Cara Menerapkan Metode Pembelajaran Diskusi di Kelas

Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi - Banyak upaya yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran, metode, media san strategi terus dimodifikasi demi mewujudkan pembelajaran yang solid, namun banyak keluhan dari kalangan guru (pengajar) menyatakan bahwa metode-metode yang ditawarkan tidak bisa direalisasikan semua karena tidak mencapai hasil yang maksimal dan sulit dilakukan, mereka tetap saja mereka berpegang teguh pada pilihan sendiri dalam menjalankan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).


Cara Menerapkan Metode Pembelajaran Diskusi di Kelas

Cara Menerapkan Metode Pembelajaran Diskusi di Kelas

Setiap metode pembelajaran tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tidak ada metode pembelajaran yang sempurna, salah satu metode yang digunakan secara umum di negara ini adalah metode pembelajaran diskusi, kendaptipun metode ini sering dilakukan bukan berarti semua guru mengerti pelaksanaannya, banyak guru yang membuat forum diskusi siswa di kelas karena merasa malas mengajar padahal dalam metode diskusi perlu pengawasan dari guru pengajar.
Baca Juga : Solusi Untuk Guru Honorer Sedikit Gaji
Bagaimana Cara Menerapkan Metode Pembelajaran Diskusi di Kelas.? inilah yang akan menjadi pembahasan pada artikel ini, satu hal yang perlu kita pahami bahwa metode diskusi itu berbeda penerapannya pada setiap mata pelajaran, maksudnya tergantung pada jenis mata pelajarannya atau rumpun bidang studi, seperti IPA, IPS dan Bahasa. namun scara umum akan kita kupas strategi pelaksaannya.

1. Buat kelompok yang solid
Syarat yang paling utama anggota kelompok yang solid, maksudnya anggota dalam satu kelompok memiliki karakteristik yang berbeda, secara global seorang guru bisa menerka anak yang cerdas dan mana anak kurang aktif di dalam kelas, oleh karena itu Metode Pembelajaran Diskusi di Kelas tidak bisa dilakasanakan di awal tahun pembelajaran, begitu masuk di hari pertama langsung di suruh berdiskusi, tentu saja hal ini tidak akan membuahkan hasil.

Selain itu ada beberapa kesalahan guru yang kerap terjadi, tidak memperdulikan keanggotaan dalam kelompok, terkadang mengelompokkan berdasarkan urutan nama di absen kelas dan yang lebih parah lagi pembagian kelompok di serahkan ke siswanya, ini merupakan tindakan yang keliru, terkecuali pemblejaran di perkuliahan.

2. Poin Pembahasan
Setelah guru menyajikan materi atau bahan yang akan di diskusikan dan membagikan paper ke siswa, guru harus menentukan poin pembahasan, maksudnya ada urutan pembahasan dalam diskusi agar tujuan tercapai, jika tidak ada poin-poin pembahasan maka proses diskusi tidak akan berjalan lancar dan kerap ngawur. makanya banyak kita temukan siswa-siswi yang bermain-main dalam diskusi, bercanda alias tidak serius. inilah Penenerapan Metode Pembelajaran Diskusi di Kelas yang benar.

3. Manajemen Waktu
Dalam Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi di Kelas juga harus ada batasan-batasan waktu, dimana guru wajib memanage waktunya untuk lebih objektif. dalam jam pelajaran yang disediakan guru harus mampu mencapai target pembelajaran tapat waktu, oleh karena itu disini harus ada menajemen waktu yang jelas.

4. Pengawasan
Ketika guru sudah memberikan instruksi untuk memulai diskusi, bukan berarti guru boleh pergi kemana saja meninggalkan ruangan kelas, jika terjadi demikian itu namanya guru malas, meninggalkan siswanya sementara ini asik ngobrol di kantor atau di kantin. dalam metode diskusi harus ada pengawasan, guru bisa berjalan mengitari kelompok-kelompok atau setidaknya duduk di kusri pengajar.


Cara Menerapkan Metode Pembelajaran Diskusi di Kelas


5. Evaluasi
Inilah tahap terakhir dalam penerapan Metode Pembelajaran Diskusi di Kelas, keseluruhan hasil diskusi siswa harus dipresentasikan di hari itu juga, oleh karena itu guru harus mampu mengatur waktu dengan baik seperti poin nomer 3, setelah presentasi semua kelompok selesai maka lakukanlah evaluasi dan perbaikan-perbaikan jika ada kesalahan dan jangan lupa beri penghargaan pada kelompok yang mencapai target maksimal.
Baca Juga : Cara Menyampaikan Pendapat dalam Forum
Itulah sistematis dasar penerapan Metode Pembelajaran Diskusi di Kelas, adapun yang lainnya hanya pengembangan dan pembaharuan namun konteksnya tidak pernah lepas dari ke lima poin diatas, demikianlah pembahasan seputar Cara Menerapkan Metode Pembelajaran Diskusi di Kelas, semoga bermanfaat dan selamat mengajar untuk para guru.

0 Response to "Cara Menerapkan Metode Pembelajaran Diskusi di Kelas"

Posting Komentar