Penyebab Orang Malas Mengerjakan Sholat

Penyebab Malas Mengerjakan Sholat - Ibadah shalat merupakan ibadah yang tergolong ibadah teratas, rukun islam kedua setelah mengucap dua kalimat syahadat, tidak ada tawaran lagi untuk ibadah ini, dalam keadaan apapun selagi nyawa masih dikandung badan maka shalat tetap wajib dikerjakan, ibdah sholat ini juga adalah ibadah yang pertama kali ditanyakan di hari kiamat.

Malas mengerjakan sholat merupakan penyakit yang kerap menjangkit kita, terkadang hari ini semangat bahkan sanggup berdiam lama di mesjid melaksanakan sholat secara berjamaah namun terkadang pulan keesokan harinya sholat dilaksanakan di rumah itupun dalam keadaan terburu-buru, adakalanya juga merasa berat untuk bangkit dari tempat pembaringan sangat malas bergerak padahal saat itu sudah terdengar azan.

Penyebab Malas Mengerjakan Sholat

Penyebab Orang Malas Mengerjakan Sholat

Kami merangkum beberapa penyebab orang malas mengerjakan sholat secara umum, dengan mengertahui penyebabnya kemungkinan besar anda bisa mencari atau menemukan obat penawarnya.

1.Pergaulan dan lingkungan
Ini adalah Penyebab Malas Mengerjakan Sholat yang pertama, dimana anda berada atau tinggal, mau atau tidak pola hidup akan mengikuti daerah setempat, saat anda berada di daerah atau komplek yang masyarakatnya menajaga sholat berjamaah kemungkinan besar anda juga akan terikut, namun sebaliknya saat anda berada di lingkungan orang-orang yang tidak peduli dengan ibadah sholat, jelas lama-kelamaan anda juga akan merasa malas untuk sholat.

Pergaulan anda yang dipenuhi dengan orang yang yang tidak melaksanakan sholat, ada dua kemungkinan yang akan terjadi, anda mengikut mereka atau anda mempengaruhi mereka untuk beribadah kepada Allah, namun umumnya, saat kita berada dalam mejelis orang-orang fasiq, kita pun terkadang terikut dan malas mengerjakan sholat.

2. Sibuk dengan urusan dunia
Kesibukan dalam mengurus urusan dunia sangat berpotensi melalaikan kita dengan urusan ibadah terutama sholat, sibuk dengan pekerjaan, sibuk dengan kepanitiaan acara atau bahkan sibuk dengan urusan dosa, dengan ini syaitan pun akan lebih leluasa mengahancurkan iman kita, awalnya kita menunda untuk mengerjakan sholat berjamaah, padahal sudah mendengar azan namun tetap saja sibuk dengan kerja dan kegiatan.

Jika sudah demikian maka keterpurukan akan terus terjadi, mulai menunda sholat karena pekerjaan sampai nanti berani tidak sholat karena alasan kerja tidak bisa memberi ruang. kesibukan dengan urusan dunia merupakan Penyebab Malas Mengerjakan Sholat.

3. Kurangnya Pengetahuan
Inilah salah satu alasan kuat kenapa belajar itu masuk kepada ranah hukum wajib dalam islam, ibadah apapun yang akan dilakasanakan tentunya harus dipelajari terlebih dahulu, mulai dari tata cara sampai pada hal-hal sunnahnya untuk ibadah yang lebih sempurna.

Ada kalanya orang (ummat islam) sanggat ringan baginya meninggalkan ibadah sholat, sholat dikerjakan jika ada kesempatan dan waktu-waktu tertentu, jika ada kesibukan maka sholatpun diabaikan, ini bermula dari ketidak tahuan tentang hukum dasar sholat itu, malas dan tidak mau mengerjakan sholat penyebabnya adalah kurangnya ilmu pengetahuan.

Inilah faktor penyebab utama orang malas mengerjakan sholat, semoga kita bisa mengambil hikmah dari artikel ini, untuk memperbaiki diri. selamat beribadah.

0 Response to "Penyebab Orang Malas Mengerjakan Sholat"

Posting Komentar