Pengertian LT (Lomba Tingkat) Pramuka Penggalang

Pengertian LT (Lomba Tingkat) Pramuka Penggalang - Sampai di tahun 2016 masih banyak juga pihak sekolah (kepala sekolah) yang belum paham seputar LT Pramuka, setiap undangan edaran dari kwarcab selalu bertanya-tanya apa sih itu LT dan lebih buruk lagi banyak pembina pramuka yang salah paham atau salah memahami kegian LT.


Pengertian LT (Lomba Tingkat) Pramuka Penggalang


Pengertian LT (Lomba Tingkat) Pramuka Penggalang

Lomba Tingkat itulah kepanjangan dari LT, kegiatan ini dikhususkan untuk pramuka penggalang, didalamnya terdapat perlombaan antar regu. Lomba Tingkat ini memiliki beberapa tahapan sebagai berikut:

1. LT 1 = Perlombaan yang dilaksanakan di gugus depan atau tingkat gugus depan, biasanya diselenggarakan oleh sekolah SMP atau MTs, Perlombaan ini diikuti seluruh regu di gugus depan.

2. LT 2 = Adapun LT 2 adalah kegiatan perlombaan yang diselenggarakan tingkat ranting/ Kwartir Ranting (kecamatan) diikuti regu-regu perwakilan gugus depan.

3. LT 3 = Perlombaan tingkat Kwartir Cabang (Kabupaten) pesertanya adalah perwakilan dari Kwartir Ranting.

4. LT 4 = Perlombaan tingkat Kwartir Daerah (Kwarda)

5. LT V = Perlombaan Tingkat Nasional (Kwarnas)

Materi Utama Lomba Tingkat
Adapun Materi dalam Lomba Tingkat dibagi menjadi empat kelompok kegiatan :

1.Bidang Agama, Mental, Spiritual dan Pembentukan Watak, ini meliputi penguasan pada aspek Ibadah Siraman Rohani dan juga upacara.

2. Bidang Ketangkasan, Olah raga dan Patriotisme, meliputi penguasaan materi  : olah raga, pionering, halang rintang, aneka olah raga permainan berkelompok dan lainnya.

3.Bidang Kesehatan, Keterampilan, seperti; penguasaan materi teknik ketrampilan (komputer, fotografi, memasak) seminar, kebersihan lingkungan, Pengetahuan Kepramukaan, Penjelajahan, sandi, morse, semaphore, dan lainnya.

4. Bidang Seni dan Budaya, seperti; meliputi penguasaan :hasta karya dan kerajinan tangan, Pentas Seni, Api Unggun, Peragaan busana dan Gebyar Budaya.

Sistem Kejuaraan
Adapun sistem kejuaraan dala LT adalah : setiap jenis kegiatan hanya diambil tiga regu putra dan tiga regu putri yang terbaik sebagai pemenang (peraih) tergiat I, tergiat II dan tergiat III.  selain itu regu yang meraih emas terbanyak akan ditetapkan sebagai Regu Tergiat Umum. Maka Regu inilah yang sah menjadi juara umum.

Itulah pembahasan seputar Pengertian LT (Lomba Tingkat) Pramuka Penggalang, semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian LT (Lomba Tingkat) Pramuka Penggalang"

Posting Komentar