Solusi Untuk Lepas dari Lilitan Hutang

Solusi Untuk Lepas dari Lilitan Hutang - Hutang piutang adalah problematika yang selalu menghantui masyarakat indonesia, sudah dari sejak zaman nenek monyang, bahkan di zaman sekarang ini sistem perhutangan semakin menyeruak dan modusnya berbeda, orang yang berhutang bukan hanya mereka yang miskin atau kurang mampu, tapi banyak ditemukan orang punya rumah besar, mobil mewah penampilan necis ternyata berhutang, hutang sudah menjadi trend.

Terlilit hutang memang bukan masalah kecil, jika anda berada dalam posisi ini tentu fikiran, jiwa dan bahkan badan anda tidak merasa nyaman dan terus gelisah, ada banyak dampak buruk yang didapati manusia saat terlilit dengan hutang seperti tidak selera makan, ibadah tidak tenang, emosional dan bahkan tidak sedikit orang melakukan tindakan kriminal seperti bunuh diri, mencelakai orang lain.

Solusi Untuk Lepas dari Lilitan Hutang

Solusi Untuk Lepas dari Lilitan Hutang

Baca Juga : Cara Melunasi Hutang dengan Cepat
Apa solusi terbaik jika kita terlilit hutang, hutang yang sudah menumpuk dan kapasitas pendapatan kita tidak mampu lagi untuk mencover/melunasi semua hutang tersebut. jika anda ingin hidup lebih baik dan terlepas dari masalah hutang yang selalu menghantui anda, silahkan baca artikel ini sampai tuntas renungkan serta aplikasikan dalam hidup anda.

Pahami Konteks zaman
Kita sekarang berada pada zaman yang sulit untuk tidak berhutang, sistem memudahkan kita untuk berhutang, kita bisa dengan mudah meminjam uang dengan menggadaikan barang, perhutangan di fasilitasi. pahamilah konteks ini, ternyata dengan kemudahan ini tidak berarti membantu kita secara totalitas, bahkan terkadang malah menghancurkan hidup kita. mudah berhutang dan tidak sanggup membayar adalah penyakit yang kerap melekat pada nafsu manusia.

Tenangkan diri Bangun Mental yang kokoh
Disaat kita merasa terpuruk, hutang sudah menggunung, pendapatan tidak seberapa. tagihan selalu datang, dalam posisi ini perlu kita tenangkan diri, itu sangat penting, jangan panik. boleh menyesal kenapa anda dulu berhutang banyak namun jangan terus terbuai dengan penyesalan itu, hibur diri anda, tenangkan jiwa anda sejenak serta bangun kekuatan mental.
Baca Juga : Solusi Untuk Guru Honorer Sedikit Gaji
Anda berhutang anda harus membayar, jika memang hutang anda sudah banyak dan jatuh tempo, terima saja dengan segala konsekuensi, meskipun anda dipukuli oleh algojo (jika anda pinjam ke retenir kejam) atau bahkan anda harus diusir dari rumah anda sendiri sebagai bayaran hutang anda, terimalah semua itu dengan hati dan mental yang kuat.

Mulailah dengan Jujur 
Anda terlilit hutang, hutang anda disana-sini dan anda belum mampu membayarnya, jika anda ingin merubah hidup menjadi lebih baik peganglah hukum "Hutang wajib dibayar" anda jangan lari dari hutang itu hadapi saja apa adanya. jujurlah kepada siapa anda berhutang dengan kondisi anda, jangan mengelak atau mengecoh dengan membuat kebohongan untuk menjaga gengsi anda dengan menjanjikan pembayaran segera padahal anda tidak mampu.yakinlah itu akan menambah masalah bagi anda dikemudian hari, karena jika janji tidak ditepati ternyata tidak mampu, kemungkinan besar akan terjadi mencari jalan pintas dan itu kebodohan yang fatal.

Berdoa dan bertawakkal
Apapun agama anda sesuai dengan kepercayaan anda, berdoalah berserah diri pada tuhan untuk membantu anda menyelasaikan permasalahan hutang anda. apa saja bisa terjadi jika tuhan berkehendak, jika anda muslim perbaikilah diri anda dengan menguatkan ibadah dan bermunajat terus menerus. jangan pernah putus berdoa.

Upaya dan usaha
Hutang sudah menumpuk, jalan yang yang ditempuh adalah menyelesaikannya, uapyakan itu, bersemangat mencari pendapatan dari setiap peluang yang ada, fokuslah membayar hutang anda, jangan perdulikan hal-hal yang tidak penting, hasil pendapatan anda sasarkan pada kebutuhan hidup secukupnya dan selainnya untuk pelunasan hutang.

Tuhan tidak mungkin membiarkan hambanya terus menerus berada dalam keterpurukan dalam hutang, jika sang hamba senantiasa berdoa dan berusaha, itu keyakinan yang wajib anda pegang.

Strategi tepat dan jitu
Kesalahan yang sering terjadi dilakukan orang yang berhutang adalah bertindak keliru dan tidak tepat, hutang sudah menumpuk disuatu tempat malah menambah hutang lagi di tempat lain, Gali lobang tutup lobang itu adalah komitmen yang keliru dan tidak ada habis-habisnya.

Tahanlah diri anda untuk tidak berhutang lagi, ingat anda harus keluar dari jerat hutang, cukupkan sesuai kebutuhan anda, jika memang anda punya motor dua, juallah satu untuk membayar hutang anda, itu lebih penting, lebih detailnya jika anda punya baju 5 buah, jual 2 untuk membayar hutang anda, jadi jika memang anda masih punya harta yang tidak tergolong dalam kebutuhan primer maka korbankan semua itu. inilah yang dinyatakan strategi tepat dan jitu.

Jalin hubungan sosial dengan baik
Ini sangat penting, disaat anda terlilit hutang janganlah menyendiri dan stres sendiri, anda harus tegar dan bergaul dengan baik, terutama kepada orang yang ana hutangi, meskipun mereka sudah mencela anda, upayakan anda jangan terpancing emosi, tetap bertutur kata dengan baik dan sopan.
Baca Juga : Langkah Sukses dalam  Membangun Bisnis
Bangunlah jaringan sosial yang solid, anda cukup berdoa dan berusaha serta menjalin pergaulan membuat orang senang, dari segenap ucapan dan perkataan anda, itu tidak menutup kemungkinan anda akan mendapat bantuan dari orang lain.

Jadikan Pelajaran dan Motivasi
Dalam segenap upaya yang anda lakukan untuk membayar hutang, jadikan itu pelajaran dalam hidup. renungilah sejenak, betapa rumitnya hidup jika penuh dengan hutang. jika anda sadar akan hal itu tentunya anda akan menutup diri untuk tidak berhutang dikemudian hari.

Nah, inilah Solusi Untuk Lepas dari Lilitan Hutang, semoga bisa menjadi pelajaran dan bermanfaat bagi anda, tetap semangat dan jangan putus asa, semoga anda terlepasa dari segenap lilitan hutang.

0 Response to "Solusi Untuk Lepas dari Lilitan Hutang"

Posting Komentar