Pengertian dan Defenisi Pendidikan Karakter

Pengertian dan Defenisi Pendidikan Karakter - Ada banyak buku yang dirilis para fakar pendidikan atau para pemikir berargumentasi seputar pendidikan, diuraikan sedemikian rupa tentunya beda pakar beda pula cara berfikirnya, istilah caracter building atau yang biasa kita kenap pendidikan karakter sudah buming dalam bentuk naskah yang dipatenkan pada era 160an, namun pada hakikat berdasarkan sejarah di tahun Masehi sistematis pendidikan karakter itu sudah ada, dicermati dari pola fikir dan tindakan para nabi atau tokoh yang bergerak dalam hal mendidik.

Apa sih itu defenisi dari pendidikan karakter.? seperti yang dijelaskan diatas, ada banyak buku yang bisa anda jadikan rujukan sebagai penguatan atau bahan pegangan anda, namun secara umum pendidikan karakter itu adalah tindakan yang diupayakan seseorang untuk mendidik dengan target pencapaian karakter yang solid dengan perencanaan.
Baca Juga : Kenapa Murid Berani Melawan Guru.? ini Penyebabnya
Pendidikan karakter itu mempunya sistem berkesinambungan (rantai) yang selalu dihubungkan, sehingga terwujud sikap yang baik dari peserta didik, misalkan anda didik anak untuk sholat, mulai dengan defenisi sholat, hikma sholat, fungsi sholat dan esensi-esensi yang terdapat dalam sholat, sehingga peserta didik tidak hanya sekedar mengetahui dan mengerjakan sholat.

Oleh karena itu pendidikan karakter tidak bisa berjalan jika dilakukan seorang pendidik, berdasarkan asasnya (pembangunan karakter) tentu harus dilakukan kerja sama.

Pengertian dan Defenisi Pendidikan Karakter


Pengertian dan Defenisi Pendidikan Karakter

Didalam karakter itu sendiri banyak cakupannya, seperti pola fikir, sikap, kepribadian, kecerdasan semua itulah yang harus dibangun, namun ini dalam konteks pendidikan.

Kenapa banyak fakar berbeda argumentasi perihal defenisi pendidikan karakter.?, ini adalah pernyatanyaan menarik, dari sini kita bisa ambil satu kesimpulan, bahwa pendidikan pola penerapannya berbeda pada setiap daerah, tingkat usia dan lain-lain.

Pandangan terhadap pendidikan karakter di arab tentu berbeda dengan di indoensia, dan Jika anda mengadopsi sistem pola penerapannya dari arab itu belum tentu bisa terlaksana dengan baik di sekolah anda. 
Baca Juga : Penyebab Siswa Bandel di Sekolah 
Pengertian dan Defenisi Pendidikan Karakter tidak ada yang tetap, tentunya setiap orang berbeda pandangan, selain itu target pencapaiannya juga berpengaruh, sekolah islam dan sekolah non muslim tentu berbeda memandang pendidikan karakter.

Kesimpulan:
Pendidikan karakter itu merupakan proses bimbingan, pendidikan yang anda terapkan bidik dan sasarannya ke arah mana.? tentu dalam hal ini ada perencanaan yang matang, proses, hasil dan evaluasi. jika pendidikan dilakukan tanpa ada perencanaan asal mendidik saja, seperti mendidik untuk sholat, tanpa melanjutkan esensi lainnya, itu bukanlah pendidikan karakter.

Demikianlah sedikit penjelasan seputar Pengertian dan Defenisi Pendidikan Karakter, semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian dan Defenisi Pendidikan Karakter"

Posting Komentar