merokok
Sebenarnya ada alat lain yang lebih efektif dan aman yaitu wax vak (alat elektronik yang berfungsi menghisap kotoran telinga), kertas lilin juga sangat baik dan telah teruji, apapun alat yang anda gunakan pastikan anda sudah mahir untuk menggunakannya jangan pernah mencoba-coba obat untuk telinga anda.

Bersihkan Telinga selepas Mandi
Setelah mandi rongga telinga anda tentunya akan mengalami basah atau lembab, sehingga sangat mudah untuk dibersihkan, gunakan cotton bud dengan memasukkannya sambil memutar 50% kek kearah kanan dan 50% ke kiri. maksudnya memasukkan cotton bud dengan memutar.
Baca Juga : Dampak Buruk Akibat Onani
Penggunaan cotton bud haruslah hati-hati terutama bagi anak kecil dan jangan dilakukan dalam keadaan terburu-buru karena pemakaian cotton bud yang tidak tepat akan mengakibatkan kerusakan pada rongga bagian dalam telinga.

Jangan Membersihkan Telinga di terik panas
Pada saat cuaca panas kelenjar (kotoran telinga) akan mengeras dan mengental di dalam rongga, jika dipaksakan untuk keluar dengan melakukan pengorekan maka akan menngakibatkan luka dan infeksi.



Cara Membersihkan Telinga dengan Benar


Jangan Gunakan Alat Bekas
Dalam urusan membersihkan telinga cukuplah sekali pakai saja, jika anda menggunakan pembersih cotton bud jangan masukkan berkali-kali namun satu cabang cotton bud untuk setiap kali anda memasukkannya ke rongga telinga, begitupula dengan alat lain, jika anda menggunakan alat pengorek khusus maka sebaiknya anda membersihkannya terlebih dahulu baru menggunakannya.

Jangan Biarkan jika telinga terasa sakit
Jika setelah membersihkan rongga telinga anda merasa kesakitan atau ada yang ganjil pada telinga anda maka sebaiknya lakukan tindakan alternatif yaitu menghubungi dokter, jangan mencoba-coba sugesti yang belum jelas atau mengikuti saran orang awam karena mungkin saja telinga anda terkena infeksi atau kemasukan benda asing.

Demikianlah Cara Membersihkan Telinga dengan Benar, jagalah selalu kebersihan telinga anda semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Membersihkan Telinga dengan Benar"

Posting Komentar