Penyebab Anak Malas Makan

Penyebab Anak Malas Makan - Anak tidak mau makan bahkan menurut perkiraan seharusnya ia lapar namun saat sang ibu memberikan makanan atau menyuapi makanan si anak tidak mau dan meronta-meronta menangis jika dipaksa untuk makan.

Permasalahan Anak Malas Makan ini terjadi bukan karena faktor pertumbuhan, ada banyak kaum ibu meyakini bahwa saat anaknya tidak mau makan dan rewel itu adalah petanda bahwa si anak sedang mengalami proses pertumbuhan, misalkan sedang tumbuh gigi, sedang proses merangkak, berdiri, berjalan dan lain-lain. ini adalah pandangan yang keliru dan salah.

Malas Makan atau tidak mau makan bukan hanya terjadi pada usia balita orang dewasa juga kerap mengalaminya, namun pada usia dewasa banyak orang tidak selera makan karena beban fikiran, bagaimana dengan anak kecil usia balita, apa penyebabnya anak anda malas untuk makan.

Penyebab Anak Malas Makan

Penyebab Anak Malas Makan 

1. Faktor Jenis Makanan
Penyebab anak malas makan salah satunya adalah faktor jenis makanan, anak usia balita sangat mudah dan cepat bosan terhadap makana, pada usia bulan mereka masih suka dan senang dengan roti ATB namun saat menginjak usia 8 bulan pada umumnya bayi tidak menyukai lagi roti. jika anak anda malas makan, cara menghadapinya anda bisa mengganti jenis makanan atau menyediakan makanan yang pariatif pada anak anda.

Selain itu kondisi makanan juga berpengaruh, umumnya anak-anak menyukai makanan yang masih baru, jika kondisi makanan itu sudah lapuk atau masuk angin tentu anak tidak menyukainya, biasanya ini terjadi disebabkan si ibu malas dan kerap memberikan makanan asal-asalan.

2. Faktor Penyakit
Jika anak anda malas makan, kemungkinan besar disebabkan oleh penyakit yang dideritanya, seperti sariawan,pilex, batuk dan lain-lain. anak yang mengalami masalah pada mulut dan tenggorokan kerap tidak mau makan, bahkan akan selalu berontak jika dipaksa. perhatikan kondisi kesehatan anak anda, segera tanggulangi jika ada penyakit karena jika terlalu lama dibiarkan tidak makan itu sangat rentan menimbulkan masalah baru.

3. Faktor Cuaca dan Suasana
Anak terkadang tidak mau makan karena ruang tempat ia berada tidak memberikan kenyamanan baginya, sangat sering kita temukan anak yang tidak mau makan, namun saat ibunya membawa keluar rumah dan disuapi sang anak makan dengan lahapnya.

Agar anak anda selera makan, ada baiknya anda mencari suasana baru, membawa anak keluar rumah, meskipun ia berlari-lari sambil makan, itu lebih baik jika dia tidak makan. karena anak sangat membutuhkan asupan energi dan gizi yang tidak bolah ditunda.

4. Perasaan yang Gundah
Biasanya hal ini terjadi pada anak usia 3-6 tahun, anak yang sudah mengerti bahasa orang tuanya, saat si anak membuat kesalahan atau membuat orang tuanya kesal dan marah, si anak mendapat hardikan atau omelan dari orang tuanya, anak pada tahapan usia ini sangat tertekan jika dimarahi dan sangat rentan membuat mereka tidak mau makan, ini adalah faktor sikologi.

5. Pola Tidak Teratur
Banyak orang tua mengeluhkan anaknya yang malas makan, hal ini terjadi disebabkan pola makan yang diterapkan orang tuanya tidak teratur, terkadang anak diberikan makan dan minum susu di pagi hari, keesokan harinya dibiarkan hanya minum asi sampai menjelang siang, selang beberapa hari diberikan lagi makan dan begitu seterusnya dengan langkah yang tidak teratur.

Dampaknya si anak akan malas makan karena merasa tidak mood, sebaik orang tua harus berupaya untuk mengatur pola makan anaknya. dengan teraturnya pola makan, pertumbuhan dan perkembangan anak juga teratur.

Inilah Penyebab Anak Malas Makan, semoga bisa memberikan manfaat bagi para pembaca setia.

0 Response to "Penyebab Anak Malas Makan"

Posting Komentar