Sumpah Yang Sah Dalam Agama Islam



Sumpah Yang Sah Dalam Agama Islam - Bersumpah adalah salah satu jalan atau cara yang dilakukan seseorang sebagai pengutan argumentasi dengan harapan menarik kepercayaan dan keyakinan dari orang lain, ada banyak   jenis sumpah yang dilakukan manusia dalam kehidupan sosial, ada sumpah yang sangat fenomenal di dunia maya dan entertaiment yang dipopulerkan oleh seorang pengacara kontropersional yaitu "sumpah Pocong" semua orang ditantang untuk membuktikan suatu kebenaran, apakah sumpah ini berlaku dan sah dalam agama islam, berikut penjelasan kami sajikan untuk anda.


Sumpah Yang Sah Dalam Agama Islam

Sumpah Yang Sah Dalam Agama Islam

Seperti yang disebutkan diatas tadi ada banyak jenis sumpah yang marak di masyarakat, sumpah pocong, sumpah mengatas namakan leluhur, orang tua dan bahkan ada sumpah dikenakan musibah "sumpah samper geledek" semua itu hanya sebutan belaka dan tidak sah menurut syariat islam.

Apakah Hukumnya bersumpah.?
Dari aspek hukum islam sumpah boleh saja dilakukan dan tidak ada larangan, namun semua itu harus dilakukan sesuai adab dan tidak ada maksud memperolok-olok apalagi bersumpah pada kebohongan, ini sama sekali sudah termasuk dalam dosa besar. 


Bagaimana Sumpah Yang sah dalam agama Islam.?
Sumpah yang sah sesuai syariat adalah sumpah yang mengatasnamakan tuhan "Allah" menurut pendapat rajih dari ulama tasawuf bahwa syarat sumpah harus mengaitkan ketuhanan, dengan huruf sumpah yaitu "Wa, bi, dan ta" Wallahi, Billahi dan Tallahi, Jika seorang muslim berargumentasi dengan bersumpah sesuai dengan syarat huruf ini maka sumpahnya dikatakan sah.
Baca Juga : Dampak Buruk Akibat Onani
Jika ada orang yang mengumbar sumpah dengan menyatakan, demi tuhan saya akan gantung diri jika saya bersalah, atau saya akan potong jari saya jika saya bohong, sumpah seperti ini tidak sah, jika pun ia melanggar dari sumpahnya itu maka dosa yang jatuh padanya hanya dosa berbohong.

Bagaimana kita menyikapi orang yang bersumpah.?
Jika ada orang (muslim) yang bersumpah seseuai dengan syarat yang disebutkan diatas maka hukumnya wajib bagi kita untuk mempercayai meskipun ada keyakinan bahwa dia itu berbohong, singkatnya wajib bagi kita mempercayainya.

Ada juga sumpah yang dilakukan untuk penguatan diri seperti sumpah jabatan, jika sudah seseuai prosedur maka itu dikatakan sah, jika terjadi pelanggaran dari apa yang disumpahkan maka jatuh padanya dosa besar. jika sumpah narasi yang sering kita dengar seperti sumpah pemuda, sumpah palapa itu hanya argumentasi belaka dan maksud dan tujuannya pun berbeda.

Kenapa Orang mudah bersumpah.?
Ini termasuk dalam adat kebiasaan, jika kita melirik kepada masyarakat di tanah Arab, tabiat mereka memang sangat mudah bersumpah dalam urusan kecil, apapun disumpahkan. namun para ulama tetap bersikukuh berpendapat bahwa tidak ada kebaikan jika seorang muslim terlalu mudah melibat Allah dalam perkara kecil.


Sumpah Yang Sah Dalam Agama Islam

Dalam aspek lain, seperti sikologi bersumpah itu adalah hal yang biasa dilakukan oleh orang yang biasa berbohong, untuk memikat perhatian dan kepercayaan orang lain maka bersumpah adalah jalan termudah baginya.
Baca Juga : Hubungan Pacaran Siapa Yang Rugi
Sebaiknya kita tidak perlu bersumpah dalam urusan spele karena itu sama sekali tidak baik dan menandakan kita itu tidak jujur dan komitmen, sedikit berargumen sudah bersumpah, orang yang mendengarkan pembicaraan kita pun akan merasa risih.

Inilah penjelasan seputar Sumpah Yang Sah Dalam Agama Islam, semoga bermanfaat dan bisa kita jadikan sebagai pembelajaran.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sumpah Yang Sah Dalam Agama Islam"

Posting Komentar