Cara Agar Listrik Hemat dan Tidak Mahal

Cara Agar Listrik Hemat dan Tidak Mahal - Masa sekarang biaya pembayaran listrik memang sudah tinggi, terlebih lagi bagi masyarakat menengah kebawah, terkadang jumlah pembayaran tiap bulannya mencapai 400-500 ribu, biasanya ini terjadi pada mayarakat yang menyewa perumahan dengan ukuran Amper tinggi, mau tidak mau harus merogoh kantong untuk membayar tagihan listrik.

Cara Agar Listrik Hemat dan Tidak Mahal

Cara Agar Listrik Hemat dan Tidak Mahal

Besarnya biaya pembayaran listrik terutama pada listrik prabayar membuat masyarakat memutar otak memikirkan cara agar terlepas dari permasalahan ini, ditambah lagi dengan perhitungan pembayaran yang tidak stabil, terkadang ada terjadi kasus yang serius, seperti banyaknya serapan biaya pada listrik prabayar, diisi pulsa listrik dengan jumlah seratus ribu dan itu habis total hanya empat sampai lima hari padahal pemakaian barang-barang elektronik tidak begitu besar angkanya.
Baca Juga : Penyebab Motor Boros Bensin
Disini masyarakat terkadang melakukan manuver bebagai cara agar biaya pembayaran tagihan listrik tidak mahal. dari cara putih sampai cara hitam sudah dilakukan, banyak terjadi pencurian arus litrik ini disebabkan karena kejengkelan masyarakat yang sudah tidak mampu dibendung akibat besarnya tagihan listrik di negara ini, namun tindakan itu melanggar hukum dan pelaku akan mendapat hukuman dari pemerintah.
Baca Juga : Penyebab Listrik Boros 
Mungkin anda sudah bosan dengan tips-tips yang menyatakan cara agara listrik tidak boros atau cara jitu agar listrik tidak mahal, namun setelah mencobanya hasil yang anda dapatkan tidak baik dan masih jauh dari harapan, disini kami ingin berbagi untuk anda Cara Agar Listrik Hemat dan Tidak Mahal, tips ini besar kemugkinan ampuh menurunkan biaaya pembayaran listrik anda.

Cara Agar Listrik Hemat dan Tidak Mahal langsung dari Direktur Utama PT Energy Management Indonesia (EMI) pak Aris Yunanto.

1. Mengatur Temperatur AC
Ini adalah langkah utama bagi anda yang anda yang sudah memasang AC dirumah, perlu anda ketahui bahwa sekitar 50% kebutuhan listrik dirumah berasal dari AC,  anda hanya perlu mengatur pola suhunya, ketika menyalakan AC jangan langsung diturunkan suhunya, namun stabilkan pada angka 24 atau 25'C.

Setiap suhu AC diturunkan akan terjadi penambahan arus listrik sekitar 6%, jadi jika diturunkan dari angka 24' menjadi 18' sekali gus, maka akan terjadi beban tambahan penggunaan mencapai 33% daya listrik. solusi yang terbaik adalah anda mengartur ukuran suhu AC yang tetap dan menyalakannya satu jam sebelum anda menggunakan ruangan tersebut.

2. Cabut Segala Colokan
Kebiasaan yang sering kita lakukan adalah membiarkan cok menempel pada panel colokan listrik padahal tidak sedang digunakan, seperti carger HP, Cok TV, Laptop dan lain-lain. jika ini masih dibiarkan maka akan terjadi pemborosan, karena caherger yang masih tercolok akan menyedot arus 80% dari listrik normalnya. jadi solusi terbaik adalah jangan membiarkan colokan menempel atau terpasang setelah selesai mengisi daya.

Isi caheger adalah benda kumparan jadi jika masih terpasang maka arus listrik akan terus memutar, kondisi sepert ini arus litrik akan mengalir 30% dari normalnya. jadi jika ada colokan pada 5 ampere setelah selesai tidak dicabut maka masih ada sekitar 2 ampere yang terus terpasang.

3. Jangan gunakan sembarang alat elektronik
Penawaran barang elektronik hemat energi sepatutnya kita perhatikan dan benar-benar kita aplikasikan pada saat membeli barang, membeli barang yang seken bukan berarti anda selamat dari pemborosan pemakaian listrik, kita tidak tahu kumparan yang ada pada mesin alat tersebut masih berfungsi stabil atau tidak.

Belilah barang elektronik yang ramah akan pemakaian arus litrik, ini adalah cara cerdas, terkadang sering terjadi masalah pemborosan arus listrik  pada semabarang alat-alat elekronik seperti kulkas, mesin cuci, Ac dan lain-lain


4. Hemat dan Hemat
Ini adalah langkah terakhir namun tidak kalah peniting, intinya hanya perhatian dan kedisiplinan, jika memang anda tidak memerlukan lagi maka putuskan arus litriknya, misalkan mematikan lampu ruang tamu pada jam tidur, TV dihidupkan pada saat diperlukan dan lain-lain, semua kembali pada pola pengaturan sesuai kebutuhan anda. namun jika anda mengabaikan maka keborosan dan bayar mahal akan hadapi terus menerus.
Baca Juga : Cara Merawat Motor Matic Agar Irit BBM 
Itulah berberapa tips atau cara Agar Listrik Hemat dan Tidak Mahal, silahkan coba dan rasakan hasilnya, anda sangat memerlukan ini, karena setiap tahun biaya pembayaran listrik terus meningkat, bahkan tahun ini meningkat 3 kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

0 Response to "Cara Agar Listrik Hemat dan Tidak Mahal"

Posting Komentar