Cara Membaca Puisi Yang Menarik Memikat Audiens

Cara Membaca Puisi Yang Menarik - Menampilkan puisi yang menarik di depan audien atau khalayak ramai bukanlah sesuatu yang sulit, namun patut diperhatikan adalah susunan kata dalam puisi tersebut dan makna yang terkandung didalamnya, meskipun kata yang disampaikan dalam puisi itu tergolong baik dan indah namun jika maksud dari isinya tidak menyentuh audien maka sama sekali tidak menarik.

Cara Membaca Puisi Yang Menarik Memikat Audiens

Cara Membaca Puisi Yang Menarik Memikat Audiens

Membaca puisi bukanlah asal membaca seperti membaca teks biasa, bukan pula seperti bernyanyi, namun ada dayuan suara dan intonasi suara serta mimik wajah yang kondusif dengan perasaan yang terdapat dalam puisi tersebut.
Baca Juga : Penyebab Anak Menjadi Nakal dan Malas
Dalam perlombaan membaca puisi terkadang kita lihat banyak sekali model dan corak gaya orang dalam menampilkan puisinya, semua itu hanya memiliki satu maksud yaitu untuk memikat para pendengar dan juri, agar tertarik dari lantunan puisi yang ia tampilkan.

Cara Membaca Puisi Yang Menarik Memikat Audiens
1. Perhatikan kualitas suara
Ini adalah modal utama, dalam membaca puisi mengolah dan memainkan suara merupakan hal penting, jadi pastikan kualitas suara anda tidak teerganggu atau rasa sakit di bagian tenggorokan sebaiknya anda seger melakukan pengobatan, baca disini :  Cara Mengobati Tenggorokan Sakit dan Gatal

2. Kuasai dan pahami Bahan Teks
Anda harus menguasai kata-kata yang terdapat dalam teks, bukan berarti anda menghafalnya namun anda mengetahui susunan kata perkata, jadi disaat anda membaca bait pertama, bait selanjutnya anda sudah mengetahui kata apa yang akan anda baca dengan ini anda akan lebih mudah mencermati puisi anda.

Selain itu pahami terlebih dahulu makna yang terkandung dalam puisi yang baca, dengan memahaminya anda akan mudah mengeksprrsikan intonasi suara dan mimik wajah anda, disaat bertemu kalimat yang menyatakan keresahan anda dengan refleks menunjukkan mimik wajah yang kondusif.

3. Pilih Gaya dan irama yang anda minati
Seperti yang dijelaskan diatas, ada banyak gaya, banyak corak, banyak irama yang ditampilkan orang dalam membaca puisi, tentunya setiap guru di sekolah anda berbeda pandangan tentang irama dalam membaca puisi. anda tidak perlu pusing memikirkan itu, anda hanya pilih mana yang lebih anda suka, jangan berpacu pada trend, karena itu akan menyulitkan anda terkecuali dalam perlombaan pihak juri menentukan gaya irama dalam menyampaikan puisi.

4. Intonasi
Dalam hal membaca puisi, intonasi disini adalah penekanan kata, misalkan ada kata yang sekiranya dalam mengejutkan audiens maka disitulah kesempatan anda menekankan kata tersebut dengan penuh semangat. oleh karena itu anda harus belajar dan memlilih kata yang tepat.

5. Melatih Mimik Wajah
Membaca puisi dengan tersenyum, dengan menangis atau bahkan sambil tertawa, inilah uniknya puisi, dengan gaya penyampaian anda mentransfer ide fikiran kepada orang lain. nah dalam hal ini tentunya anda harus belajar mengepresikan wajah anda, biasakan wajah anda tampil dengan berbagai keadaan sesuai dengan isi konten puisi yang anda baca.

6. Pemilihan Pakaian
Dalam menampilkan-membaca puisi, pemilihan seragam juga mempengaruhi keualitas penampilan, jika lomba membaca puisi dilaksanakan antar-sekolah sebaiknya anda memilih pakaian yang tepat dan singkron dengan puisi anda, jangan puas dengan memakai seragam sekolah saja, meskipun juri tidak mewajibkan atau menilai dari jenis seragam, namun lebih baik anda menggunakan seragam yang tepat. itu akan tetap memberikan nila plus.

7. Gunakan Media
Dalam menampilkan puisi anda bisa menggunakan media untuk lebih menarik dan memikat audiens, namun media yang anda gunakan disini bukan media skala besar seperti boneka dalam story telling, namun anda bisa menggunakan media sederhana dan kecil, contohnya bendera kecil, anda bisa memeperlihatkannya disaat anda sedang membahas tentang bendera.

7. Lihting
Pernahkan anda berfikir memainkan suasana panggung adalah bahan pendukung dalam membaca puisi, ini adalah nilai tambahan, jika anda tampil di panggung yang besar dengan lampu-lampu beragam, ini merupakan kesempatan emas bagi anda, anda bisa memainkan Lihting, misalkan disaat anda puisi yang anda baca membahas tentang kematian tiba-tiba lampu meredup secara perlahan.

Baca Juga : Pengertian Takdir Hidup

Demikianlah sedikit penjelasan seputar Cara Membaca Puisi Yang Menarik Memikat Audiens, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Membaca Puisi Yang Menarik Memikat Audiens"

Posting Komentar