Penyebabnya Trafik Blog Menurun Drastis

Trafik Blog Menurun Drastis - Sebagai seorang publisher yang bertaruh waktu dan finansial dalam dunia blogging tentu akan mengalami frustasi Jika trafik blog menurun, pansaran, gundah dan panik semua bercampur aduk, disaat seperti ini terkadang rasa semangat menggarap artikel ikutan menurun, bagaimana tidak, blog yang sudah dibangun sekian lama dan sudah mencapai prsetasi meroket ternyata tiba-tiba nyungsep tanpa dengan sendirinya.

Permasalahan Trafik Blog Menurun Drastis, saya berbagi kisah untuk anda, semoga dengan pengalaman peribadi saya ini bisa anda jadikan pembelajaran, riset dan anda nantinya menemukan solusi terbaik untuk menanggulangi blog anda yang mengalami penurunan drastis pada trafiknya.

 Penyebabnya Trafik Blog Menurun Drastis


Penyebabnya Trafik Blog Menurun Drastis

Saya mempunyai satu blog dengan domain TLD yang usianya sudah satu tahun, blog ini saya garap dengan santai, update artikel setiap hari meskipun hanya satu setiap harinya, namun seirng waktu trafiknya menanjak secara signifikan, sampai mencapai ribuan page view. selalu bertambah dan tidak menurun, namun pada suatu waktu tiba-tiba Trafik Blog Menurun Drastis. kenapa bisa ini terjadi.? saya mencoba melakukan berbagai manuver dari berbagai sumber-sumber namun tetap saja trafik terus menurun dan menunurun setiap harinya.
Inilah yang terjadi pada blog saya, namun sering dengan masalah ini ada beberapa hal (kejanggalan/dugaan) yang saya alami atau tepat yang terjadi pada blog saya, kemunungkinan besar ini yang mempengaruhi blog saya menurun trafiknya. inilah beberapa hal yang terjadi bertepatan Trafik Blog Menurun Drastis.

1. Increase in “404” pages on ...
Sebuah pemberitahuan di google webmaster menandakan ada URL yang error, yang harus segera dilakukan perbaikan agar kinerja google boot untuk merayapi semua URL belangsung sempurna. tanda ini saya temukan di google webmaster beberapa hari kemudian terafik blog menurun perlahan, meskipun saya sudah melakukan perbaikan atau manuver penanggulangan terhadap terjadinya Increase in “404” pages on tersebut namun tanda itu masih tetap dan tidak hilang.

2. Domain Kadaluarsa
Saya rasa ini tidak berpengaruh besar namun bertepatan pada saat trafik menurun drastis, domain blog saya sempat kadaluarsa maksudnya usia domain seharusnya diperpanjang namun saya terlambat satu hari memperpanjangnya, jelas saja visitor hari itu kehilangan situs saya, blog saya tidak tampil.

Setelah saya memperpanjang domain maka muncullah Increase in “404” pages on di google webmaster, setelah itu trafik menurun perlahan, saya sudah melakukan tanya jawab dengan provider penyedia domain, namun mereka mengatakan tidak ada masalah dengan DNS domain dan kesalahan peryapan Google diluar jangkauan mereka. katanya.

3. Akhir Tahun
Saat Saya Blog saya mengalami trafik menurun drastis ini bertepatan di akhir tahun, apakah mungkin ini penyebabnya,? blog menurun trafiknya mulai akhir bulan november sampai akhir desember.

4.Postingan Lebih 500
Jika anda sudah malah melintang dalam dunia blogging tentu anda mengenal fitur-fitur google webmaster, nah dibagian sitemap biasanya kita memasukkan sitemap.xml dan atom.xml serta ada format-format lainnya yang bisa kita subumit untuk memudahkan link postingan kita cepat dan segera di index google.
Jika anda googling anda pasti menemukan keterangan tentang rumus format xml untuk di submit di sitemap. ada aturan berbeda dari jumlah postingan 0-500, 500-1000 sampai seterusnya, nah karena jumlah postingan saya sebelum bulan november masih dibawah 500 saya mensubmit " /atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500" dan ketika jumlah postingan lebih 500 saya tidak memperbaharuinya beberapa minggu stelah itu saya baru sadar akan jumlah postingan ini, barulah saya melakukan melaukan penambahan submit kode diatas 500. apakah ini yang menyebabkan trafik blog saya menurun.

5.Search Analytics
Trafik blog menurun drastis bersamaan pada waktu itu Search Analytics juga menurun. bahkan jatuh sampai dua ribuan tidak sampai satu bulan, sangat menydihkan dan memilukan hati.

Kesimpulan
Dengan kelima hal yang saya alami diatas saya mengambil kesimpulan bahwa penyebab trafik blog menurun drastis pasti ada hubungannya dari salah satu 5 hal diatas. saat mengalami masalah ini tentu kita tidak bisa tinggal diam, begitu juga dengan saya, namun sampai akhir desember ini blog saya masih tetap menurun drastis, tercatat sampai bulan desember 2016 berada pada tujuh ratusan pageview. sangat memilukan hati.

Inilah Penyebabnya Trafik Blog Menurun Drastis, menurut saya, jika anda punya riset ata pengalaman yang serupa, silahkan berkomentar untuk saling berbagi ilmu, salam sukses.

2 Responses to "Penyebabnya Trafik Blog Menurun Drastis"

  1. apa google sedang bersih bersih yaa? sya juga punya blog nici pendidikan yang rata uv 800 sampai 1 k perhari,,sudah 2 minggu trafik perlahan menurun dan stabil di uv sekarang 100-150 uv per hari...sungguh ironis....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin saja mas,, masih menjadi pertanyaan besar,, semoga saja blognya trafik bisa kembali lagi normal dan meingkat

      Hapus