Masalah yang dialami siswa pada Ujian Berbasis Komputer



Masalah yang dialami siswa pada Ujian Berbasis Komputer - selangkah lebih maju, segala upaya dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan, pada tahun 2017 ini, pemerintah daerah mengupayakan pelaksanaan ujian sekolah dan ujian ujian nasional dengan menggunakan komputer atau ujian berbasis komputer.

Ujian ini lebih dikenal dengan UNBK atau UASBK, secara garis besar, banyak manfaat dengan ujian pola komputer salah satunya pembiasaan peserta didik dalam mengoperasikan komputer dan berkontribusi dalam memberikan pemahaman teknologi sehingga tidak tertinggal dengan negara maju.


Masalah yang dialami siswa pada Ujian Berbasis Komputer


Masalah yang dialami siswa pada Ujian Berbasis Komputer

Namun secara umum, UASBK atau UNBK mengalami kendala besar dan serius, sangat menyulitkan proktor, teknisi dan membingungkan siswa, bagaimana tidak, aplikasi yang disajikan tidak bekerja dengan baik dan kerap mengalami masalah.
Baca Juga : Dampak Buruk Guru Gaji Tidak Cukup
Berikut permasalahan yang terjadi pada pelakasanaan USBK dan UNBK di tahun 2017

Loading Software
Saat siswa menjawab satu soal kemudian ingin melanjutkan ke soal berikutnya, tahapannya sangat lama, penyimpanan jawaban membutuhkan waktu, selain itu untuk masuk pada tampilan soal berikutnya juga kerap mengalami masalah loading yang tidak menetuk durasi waktunya. Ini sangat mengganggu konsentrasi peserta ujian.

Software Error
Hal ini kerap terjadi pada beberapa peserta ujian, setelah melakukan logout, secara tiba-tiba muncul tampilan yang menyatakan bahwa ujian sudah selesai dilaksanakan, jikapun dilakukan logout dari software dan login kembali namun tampilan itu tidak hilang, dinyatakan peserta ujian usdah melaksanakan ujian padahal hanya beberapa menjawab soal.

Gangguan Pada Kabel LAN atau Swift
Ini adalah masalah internal, dimana kondisi kabel LAN atau Swift mengalami gangguan, namun hal ini sering bahkan kerap terjadi, dikarenakan kurang memperhatikan peralatan.

Software Rusak
Aplikasi atau software yang dirancang manusia apabila terjadi kerusakan itu bukanlah hal yang mengherankan, kerusakan bisa saja terjadi akibat gangguan eketernal seperti virus atau mungkin saja softwarenya tidak valid secara strukturalnya.

Master Komputer
Dalam aturan Kemendikbud penyelenggara ujian, dijelaskan bahwa komputer master minimal memiliki kapasitas ram 8GB, ini ditujukan untuk daya tampung data yang memadai saat komputer client menginput jawaban. namun terkadang komputer master mengalami masalah saat menginput data dari client. bahkan sering terjadi system error.

Bingung dan Panik
Permasalahan yang paling menonjol bagi siswa-siswi yang mengikuti UNBK adalah rasa bingung dan panik saat mendapati problem pada saat penggunaan aplikasi, hal ini dierparah lagi dengan kondisi pengawas, teknisi atau proktor yang tidak bisa mengatasi kebingungan siswanya.

Saat peserta ujian mendapat masalah seperti software error (tidak bekerja dengan baik) dan para guru tidak bisa memberikan solusi maka mereka akan semakin panik. biasanya ini terjadi pada sekolah di daerah-daerah.
Baca Juga : Dampak Buruk Poligami Zaman Sekarang
Sebenarya Ujian Berbasis Komputer belum siap untuk diterapkan di seluruh daerah di indonesia. karena kurangnya pemahaman penggunaan software, selain itu tidak semua sekolah bisa kondusif menggunakan komputer.

inilah Masalah yang dialami siswa pada Ujian Berbasis Komputer, semoga sekolah anda tidak mengalami masalah saan melaksanakan ujian seperti ini


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Masalah yang dialami siswa pada Ujian Berbasis Komputer"

  1. Assalamualaikum wr.wb saya andy ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang pengamen jalanan yang pendapatannya tidak seberapa,buat makan saja nda cukup apalagi untuk beli obat buat ibu saya karna belakangan ini ibu saya lagi sakit sakitan jadi saya harus membantin tulang buat ibu saya dan adik saya karna bapak kami pergi meninggalkan kami entah kemana,,saya dapat nomor MBAH Darko dari teman saya..awalnya sih saya ragu tapi nda ada salahnya juga saya coba karna sudah banyak paranormal yang saya hubungi tapi tidak ada yang berhasil malahan cuma uang saya aja yang terkuras habis dan akhirnya saya menghubungi MBAH Darko dan mengikuti 4D nya yaitu 5713 dan alhamdulillah berhasil 085 394 591 995 .!!! Kini kehidupan kami sudah tidak seperti dulu lagi dan akhirnya saya juga sdh punya usaha sendiri dan bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HBG MBAH Darko nomor ritual MBAH Darko meman benar2 100tembus.

    BalasHapus