Penyebab Orang Lalai dan Malas Mengerjakan Sholat



Penyebab Orang Lalai dan Malas Mengerjakan Sholat - Hari ini kita semangat mengerjakan sholat bahkan seholatnya berjamaah, besok masih semangat tapi tidak berjamaah dan lusa malas sholat buru-buru, ini adalah hal yang sering terjadi pada umat muslim di seluruh dunia. bermalas-malasan dalam mengerjakan.

Penyebab Orang Lalai dan Malas Mengerjakan Sholat


Kenapa ya kita terkadang merasa sangat malas untuk mengerjakan shalat, kita kerjakan itu shalat namun asal jadi saja, tidak fokus apalgi khusyu'. ternyata terjadinya hal ini ada beberapa faktor pendukung yang menyebabkan kita lalai dan malas untuk mengerjakan sholat.

1. Tidur tidak teratur
Ini adalah faktor penyebab yang paling utama, secara medis manusia memang membutuhkan istirahat, dalam 24 jam minimalnya kita istirahat tidur 6 jam, jika kita tidak mampu mengatur pola tidur dengan baik maka lalai dalam sholat sudah bisa dipastikan, seperti bergadang dan tidur pada pukul 03 dini hari, tentunya sholat subuh akan kelabakan, terbangun di jam 7 dan sholat subuh masih dikerjakan secara terburu-buru.
Baca Juga : Cara Mencapai Kebahagian dalam Keluarga
Tidur di sore hari, mungkin saja anda lelah sepulang kerja namun tidak seharusnya anda berbaring dan tidur di sore hari, selain itu akan melalaikan anda untuk melaksanakan sholat magrib, dari aspek kesehatan juga ini sangat tidak baik, silahkan baca :  Efek buruk tidur di sore hari

2. Menunda-nunda untuk mengerjakan sholat
Terkadang dalam keseharian kita, untuk mengerjakan sholat kita mampu dan semnagat, namun kita kerap menundanya, padahal sudah masuk waktu, mungkin karena ada kesibukan maka kita berfikir untuk menyelesaiakan pekerjaan dulu baru melaksanakan sholat dengan tenang, ini merupakan pandangan yang keliru dan salah besar.
Baca Juga : Penyebab Siswa Bandel di Sekolah 
Seharusnya, jika waktu sholat sudah tiba, apapun aktifitas kita maka segeralah untuk memberhentikannya dan beranjak untuk mengerjakan sholat, jika ditunda usai pekerjaan maka kualitas sholat tentunya tidak terjamin, apalagi sholatnya sudah di penghujung waktu dan dilakukan terburu-buru.

3. Makan terlalu berlebihan
Jika kita membiasakan diri makan terlalu banyak sehingga perut pun menyesak, apapun aktifitas rasanya sangat malas untuk dilakukan, ini bisa dilihat pada bulan puasa, orang yang berbuka puasa dengan makan banyak, kerap tidak mampu melaksanakan sholat tarawih dan lebih parah lagi sholat magrib pun harus di tunda dulu karena perut terasa sesak dan tidak mampu berdiri.

Ini bukan hanya berlaku pada jangka pendek, kekenyangan dari makan berlebihan akan terus menerus memberikan efek malas yang luar biasa.

4. lemah Iman
Iman yang sudah tidak kokoh lagi, sehingga mendengar suara azan pun tidak tersentak hati untuk mnegerja kan sholat, ada banyak penyebab yang menimbulkan iman yang lemah biasanya karena kebiasaan yang selalu menunda-nunda sholat.

5. Faqir dan Kelaparan
Rasulullah selalu berdoa, Ya Allah lindungilah Aku dari kefaqiran" faqir adalah kondisi seseorang yang tidak memiliki apapun dan tidak berpenghasilan yang menentu, sehingga kahidupannya tidak tertata dengan baik, orang yang faqir kerap mengalami kelaparan, dalam posisi ini tentunya orang akan sulit untuk beribadah.

6. Wahn
Penyakit wahn adalah penyakit yang yang dikhawatirkan rasulullah yang menjangkit umatnya, penyakit wahn dapat diartikan dengan kebiasaan mencintai dunia dan takut terhadap kematian. nah jika penyakit ini sudah menyerang seorang muslim maka Lalai dan Malas Mengerjakan Sholat itu sudah pasti terjadi.

Sibuk dengan acara-acara, pekerjaan, sibuk dengan urusan dunia inilah langkah awal kita berani menunda-nunda sholat dan akan lebih berani lagi meninggalkan sholat.
Baca Juga : Dampak Buruk Poligami Zaman Sekarang
Inilah beberapa Penyebab Orang Lalai dan Malas Mengerjakan Sholat, tanyakan pada diri kita masing-masing, semoga rasa malas dan sikap lalai jauh dari diri kita dan selau berpegang teguh serta semangat beribadah kepada Allah Swt.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Orang Lalai dan Malas Mengerjakan Sholat"

Posting Komentar