Cara Membuat RPP Bahasa Arab Kurikulum 2013

Cara Membuat RPP Bahasa Arab Kurikulum 2013 - Anda seorang guru Mapel Bahasa Arab.? atau anda punya tugas khusus untuk membuat RPP Bahasa Arab sesuai acuan Kurikulum 2013. jika jawabannya iya maka keberadaan anda di situs ini sangat tepat. ada banyak dilema guru bahasa arab yang berkewajiban membuat RPP Kurikulum 2013. dilema kebingungan terjadi karena kurangnya pengetahuan dalam mengolah materi dan mensinkronisasikan dengan kurikulum terbaru ini.

Mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab di indonesia masih banyak yang belum paham dan belum mengenal kurikulum 2013 ini disebabkan karena kurangnya pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan khusus mata pelajaran bahasa arab untuk dosen bahasa arab, sehingga membuat para dosen kerap menggenjot mahasiswanya untuk mencari dan mendalami sendiri.


Sebenarnya pembuatan RPP Bahasa Arab Kurikulum 2013 tidak jauh berbeda dengan mapel bahasa lainnya seperi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris perbedaan yang jelas adalah isi materi. 

Cara Membuat RPP Bahasa Arab Kurikulum 2013

Cara Membuat RPP Bahasa Arab Kurikulum 2013


Jika di tahun 2016 ini anda masih sibuk mencari RPP Bahasa Arab Kurikulum 2013, perlu anda ketahui terlebih dahulu bahwa tidak ada realisasi yang pasti atau penetapan yang jelasa dari dinas terkait, jika anda menemukan bulir RPP tersebut itu hanya rancangan penyesuaian semata, artinya mapel bahasa arab dihubung-hubungkan perencanaan studinya dengan mapel lain.

Sampai sekarang sekolah yang notabennya madrsah atau pesantren atau sekolah islam yang menyajikan mata pelajaran bahasa arab umumnya masih menggunakan sistem KTSP.

Anda tidak perlu mencontoh pola pembuatan RPP Bahasa Arab Kurikulum 2013 yang telah dibuat orang lain, karena banyak perbedaan tentunya sesuai dengan basic sekolah tersebut, anda pun harus mengolah RPP sesuai dengan basic sekolah anda.


Cara Membuat RPP Bahasa Arab Kurikulum 2013


1. Perhatikan Buku Paket
Corak pembelajaran Bahasa Arab di negara kita ini banyak sekali, terutama di sekolah swasta, jika sekolah negri tentunya ada buku paket khusus dari Kemenag, umumnya sekolah di indonesia masih mengadopsi buku paket yang dirilis Gontor Ponorogo, (Tamrin Lhughah). tentunya di buku itu tidak ada panduan untuk SK dan KD, anda harus merancangnya sendiri sesuai basic pembelajaran dise sekolah anda.

2. Uraikan RPP dari Judul dengan bulir Maharah
Setiap judul anda harus menguraikan 4 maharah bahasa di dalamnya, istima' kalam, Kitabah dan qiraah, dalam RPP KTSP keempat maharah ini dipisahkan dalam setiap RPP, misalkan judul " Anwau Fi'li" pembagian Fiil, satu RPP untuk Maharah kitabah, satu RPP untuk maharah Istima' begitu selanjutnya.

Namun di  RPP Bahasa Arab Kurikulum 2013 anda harus menggabungkan semua maharah itu dalam satu RPP. bagaimana caranya, silahkan anda olah sendiri.

Kenapa harus digabungkan.?
Ini nantinya berhubungan dengan penilaian, tentunya anda nantinya anda harus mengikuti pola pembubuhan nilai dalam raport kurikulum 2013, jika anda masih bingung silahkan baca disini : Cara Mengolah Nilai Raport Kurikulum 2013

3. Sistem penguraian RPP Bahasa Arab Kurikulum 2013
Tidak berbeda dengan mapel lainnya, anda ikuti saja pola RPP 2013 dari mapel apa saja, namun sebaiknya anda mengikuti pola mata pelajaran bahasa, seperti bahasa indonesia dan bahasa inggris.

4. Metode
Jika anda sudah membelajari mata kuliah manhaz wa tahriqah Lhugah Arabiah li ghairi nathiqina biha, tentu anda tahu jenis jenis thariqah tadris (metode pembelajaran), dalam RPP 2013 ini anda bebes memilih thariqah, jangan memasukkan thariqah yang belum anda kuasai di RPP. jika hanya sekedar formalitas itu tidak masalah. namun jika sekolah anda termasuk dalam pengawasan atau percontohan/binaan Kemenag seharusnya anda cerdas dalam memilih thariqah di RPP.

Misalkan anda memasukkan thariqah Syamiyah Shafawiyah, namun anda juga tidak menguasainya, saat anda praktek mengajar dan itu disaksikan oleh orang terkait yang mengerti manzah bahasa arab tentu akan menjadi problem bagi anda.

5. Wasa'Il Tadhris
Dalam RPP KTSP Bahasa Arab kerap kali ditemukan wasa'il (media) pembelajaran yang monoton, sesuai dengan asas Kurikulum 2013 yaitu caracter building, tentunya anda sebagai guru bahasa arab cerdas dalam memilah Wasa'il yang lebih modern.

Karakter apa yang akan bangun dari mata pelajaran bahasa arab, tentunya ada banyak karakter bahkan lebih banyak dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya jika sekolah anda asasnya sekolah islam.

Apakah RPP kurikulum 2013 ini berpengaruh pada sistem penerapan Qawaid dan muhadastah.?

Sama sekali tidak ada keterkaitannya, secara umum di negara kita ini RPP itu masih dalam ruang lingkup formalitas, sistem belajar tentunya sesuai pola kemampuan guru masing-masing, terlebih pada mata pelajaran bahasa arab. ini sama sekali tidak mendongkrak kualitas pembelajaran anda.

Kenapa demikian.?

Kembali lagi pada manhaz, Atthariqatu Ahammu minal maddah, strategi atau metode lebih penting dibandingkan dengan materi, jika anda ingin mendongkrak kemampuan Qawaid tidak ada cara lain kecuali pakai strategi Al-Hifzdu dan Muhadastah dengan teori mumaratsah fi takallum.

Kesimpulan :
Cara Membuat RPP Bahasa Arab Kurikulum 2013 hampir sama dengan mata pelajaran bahasa lainhya, bedanya hanya penggabungan maharah dalam satu RPP dan Wujudkan RPP sesuai basic sekolah tempat anda mengajar serta pemilihan tahriqah dan wasa'il yang solid.

Demikianlah Cara Membuat RPP Bahasa Arab Kurikulum 2013, jika anda masih belum memahami dan masih ada kebingungan, silahkan hubungi di contac HP/whatsApp :081264624032, A/n : Ustaz Andika Novriadi. S.Pd.I

0 Response to "Cara Membuat RPP Bahasa Arab Kurikulum 2013"

Posting Komentar