Penyebab Kualitas Pendidikan Pesantren Menurun

Penyebab Kualitas Pendidikan Pesantren Menurun - Sistem pendidikan pesantren sudah dikenal di nusantara sejak zaman penyebaran agama islam, berawal dari ekspansi dakwah antar masyarakat sampai kepada pembelajaran pengkajian ilmu agama dalam bentuk komunitas sehingga untuk memudahkan pada pelajar ini maka dibangunlah pondok atau saung-saung yang berfungsi untuk tempat bermalam pelajar atau yang lebih dikenal dengan sebutan santri.

Manhaz Pesantren sudah mengalami berbagai pembaharuan untuk menunjang kualitas pendidikan yang lebih maju dan mampu bersaing global,sehingga timbullah jenis pesantren modern atau pesantren terpadu namun tidak semua pesantren mengikuti pola pembaharuan ini, ada juga pesantren yang masih memegang erat sistem pelaksanaan manhaz ta'lim mempertahankan kemurnian pennggalan kiyai-kiyai terdahulu, inilah yang disebut dengan pesantren salafi.

Dalam hal ini kita mengkaji seputar pendidikan yang ada di pesantren modern, karena inilah jenis pesantren yang menyeruak pembangunannya di indonesia, dengan label modrenisasi, para santri tidak hanya dibina dalam ilmu agama saja namun disiplin ilmu lain juga diterapkan dalam kurikulumnya serta penyediaan sarana penunjang. sehingga mampu bersaing dengan sekolah umum dalam bidang intelektual.

Penyebab Kualitas Pendidikan Pesantren Menurun

Penyebab Kualitas Pendidikan Pesantren Menurun

Salah satu ciri khas dari pada pesantren modern adalah kemampuan santri dalam bidang bahasa dan disiplin, hampir seluruh pesantren modern di indonesia mengedepankan management bahasa serta kedisiplinan. setiap pelajar dituntut untuk mampu menguasai bahasa arab dan inggris dan itu digunakan dalam bahasa sehari-hari, selain itu kedisiplinan pelajar juga sangat terkontrol dengan baik. baik disiplin dalam hal ibadah atau kegiatan aktifitas lainnya.

Kualitas pendidikan pesantren modern pada masa sekarang memang sangat anjlok dan menurun drastis jika dibandingkan dengan pada masa dahulu. semua ini disebabkan oleh berbagai faktor yang sangat berpotensi menjadikan kualitas produksi generasi lulusan pesantren tidak relevan sesuai dengan visi lembaga pesantren itu sendiri. inilah Penyebab Kualitas Pendidikan Pesantren Menurun

1. Pandangan terhadap HAM
Secara garis besar HAM memang sangat berpotensi menjadi masyarakat aman dan terlindungi hak-haknya dalam ranah keadilan dan kesejahteraan sosial namun dari sisi lain banyak oknum yang menjadikan HAM sebagai kendaraan untuk kepentingan lain dan masyarakatpun selalu salah tanggap dan gagal paham akan hal ini.

Pendidikan pesantren memang tidak terlepas dari pada hukuman, segala pelanggaran akan mendatangkan hukuman (sebab-akibat) yang dikenal dengan sebutan Iqhab, santri yang sudah terbukti melanggar aturan pesantren akan diberi sanksi baik secara fisik ataupun akademik, seperti pelanggaran santri tidak mengikuti shalat berjamaah di mesjid maka akan dijatuhkan padanya hukuman diantara lain, dipukul pakai rotan, membersihkan toilet atau dipermalukan di depan umum. 

Pada hakikatnya semua hukuman itu berfungsi untuk efek jera bagi santri agar tidak melanggar aturan, pada masa lampau orang-orang tua terdahulu memahami hal ini, maka jikapun santri mengadu kepada orang tuanya karena diberi hukuman, orang tuanya akan menyalahkan sang anak bahkan terkadang mendapat tanggapan emosinal terhada anak. sehingga anak terpacu dan terdorong untuk taat aturan.

Namun masa sekarang HAM kerap menjadi alasan, anak didik tidak boleh dimarahi, tidak boleh dihukum, harus disayang dan seorang guru harus berteman dekat dengan pelajar, maka dampak yang akan terjadi seperti yang kita lihat sekarang ini, begitu banyak alumni-alumni pesantren yang tidak berkualitas terutama dalam hal bahasa, ibadah dan kedisiplinan.

2. Politik
Pendidikan pesantren kerap disisipi dengan kepentingan politik, jika sudah dipatenkan demikian maka pembelajaran dan pendidikan yang diterapkan tidak akan mencapai hasil layaknya alumni pesantren, seperti santri yang bersikap anarkis, propoganda atau bahkan menjadi mapia dan teroris.

3. Sosial dan Budaya
Budaya indonesia selalu mengalami penurunan, perlahan digerogoti oleh pengaruh dunia barat, banyak masyarakat yang tidak meyakini lagi untuk menitipkan anaknya dididik di pesantren. tidak sampai disitu saja, masyarakat atau oknum kerap memberikan pernyataan yang berpotensi menurunkan kredebilitas pesantren. sehingga banyak orang memandang manajemen pesantren itu tidak relevan.

Budaya indonesia yang dulunya mengagungkan pesantren dan menghormati kiyai mulai berkurang setiap zaman akibat pengaruh budaya luar. sehingga membuat prrgam kependidikan yang berjalan dalam pesantren terganggu.

4. Management yang salah
Setiap pesantren tentunya ada pimpinan atau yayasan yang menaunginya, pimpinan ini bersifat rolling, siapa saja bisa memimpin jika dikehendaki oleh institusi yayasan tersebut. namun jika kepemimpinan jatuh ditangan orang yang tidak mengerti manajement sudah dapat dipastikan kualitas pelajar yang dicetak tidak akan relevan dengan marwah pesantren dan Kualitas Pendidikan Pesantren Menurun

5. Faktor Ekonomi
Para pendidik di pesantren itu bergerak dengan motif pengabdian, bekerja dengan ikhlas menjadikan pendidikan dan pengajaran adalah amal ibadah, pergerakan seperti ini kerap menghasilkan produksi pendidikan terbaik, namun tatkala maraknya pembangunan sekolah-sekolah yang memberikan honorium yang lebih besar, tidak sedikit pendidik-pendidik pesantren berpaling arah. ini terjadi juga akibat persaingan global dan kebutuhan hidup yang sulit dicapai.

Kesimpulan
Ada ribuan pesantren modern di indonesia, seiring perkembangan zaman kuantitas dan kualitasnya terus menurun. sejatinya negara yang dipadati penduduk muslim terbesar di dunia ini, pemerintahnya harus memperhatikan potensi pesantren. tidak cukup hanya dibebankan pada mejelis ulama dan kementrian agama, namun harus ada instansi khusus dan fokus dalam membina pesantren dan didukung oleh setiap lapisan kepemerintahan lainnya.

Demikian sedikit rangkuman tentang Penyebab Kualitas Pendidikan Pesantren Menurun, semoga bermanfaat.

0 Response to "Penyebab Kualitas Pendidikan Pesantren Menurun"

Posting Komentar