Hukum Bewudhu' di dalam Wc Sah Atau Tidak

Hukum Bewudhu' di dalam Wc Sah Atau Tidak - Banyak pertanyaan terbesit difikiran pelajar dalam pengkajian ilmu fiqh, karean ilmu fiqh merupakan ilm dasar utama yang mengartur pla hidup manusia dari dalam kandungan sampai meninggalkan dunia masuk ke liang kubur, salah satu yang pertanyaan yang buming adalah, apakah sah wudhu' seseorang jika ia berwudhu' di dalam WC.

Hukum Bewudhu' di dalam Wc Sah Atau Tidak

Hukum Bewudhu' di dalam Wc Sah Atau Tidak

Kenapa timbul pertanyaan demikian, ini disebabkan pandangan umum, sehatinya berwudhu' adalah pencapaian kesucian, nah bagaimana jika tempat orang yang ingin bersuci ternyata didalamnya banyak najis.? kita sudah tahu bahwa ruangan WC itu adalah terminalnya najis.

Kajian Dasar
Untuk menjawab Hukum Bewudhu' di dalam Wc Sah Atau Tidak, kita kembalikan dahulu kepada hukum dasar, bahwa syarat sah berwudhu'adalah menggunakan air yang suci dan mensucikan dan faktor eksternal membatalkan wudhu' jika ada bagian tubuh terkena najis.

Kondisi WC
Jika kita beranjak kepada hukum dasar maka mari kita cermati suasana WC atau kamar mandi yang dijadikan lokasi berwdhu'. jika kondisinya memang jauh dari pada kategori suci, seperti banyaknya bekas kotoran yang menempel di lantai atau didinding, air yang tersedia di bak keruh dan berkarat, badan bak wc sangat rendah dan berdekatan dengan kloset maka itu sudah masuk dalam kategori syak (dikhwatirkan tidak sah) berdasarkan hukum fiqih, qaidah dalam memberikan hukum berdasarkan (jahir) jelas.
Baca Juga : Usia Ideal Untuk Menikah Berapa Tahun
Jika kondisi wc itu jorok tentunya ada pandangan kekhawatiran maka itu sudah tergolong tidak sah wudhu' seperti kondisi wc umum, dinding dan lantainya semua berwarna kuning akibat kotoran dan sangat jorok. menggunakan akal fikiran sehat, bagaimana mungkin anda bisa mensucikan diri disana sedangkan lokasinya jauh dari kategori suci secara jahir.

Berdasarkan Hukum Fiqh tentang lokasi Wudhu'
Tidak ada ketetapan lokasi, yang jelas diperhatikan adalah kesucian, jika memang kondisi wc di rumah anda bersih, ada kran khusus dan klosetnya tertutup serta tidak ada bekasa najis, maka wudhu' yang anda lakukan sudah sah.

Bagaimana lebih baiknya.?
Sebaiknya anda tidak berwudhu' di dalam wc, berwudhu'lah di mesjid atau tempat yang jauh dari pada kotoran-kotoran, karena berwudhu' itu bukanlah kegiatan bersuci yang asal-asalan. meskipun rukun wudhu' hanya 5 saja. namun penataannya perlu anda perhatikan, tidak bisa dilakukan secara terburu2, dari mulai memeriksa kulit badan anda apakah ada benda asing yang menutupi badan yang wajib terkena air wudhu' dan memperhatikan anggota badan lainnya apakah sudah terkena sapuan air dengan merata.
Baca Juga : Hal yang harus diperhatikan dalam Berwudhu'
Untuk melakukan hal diatas tentunya anda membutuhkan waktu yang sedikit lama, jika anda berada di ruangan wc yang jorok tentunya anda akan terburu dan tidak bertahan lama selain itu wc adalah terminalnya najis-najis.

Allahu A'lam

Demikianlah sedikit pembahasan seputar Hukum Bewudhu' di dalam Wc Sah Atau Tidak, semoga bermanfaat

0 Response to "Hukum Bewudhu' di dalam Wc Sah Atau Tidak"

Posting Komentar