Pengertian Musibah dan Cobaan



Pengertian Musibah dan Cobaan - Ada banyak hal yang dialami manusia selama hidup di dunia, kesenangan , kesulitan, sakit, bencana dan lain-lain, beda manusia tentu beda pula jalan hidup yang dilaluinya, sekarang kita berada pada pembahasan perbedaan antara Musibah dan Cobaan, apakah kedua ini memiliki defenisi yang sama atau ada hubungannya, namun jelasnya terkadang kita tidak bisa membedakannya, jika suatu peristiwa terjadi kita hampir tidak bisa membedakan mana musibah dan cobaan.

Pengertian Musibah dan Cobaan 

Pengertian Musibah dan Cobaan

Untuk lebih jelas mengkaji tentang Musibah dan Cobaan ada baiknya kita telaah pengertiannya secara bahasa, karena dari sini akan lebih memudahkan bagi kiata :

Defenisi Musibah dan Cobaan 
Musibah adalah ganjaran (sebab-akibat) yang terjadi pada manusia berdasarkan apa yang ia lakukan, bisanya ini terjadi kepada orang yang pernah melakukan kesalahan sehingga tuhan murka dan akibat yang ia dapat itulah yang disebut dengan musibah.


Baca Juga : 5 Kunci Sukses Dalam Hidup

Cobaan bahasa lainnya adalah ujian, secara istilah dapat dimaknai proses peningkatan derajat bagi manusia, namun peningkatan ini akan diraih jika ia behasil dari apa yang diujikan, sama hal nya dengan tes ujian di sekolah, orang yang mendapat juara dan naik kelas berdasarkan nilai yang ia dapatkan selama ujian di sekolah.



Defenisi Musibah dan Cobaan 


Jenis Musibah dan Cobaan 
Berdasarkan jenisnya tidak bisa dibedakan, bisa saja cobaan yang dihadapi seorang manusia ama persis dengan musibah, misalkan ada seseorang kehilangan barang atau dicopet sehingga uangnya raip diambil perampok, bisa saja ini terjadi berdasarkan musibah, mungkin dia pernah merampok orang atau menggunakan uang tidak pada tempat yang baik sehingga tuhan menegurnya, Hal ini bisa juga dikatakan ujian mungkin saja tuhan ingin mengujinya apakah ia masih bisa bersabar disaat sedang kehilangan. jenis Musibah dan Cobaan itu merupakan rahasia tuhan.

Bencana Alam Musibah atau bencana
Ini akan menjadi pembahasan menarik, berbicara masalah bencana di indonesia, tentang bencana tsunami memang tidak asing lagi, buming sampai sekarang, banyak klaim menyatakan bahwa tsunami terjadi di aceh karena maksiat yang dilakukan masyarakatnya, hal ini juga pernah diungkap seorang ustaz masyhur di jakarta, namun dikemudian hari ia meminta maaf kepada public khususnya masyarakat aceh.


Baca Juga : Ingin Bahagia.? Jauhi Wanita yang suka Merajuk

Begitu pula dengan bencana letusan gunung, banjir bandang dan lain-lain masyarakat indonesia umunya kerap menyatakan itu adalah musibah (hukuman dari Allah) yang dikhususkan untuk masyarakat setempat. sebenarnya anggapan ini tidak semua benar (ada pengecualian) meskipun ada dalil kuat menyatakan bahwa akan didatangkan hukuman bagi orang-orang yang berbuat maksiat berupa bencana, meskipun tidak semua melakukannya namun merasakan dampaknya secara umum.

Bencana yang menimpa komunitas tidak bisa dikatakan sebagai musibah secara menyeluruh karena tidak semua orang disana berbuat dosa, namun dampak dari bencana tersebut juga dirasakan orang-orang yang tidak berbuat oleh karena itu manusia dianjurkan untuk saling mengingatkan dalam berbuat baik dan melarang pada perbuatan dosa.

Musibah sebagai Teguran
Adapun salah satu contoh nyata dari musibah adalah seorang manusia yang sikap dan kebiasannya selalu ghibah atau fitnah dan pada suatu hari ia merasakan sakit di mulutnya dan bahkan membusuk, ini merubakan musibah, namun secara global musibah ini juga bisa dikatakan teguran, dalam hal teguran ada yang sifatnya mikro dan makro (skala besar dan kecil).


Baca Juga : Hukum Wanita Merokok dan Dampak Buruknya

Kesimpulan
Setiap manusia tentunya mengalami lika-liku kehiudupan, musibah dan cobaan kerap menimpa, ini merupakan ketetapan yang tidak bisa di hindari, yang bisa kita lakukan adalah menghadapinya, maka dikatakan, bersabar dalam menghadapi cobaan dan berusaha dalam menghadapi ujian.

Mana ujian mana cobaan tentunya kita bisa menerka itu jika terjadi kepada diri kita sendiri namun terhadap orang lain mungkin akan sulit kecuali ada kedekatan dengannya.

Demikianlah wacana seputar Pengertian Musibah dan Cobaan semoga bermanfaat dan bubuhkan komnetar positif anda untuk membangun artikel ini menjadi lebih baik,


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Musibah dan Cobaan "

Posting Komentar